Kamis, 29 Mei 2014

Tips Mudah Menjaga Kesehatan


Inilah 7 Tips Unik Agar Tidur Teratur Setiap
Malam

     Sahabat, tips kesehatan. Agar tidur teratur setiap malam, kita harusnya juga mengetahui berbagai faktor penyebab jam tidur malam tidak teratur. Asyik menonton televisi hingga larut malam, bermain komputer serta mengakses internet hingga lupa waktu maupun mengobrol dengan seseorang hingga dini hari merupakan beberapa faktor yang merusak jam tidur malam anda. Berbagai tips dapat anda terapkan agar tubuh dan pikiran anda dapat beristirahat total setiap malam hari. Berikut ini tips unik agar tidur teratur setiap malam :
  1. Atur timer televisi untuk mematikan televisi secara otomatis. Anda dapat mengatur berapa lama anda harus menonton televisi setiap malamnya. Sehingga ketika televisi mati secara otomatis, maka pertanda jam tidur malam anda dimulai.
  2. Manfaatkan Alarm Waktu Pada Ponsel Anda. Dengan mengatur waktu bunyi di alarm pada ponsel anda, maka dengan mudah pula dapat mengatur jam tidur dan bangun anda setiap hari dengan tepat.
  3. Sigkirkan Gadget Dari Tempat Tidur. Saat merebahkan tubuh untuk tidur, seringkali kita ingin membuka gadget (ponsel, laptop dan lainnya), maka sebaiknya tempatkan gadget jauh dari tempat tidur anda.
  4. Pakailah Penutup Pada Mata Anda. Tidak sedikit dari kita, sulit memejamkan mata meskipun malam telah larut. Oleh karena itulah, tutuplah mata anda dengan kain tipis untuk memaksa mata terpejam. Tips ini akan membuat seseorang tertidur dengan sendirinya.
  5. Tali Pergelangan Tangan Anda. Dengan mengikat pergelangan tangan anda pada tali yang dihubungakan pada kayu ranjang, maka niat untuk meninggalkan ranjangpun tidak akan dilakukan, meskipun ada acara favorit yangsayang untuk dilewatkan. (Tapi jangan mengikat pergelangan tangan dengan tali dengan kuat ).
  6. Jadikan Tidur Malam Sebagai Kegiatan Menabung Energi. Semakin cukup energi yang terisi di tubuh anda, maka aktivitas atau kerja yang dilakukan pada esok harinya akan berjalan optimal dan penuh semangat yang tinggi pula.
  7. Jadikan Tidur Malam Sebagai Pembayar Hutang. Jadikan waktu tidur malam sebagai wujud cinta dan pedulinya pada tubuh yang anda miliki. Sehingga tidur malam yang anda lakukan sebagai pembayar hutang yang sangat adil bagi tubuh, karena sudah menemani anda sepanjang hari.
     Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 tips unik agar tidur teratur setiap malam. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua.  

