Sabtu, 11 April 2015

Khasiat kacang-kacangan

Kacang hijau, makanan sehat yang percantik kulit
Merdeka.com - Kacang hijau tentu sudah tak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Kacang hijau disajikan dalam berbagai bentuk, mulai dari bubur hingga minuman. Meski kecil kacang hijau ternyata memiliki khasiat yang hebat tak hanya untuk kesehatan melainkan juga untuk kecantikan kulit.
Berikut adalah beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan dan kulit, seperti dilansir oleh 3 Fat Chick.


1. Kolesterol
Mengonsumsi kacang hijau diketahui bisa menurunkan kolesterol jahat. Dalam kacang hijau kandung serat diet yang sehat yang memiliki banyak manfaat mulai dari menjaga gerakan usus, menurunkan tekanan darah, memperlancar proses pencernaan dan fungsi organ tubuh lainnya.

2. Kanker payudara

Kacang hijau mengandung zat yang bisa memperlambat replika sel kanker, termasuk sel kanker yang muncul di payudara. Zat tersebut diketahui bisa mencegah formasi sel tumor.

3. Diabetes

Kacang hijau memiliki kadar glycemix indeks yang rendah. Ini berarti kacang hijau baik untuk pasien diabetes. Dalam penelitian terbaru, kacang hijau diketahui menunjukkan manfaat yang besar untuk menurunkan tingkat gula dalam darah.

4. Protein

Kacang hijau diketahui mengandung 3,16 gram protein per cangkir. Sementara daging masih menjadi sumber protein yang baik, namun sayuran dan kacang hijau bisa jadi pilihan makanan yang lebih baik karena mengandung lemak dan kolesterol jahat yang lebih rendah.

5. Kecantikan kulit dan rambut

Tak hanya baik untuk kesehatan, kacang hijau juga diketahui mengandung protein serta zat seng yang baik untuk rambut dan kuku. Selain itu, kacang hijau juga bisa membantu meremajakan kulit. Phytoestrogen yang terkandung di dalamnya membantu produksi kolagen dan menjaga kulit tetap lembut, elastis, serta tak cepat keriput dan tua.

Itulah beberapa manfaat dari kacang hijau. Ternyata tak hanya membantu menurunkan kolesterol dan menangkal kanker payudara, kacang hijau juga bisa membantu menjaga kecantikan kulit.
[kun]


Kacang tunggak, si kaya protein pengganti daging

Merdeka.com - Kacang tunggak atau yang juga dikenal dengan kacang tolo merupakan kerabat dari kacang panjang. Bentuknya sangat khas, berwarna kekuningan dan di tengahnya berwarna hitam. Kacang ini kaya manfaat lho untuk kesehatan dan diet. Yuk, simak ulasan selengkapnya seperti dilansir Livestrong.


Tinggi serat

Kacang tunggak mengandung serat yang tinggi. Setengah cangkir kacang tunggak mengandung 5,6 gram serat. Serat merupakan nutrisi yang membantu mengatur sistem pencernaan Anda dan membantu meringankan sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar. Serat juga membantu menjaga kadar kolesterol sehat dengan mencegah kolesterol menyerap ke dalam aliran darah Anda , yang mengurangi resiko terkena penyakit jantung.



Kalium

Kacang ini mengandung kalium yang membantu menjaga tekanan darah Anda serta menurunkan risiko penyakit jantung. Jumlah kalium yang seimbang dapat menyehatkan otot dan tulang.



Rendah lemak dan kalori

Kacang tunggak merupakan makanan rendah lemak dan rendah kalori sehingga tepat digunakan untuk diet. Pola makan rendah lemak dan kalori membantu Anda menurunkan berat badan dan mencegah penyakit diabetes.



Protein

Jika Anda tidak gemar makan daging, ganti dengan kacang tunggak. Ia adalah sumber protein yang baik. Protein membangun otot dan menyediakan energi untuk tubuh Anda.



Zat besi

Satu lagi kabar baik dari kacang tunggak. Ia kaya zat besi yang dapat mencegah anemia dan mencegah tubuh Anda lemah, letih, lesu setiap hari.



Kacang ini bisa dinikmati dengan cara di buat sayur atau bahan tambahan rempeyek. Selamat mencoba.



Rajin ngemil kacang tanah bikin jantung kuat


Merdeka.com - Siapa yang tidak kenal dengan kacang tanah? Jenis kacang yang banyak digunakan sebagai camilan dan bumbu masak ini sangatlah familiar di Indonesia. Rasanya yang gurih membuat kacang memiliki banyak penggemar baik pria maupun muda. 

Banyak yang bilang bahwa terlalu banyak makan kacang tanah bisa membuat wajah menjadi jerawatan. Mengonsumsi kacang tanah juga membahayakan kesehatan tubuh karena mengandung lemak. 

Namun sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok pakar di Pennsylvania State University, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa kebiasaan makan kacang tanah sangat baik untuk menurunkan kadar trigliserida juga meningkatkan kinerja dari pembuluh darah. Bahkan disebutkan juga bahwa tingkat risiko serangan jantung untuk penggemar kacang tanah tersebut jauh lebih kecil dibandingkan dengan orang yang jarang atau tidak suka makan kacang-kacangan itu. 

Dilansir dari livescience.com dijelaskan bahwa dengan mengonsumsi kacang tanah setidaknya 17-18 gram sehari, maka dapat menekan risiko penyakit jantung lima sampai enam kali lebih kuat dibandingkan orang-orang yang tidak memakannya. Hal ini disebabkan karena kacang tanah sangat kaya akan nutrisi, vitamin, fiber, antioksidan dan juga anti-inflammatory effect. Bahkan disarankan juga untuk mengonsumsi kacang tanah sebagai pengganti dari kalori yang biasa didapatkan dari makanan berkarbohidrat lainnya. Tidak hanya itu saja, di dalam kacang terdapat juga kandungan magnesium, potassium, arginine dan banyak komponen bioaktif yang sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah.

Selain dapat menyehatkan jantung, kacang tanah atau juga jenis kacang-kacangan lain juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, menekan risiko terkena penyakit kanker, phytosterols, resveratol, gallstone sampai dengan Alzheimer.


0 komentar:

Posting Komentar