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



7 Makanan Terbaik Untuk Menu Sarapan Pagi 


Sahabat, tips kesehatan. Makan di pagi hari atau sarapan merupakan salah satu hal terpenting untuk memulai berbagai aktivitas maupun rutinitas harian setiap orang. Ini dikarenakan, tubuh membutuhkan pasokan energi dari berbagai nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam menu sarapan pagi anda. Memilih jenis makanan yang tepat untuk menu sarapan pagi merupakan suatu hal yang teramat penting. Berikut ini 7 makanan terbaik untuk menu sarapan pagi anda : 
  1. Buah Pisang. Buah ini ternyata sangat dianjurkan untuk dijadikan menu sarapan pagi anda. Selain teksturnya yang lembut serta rasanya yang manis, pisang mengandung karbohidrat yang cukup yang membuat perut dalam keadaan kenyang yang lebih lama. Disamping itu, buah ini mengandung potassium yang berperan menurunkan tekanan darah secara alami.
  2. Telur. Inilah makanan yang juga cocok dikonsumsi saat sarapan pagi. Selain mudah dalam menghidangkannya, telur merupakan salah satu makanan yang kaya protein serta mengandung vitamin D.
  3. Buah Semangka. Inilah salah buah yang memiliki kandungan air yang cukup melimpah. Sehingga sangat cocok dikonsumsi dipagi hari yang dapat menckupi kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Disamping itu, buah semangka kaya akan kandungan likopen. Likopen ini mampu menyehatkan organ mata dan jantung serta menangkal penyakit kanker.
  4. Buah Stroberi. Buah ini juga cocok untuk menu sarapan di pagi hari. Ini dikarenakan, stroberi mengaudung sumber antioksidan, vitamin C, asam folat serta sejumlah serat. Stroberi juga berperan penting untuk meningkatkan kesehatan jantung anda.
  5. Secangkir Kopi tanpa gula. Inilah salah satu minuman nikmat yang juga sesuai untuk sarapan di pagi hari. Minum kopi dalam jumlah yang wajar ternyata dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes serta kanker prostat. Ini dikarenakan, kopi mengandung kafein serta antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal penyakit tersebut. 
  6. Secangkir Teh Hangat. Jika anda tidak suka minum kopi, maka teh juga bisa dijadikan alternatif terbaik untuk minuman di pagi hari. Ini dikarenakan, teh mengandung sumber antioksidan yang berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.
  7. Buah Melon. Kandungan air yang melimpah dalam melon mampu mencukupi kebuutuhan cairan tubuh dipagi hari. Selain itu, melon juga mengaudung vitamin A dan C untuk menutrisi tubuh anda. Jadi, tidak salahnya menghidangkan buah melon di menu sarapan pagi anda.
       Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 makanan terbaik untuk menu sarapan pagi anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca.
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


Tips Jitu Menangkal Rasa Kantuk 

Mengantuk merupakan hal wajar yang di alami oleh semua orang di semua kalangan umur. Rasa kantuk juga mengindikasikan bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat dari berbagai aktivitas atau pekerjaan yang sedang di lakukan serta untuk menjaga kesehatan tubuh. Rasa kantuk biasanya datang saat  malam hari saat semua aktivitas telah selesai di jalankan. Namun, terkadang rasa kantuk dapat menyerang di saat seseorang sedang sibuk dengan berbagai aktivitas yang super penting pada pagi dan siang harinya. Lalu, adakah tips jitu menangkal rasa kantuk atau mengantuk yang terbukti ampuh serta efektif...???

   Sahabat, tips kesehatan. Tidak sedikit dari kita yang sering terserang rasa kantuk di saat harus menyelesaikandeadline tugas. Penulis sendiri juga sering di hinggapi rasa kantuk saat sedang menulis artikel tentang kesehatan. Untuk itulah, untuk meningkatkan produktivitas, semangat serta etos kerja, seyogyanya rasa kantuk dapat di hilangkan saat bekerja ataupun beraktivitas. Berikut ini tips jitu menangkal rasa kantuk atau mengantuk : 
  1. Berjalanlah Sejenak. Terlalu lama duduk di meja kerja  akan menyebabkan rasa bosan, di hinggapi rasa kantuk serta tidak baik bagi kesehatan. Solusinya, berjalan jalanlah selama beberapa menit untuk membuang rasa mengantuk tersebut.
  2. Tidurlah Siang. Penulis pernah mempraktekkan tidur siang selama kurang lebih beberapa menit saat istirahat siang. Terbukti, dapat menghilangkan rasa kantuk saat di haruskan untuk bekerja atau beraktivitas sesudahnya.
  3. Jangan Bekerja Dengan Pencahayaan Redup. Memilih untuk membuat ruang kerja lebih terang menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan produktivitas kerja dan berdampak positif untuk mengatasi rasa kantuk yang sering mendera.
  4. Istirahatkan Indera Mata. Terlalu lama menatap layar monitor komputer dapat meningkatkan kebosanan, merusak organ mata serta mudah mengantuk. Solusinya, istirahatkan mata selama beberapa menit setelah menatap komputer selama setengah jam.
  5. Sediakan Camilan Sehat. Makan buah-buahan di sela-sela rutinitas kerja merupakan solusi yang terbukti efektif untuk mengusir rasa kantuk. Ini dikarenakan, buah merupakan makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan serat untuk menutrisi tubuh dan mampu menghindarkan anda dari kelelahan dan rasa kantuk.
  6. Stop Makanan Berlemak Tinggi. Usahakan tidak mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi saat sarapa pagi maupun makan siang. Ini dikarenakan, makanan berlemak tinggi berkaitan dengan seringnya seseorang merasa cepat lelah serta mengantuk.
  7. Berhenti Bergadang Larut Malam. Ini merupakan salah satu penyebab utama banyak di antara kita yang sering dilanda kantuk. Tidur lebih awal atau tidur cukup pada malam hari merupakan solusi ampuh untuk mengatasi rasa kantuk saat mulai bergelut dengan aktivitas super sibuk.
      Demikianlah tips kesehatan yang membahas tips jitu menangkal rasa kantuk atau mengantuk. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua.
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



Inilah 7 Solusi Sehat Bagi Yang Hidup Di Kota Besar

"Tetap Sehat Meski Harus Hidup Di Kota Besar", merupakan harapan dari sebagian besar masyarakat khususnya di negara Indonesia. Arus urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota merupakan sebuah pilihan utama sebagian besar dari kita untuk mengubah nasib yang tidak menentu di desa kelahirannya. Namun, ada baiknya mulai mewaspadai berbagai resiko dan masalah kesehatan yang timbul, jika anda memutuskan untuk menetap dan bekerja di kota besar. Ada berbagai solusi ampuh agar tetap hidup sehat di area perkotaaan. Lalu, apa saja solusi sehat bagi yang hidup di kota besar tersebut...???
     Sahabat, tips kesehatan. Relatif mudahnya mencari penghidupan atau pekerjaan di kota-kota besar memicu sebagian dari kita berbondong-bondong berangkat ke kota. Fenomena ini dapat jelas terlihat saat terjadi peningkatan arus balik saat setelah lebaran Idul Fitri. Menggapai kesuksesan hidup dengan bekerja di kota besar bukan tanpa resiko. Berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan akan menjadi ancaman yang harus di waspadai keberadaannya. Berikut ini 7 solusi sehat bagi anda yang harus hidup di kota-kota besar :
  1. Usahakan Selalu Pakai Masker Saat Bepergian Kemanapun. Polusi udara di kota-kota besar sudah pada taraf yang mengkhawatirkan. Untuk itulah, penggunaan masker sudah menjadi kebutuhan wajib bagi yang hidup di kota-kota besar.
  2. Hindari Asap Rokok Sejauh Mungkin. Sebagian orang yang tidak merokok atau perokok pasif juga memiliki resiko kesehatan sama besarnya dengan mereka yang terbiasa merokok atau perokok aktif. Oleh karena itulah, berusaha menghindar dari kepungan asap rokok dapat menjadi solusi bagi perokok pasif.
  3. Usahakan Mengkonsumsi Makanan Yang Di Masak Sendiri. Tidak sedikit dari oknum penjual makanan yang mencampurkan berbagai bahan berbahaya kedalam makanan yang dijualnya yang mana tentu saja dapat membahayakan dan berdampak serius bagi kesehatan tubuh anda.
  4. Batasi Mengkonsumsi Makanan Yang Digoreng. Makanan yang digoreng dengan minyak yang sama secara berulang-ulang berpotensi mengandung lemak trans yang meningkatkan kadar kolesterol jahat didalam darah dan membahayakan organ jantung anda.
  5. Batasi Mengkonsumsi Makanan Instan. Sebagian besar warga perkotaan lebih memilih mengkonsumsi berbagai  makanan yang serba istan seperti mie instan dan lainnya. Padahal mengkonsumsi makanan instan secara terus menerus tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda. Ada solusi ampuh memasak mie instan yang benar. Silahkan baca selengkapnya di Tips Mudah Memasak Mie Instan Yang Sehat.
  6. Sempatkan Berolahraga Meskipun Hanya Berjalan Kaki. Minimnya tempat atau kawasan untuk berolahraga akan menurunkan motivasi seseorang untuk berolahraga bagi mereka yang hidup di kota besar. Untuk itulah, bangun lebih awal saat lalu lintas masih sepi untuk berolahraga merupakan salah satu solusi yang efektif.
  7. Mencuci Tangan Dengan Sabun Setelah Bepergian Maupun Setelah Pulang Kerja. Karena dikhawatirkan aneka kuman, virus dan bakteri akan menempel ditangan tanpa pernah disadari yang mana dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan tubuh, jika masuk ke tubuh bersama dengan makanan yang anda konsumsi. 
         Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 sarang kuman yang sering di sentuh tangan anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net

Manfaat Lari Pagi Bagi Tubuh
Manfaat lari pagi bagi tubuh sangat bermacam-macam, salah satunya adalah untuk menguatkan kondisi tulang. Melakukan lari pagi secara rutin akan membuat Anda terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.
Sehingga, tulang Anda akan tetap kuat sampai tua. Hal tersebut karena ketika melakukan lari pagi, tulang akan membuat tulang menjadi lebih padat. Manfaat jogging lainnya adalah untuk membuat jantung menjadi lebih sehat. Hal tersebut disebabkan karena aliran darah menuju jantung menjadi lancar.
Dengan aliran darah yang lancar, maka detak jantung juga akan semakin lancar. Lari pagi juga akan membuat kekebalan system imun menjadi lebih baik lagi. Melakukan lari pada pagi hari akan menghindarkan Anda dari beberapa macam penyakit. Hal tersebut karena system imun yang semakin aktif.

Manfaat Lari Pagi Bagi Wanita

Manfaat lari pagi bagi wanita juga cukup beragam, salah satunya adalah untuk membuat tubuh menjadi lebih ideal dan dapat membuat siklus menstruasi Anda menjadi lebih lancar. Wanita tentu saja ingin memiliki bentuk badan yang indah.
Dengan melakukan lari pagi secara rutin, maka akan membuat tubuh menjadi lebih ideal. Melakukan lari pagi juga akan membuat siklus menstruasi menjadi lebih lancar. Jadi, jika Anda memiliki problem pada siklus menstruasi Anda, maka Anda dapat melakukan lari pagi secara rutin.
Tentu saja hal tersebut dapat dijadikan obat yang mujarab untuk membuat siklis menstruasi menjadi normal kembali. Manfaat jogging tersebut tentu saja akan sangat membantu Anda dalam memecahkan masalah yang Anda hadapi.

Manfaat Lari Pagi Untuk diet

Manfaat lari pagi untuk diet tentu saja sudah banyak orang yang melakukannya. Diet dengan mengurangi beberapa macam makanan tidak akan berjalan efektif tanpa melakukan lari pada pagi hari. Diet dengan didampingi melakukan lari pagi akan membuat program diet Anda dapat berjalan dengan lancar.
Ketika melakukan lari pagi, maka lemak pada tubuh Anda akan terhindar dengan sempurna, sehingga lemak pada tubuh Anda dapat hilang dengan sempurna. Manfaat jogging akan membuat tubuh Anda menjadi langsing yang ideal.

Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat lari pagi bagi kesehatan yaitu untuk membuat Anda terhindar dari kerusakan pada mata. Hal tersebut dapat terjadi jika Anda melakukan lari pagi minimal 56 KM dalam 1 minggu. Rutinitas ini akan dirasakan manfaatnya ketika umur Anda menginjak usia 50 Tahun.
Manfaat lainnya adalah membuat daya konsentrasi Anda semakin baik. Hal tersebut disebabkan karena distribusi oksigen menuju otak menjadi semakin lancar. Manfaat lari pagi akan mudah Anda peroleh asalkan dilakukan secara rutin.



Inilah 7 Tips Tetap Sehat Di Usia Remaja Atau Muda

Kesehatan merupakan hal terpenting untuk menjalankan semua rutinitas hidup setiap manusia di berbagai jenjang usia. Semua orang pasti menginginkan agar hidupnya selalu sehat setiap waktu dari anak-anak, remaja, dewasa hingga yang berusia lanjut. Hidup sehat sebenarnya mudah dijalankan, namun butuh proses dan bertahap yang dilakukan setiap hari. Sehingga menjadi kebiasan rutin yang mudah untuk dipraktekkan. Kebiasaan hidup sehat memang terbilang cukup aneh bagi sebagian orang. Tapi keanehan itulah yang membuat seseorang dapat terus menjaga kesehatan tubuhnya sendiri. Lalu, apa saja kebiasaan aneh untuk memulai hidup lebih sehat setiap hari...???

    Sahabat, tips kesehatan. Dengan memulai gaya hidup sehat setiap hari, maka tubuhpun akan mengalami peningkatan kualitas kesehatan secara drastis pula. Hal initentunya akan berdampak pada semakin bersemangatnya seseorang dalam bekerja serta tubuhpun tidak akan mudah terserang berbagai penyakit sepanjang hari. Tips kesehatan tertarik untuk mengulas berbagai gaya hidup sehat yang dianggap aneh bagi sebagian orang. Tapi keanehan tersebut bukanlah sesuatu yang sulit untuk di tiru atau dipraktekkan oleh anda. Tips kesehatan, berikut ini kebiasaan aneh untuk memulai hidup lebih sehat sepanjang hari :
1.     Tidur Lebih Awal Di Malam Hari. Bagi sebagian besar dari kita tentu lebih memilih untuk tidak tidur lebih awal. Beberapa alasannya mungkin sedang menonton film atau acara favoritnya yang segera dimulai ataupun mengobrol dengan teman/sahabat hingga melewatkan jam tidurnya. Faktanya, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup setelah beraktivitas padat seharian.
2.     Berolahraga Di Pagi Hari. Inilah salah satu kebiasaan tersulit bagi sebagian besar dari kita. Anda bisa menghitung dengan jari, berapa orang yang dapat meluangkan waktunya untuk berolahraga di pagi hari. Faktanya, banyak sekali manfaat kesehatan yang diperoleh oleh tubuh anda, jika mampu bangun dipagi hari dan berolahraga pagi.
3.     Hobi Berjalan Kaki. Nah, ini juga sulit dilakukan di era sekarang ini. Hal ini dapat dibutktikan, banyak diantara kita yang lebih memilih mengendarai kendaraan bermotor hanya untuk menjangkau sebuah tempat yang bisa kita jangkau hanya dengan berjalan kaki saja. Faktanya, aktivitas fisik (berjalan kaki) dapat membantu tubuh lebih sehat dan fit sepanjang hari.
4.     Minum Air Putih Cukup Setiap Hari. Banyak diantara kita yang membutuhkan air putih disaat sedang terasa haussaja. Tubuh seseorang sebagian besar tersusun atas cairan, jadi berbagai masalah kesehatan akan mudah muncul, jika tubuh kekurangan cairan setiap hari. Minumlah air putih lima gelas setiap pagi atau delapan gelas setiap harinya (Disesuaikan dengan aktivitas fisik yang anda lakukan).
5.     Makan Buah Setiap Hari. Kebiasaan makan buah, bukan wajib untuk kalangan kaya saja. Semua orang juga wajib rutin mengkonsumsi buah-buahan. Ada berbagai jenis buah-buahan yang dapat kita beli sesuai dengan kantong anda. Faktnya, aneka buah-buahan mengandung berbagai jenis vitamin dan sumber serat yang dibutuhkan oleh tubuh.
6.     Selalu Melirik Sayuran Hijau. Makanlah makanan yang dicintai dan bergizi untuk tubuh anda. Bayam, sawi maupun kangkung merupakan beberapa jenis sayuran hijau yang mengandung vitamin dan menyehatkan tubuh anda.
7.     Melengkapi Gizi Dalam Piring Anda. Kebosanan berlaku disaat seseorang mengkonsumsi makanan yang sama setiap hari. Untuk mencegah agar piring tidak anda pecahkan, mulailah me-variaskan berbagai jenis makanan yang memiliki nilai gizi tinggi dalam menu makanan harian anda.
       Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 kebiasaan aneh untuk memulai hidup lebih sehat. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net





5 Manfaat Dahsyat Berpikiran Positif Bagi Kesehatan Tubuh



Berpikiran positif atau Positive Thinking mungkin pernah terdengar ditelinga atau terucap dimulut anda. Berpikiran positif merupakan cara pandang seseorang yang mengedepankan atau melihat sesuatu dan segala apa yang terjadi dalam hidupnya sebagai pengalaman yang sangat berharga untuk kesuksesannya. Ini dikarenakan, pasti ada sisi positif yang dapat diambil dari setiap kejadian, masalah maupun pengalaman hidup yang pernah anda jalani. Berpikiran positif ternyata juga memiliki efek luar biasa untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat dahsyat berpikiran positif bagi kesehatan tubuh tersebut....???

    Sahabat, tips kesehatan. Tidak ada manusia hidup tanpa memiliki masalah sedikitpun. Orang yang memiliki pekerjaan yang bagus dan uang yang banyak pasti juga memiliki masalah baik itu berat  maupun ringan. Bagi mereka yang mengalami cacat fisik mungkin ada yang berpikiran, "mengapa harus saya". Berusahan untuk selalu berpikiran positif dalam menghadapi berbagai masalah dan ujian hidup akan menciptakan pribadi yang kuat dan tahan uji dan senantiasa bersyukur atas nikmat yang sudah diberikan oleh Tuhan YME kepada kita semua. Berikut ini 5 manfaat dahsyat berpikiran positif bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Memiliki Kemampuan Menangkal Tingkat Stres Yang Dimiliki. Beban pekerjaan dan beban hidup yang kian bertambah mampu meningkatkan stres pada pikiran anda. Bagi mereka yang berpikiran positif, akan  mengambil setiap hikmah dari berbagai beban pekerjaan dan beban hidup yang mereka miliki dan mengatasi serta mencari solusinya bukan hanya meratapinya.
  2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuhnya. Mengisi otak dengan berbagai pikiran yang positif akan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dimiliki. Dengan kekebalan tubuh yang terus meningkat, maka berbagai penyakit akan sangat sulit untuk menyerang tubuh anda.
  3. Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung. Bagi mereka yang selalu berpikiran positif akan selalu bersyukur dan menjaga nikmat sehat yang mereka miliki. Dengan berusaha untuk bergaya hidup sehat, menjaga kesehatan seluruh organ termasuk jantung dan tidak meracuni tubuhnya dengan berbagai makanan yang bisa membahayakan kesehatannya.
  4. Tidak Pernah Berhenti Berusaha Untuk Kesembuhannya. Bagi  mereka yang berpikiran positif tidak akan menyerah dengan penyakit yang dideritanya. Mereka akan selalu mencari solusi dan mencari kesembuhan atas penyakitnya. Karena setiap penyakit pasti ada obatnya.
  5. Selalu Percaya Diri Atas Cacat Fisik Yang Dimilikinya. Setiap orang dilahirkan berbeda dari fisik maupun sikapnya. Terkadang mereka memiliki cacat fisik dalam tubuhnya. Namun berusaha bersyukur dan berpikiran positif akan membuat mereka menemukan kelebihan yang ada pada dirinya yang tidak dimiliki oleh orang yang sempurna fisiknya.
          Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 sarang kuman yang sering di sentuh tangan anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh

Berikut ini manfaat bersepeda bagi tubuh jika dilakukan secara rutin setiap harinya yang dapat Anda peroleh:
- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
- Menguatkan otot, terutama otot kaki
- Menguatkan sistem kerangka
- Mencegah penyakit tulang belakang
- Mencegah sakit punggung
- Mengurangi stress mental
- Mencegah penyakit jantung
- Menurunkan tekanan dara tinggi
- Meningkatkan stamina
- Menurunkan berat badan
Dari banyaknya manfaat tersebut, menurunkan berat badan adalah manfaat yang paling banyak diinginkan oleh kaum wanita.

Manfaat Bersepeda Untuk Diet

Manfaat bersepeda untuk diet atau menurunkan berat badan ini sudah banyak terbukti. Oleh sebab itu, banyak wanita yang ingin menurunkan berat badan melakukan olahraga ini secara rutin setia harinya. Bersepeda tidak harus dilakukan di jalan-jalan besar, Anda dapat memanfaatkan lingkungan atau taman di sekitar rumah Anda untuk menikmati segarnya bersepeda di pagi ataupun sore hari.
Selain untuk diet, Anda dapat berjalan-jalan bersama keluarga atau orang tercinta. Dengan bersepeda setiap hari secara rutin, berat tubuh Anda akan menurun dan keinginan Anda untuk diet akan tercapai.

Manfaat Bersepeda Setiap Hari

Buktikan sendiri manfaat bersepeda setiap hari, sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan dapat menurunkan berat badan. Kulit menjadi lebih kencang dan otot juga menjadi lebih kuat serta dapat menjaga kesehatan jantung. Yang jelas, saat bersepeda Anda dapat melatih pernapasan dan membuat jantung Anda menjadi lebih kuat.

Tidak harus bersepeda dalam waktu yang lama, cukup 15 hingga 30 menit setiap harinya maka Anda akan memperoleh manfaatnya segera. Olahraga bersepeda ini dapat dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.


Manfaat Olahraga Pagi dan Malam Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Olah raga merupakan salah satu cara untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Manfaat olahragatidak hanya baik untuk kesehatan jasmani saja, tapi juga sangat baik untuk kesehatan jiwa. Melakukan olahraga secara rutin dapat membuat tubuh semakin berstamina dan juga membuat badan selalu segar setiap hari.
Ada dua pilihan waktu terbaik untuk melakukan olah raga yaitu di pagi hari dan malam hari, kedua waktu ini sangat efektif dan baik untuk melakukan olah raga, baik olahraga berat maupun olahraga yang ringan.

Manfaat Olahraga Pagi Hari

Add caption
Melakukan olahraga di pagi hari sangat dianjurkan karena mempunyai banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat olahraga pagi secara rutin bisa Anda rasakan langsung setelah melakukannya. Ada beberapa manfaat melakukan olahraga di pagi hari diantaranya:
1. Meningkatkan kapasitas otak
Melakukan olahraga pagi sangat baik untuk perkembangan otak Anda. Melakukan olah raga secara rutin setiap hari bisa menambah kapasitas otak Anda, sehingga Anda bisa menjadi lebih produktif di tempat kerja ataupun di sekolah.
2. Menambah stamina
Berolahraga pagi juga sangat baik untuk menambah tenaga atau stamina. Orang yang melakukan olah raga secara rutin setiap pagi hari mempunyai stamina yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak melakukan olahraga sama sekali.
3. Memperlancar metabolisme tubuh
Dengan berolahraga di pagi hari juga bisa membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh. Peredaran darah akan menjadi semakin lancar dan bisa membantu memperlancar metabolisme pada tubuh.

Manfaat Olahraga Malam Hari

Jika Anda tidak bisa melakukan olahraga di pagi hari, Anda bisa melakukannya di malam hari. Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh sangat banyak. Tidak hanya olahraga pagi saja yang baik untuk tubuh, melakukan olah raga di malam hari juga bisa meningkatkan kesehatan. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat melakukan olah raga di malam hari.
1. Tidur lebih lelap
Manfaat olahraga malam yang pertama yaitu dapat membuat tidur menjadi lebih lelap. Melakukan olahraga di malam hari tentunya bisa membuat tubuh membakar kalori lebih banyak dan membuat tubuh akan lelah dan mudah untuk beristirahat. Selain itu, dengan olahraga malam tidur Anda akan lebih nyenyak.
2. Membakar kalori makan malam
Manfaat melakukan olah raga di malam hari yaitu dapat membakar kalori makan malam. Olahraga yang dilakukan setelah makan tentunya akan membuat tubuh cepat untuk membakar kalori yang baru saja masuk dalam tubuh.
3. Menghilangkan stress kerja
Melakukan olahraga malam juga dapat membuat fikiran menjadi segar dan jernih kembali, beban kerja seharian bisa hilang dengan bantuan olahraga.

Banyak sekali manfaat olahraga yang bisa didapatkan jika dilakukan secara rutin. Pilihan waktu berolahraga bergantung dari kesibukan dan ketersediaan waktu Anda. Memilih untuk berolah raga pagi dan malam hari tidak dilarang, tapi Anda juga harus memperhatikan keadaan tubuh. Jangan sampai memaksakan diri untuk berolahraga dua kali sehari yaitu pagi dan malam, jika fisik Anda tidak kuat Anda bisa sakit.




Tips Mudah Hidup Sehat Sepanjang Hari

Hidup sehat merupakan salah hal yang harus kita lakukan di setiap waktu dan kesempatan. Namun, seiring padatnya aktivitas atau pekerjaan yang dikerjakan, banyak diantara kita yang dengan sengaja tidak memperhatikan cara hidup sehat yang benar. Padahal, kesehatan tubuh merupakan hal terpenting dan utama yang harus kita jaga di setiap waktu. Tapi banyak diantara kita yang kurang paham tentang hidup sehat yang benar dan mudah. Lalu, bagaimana tips mudah agar dapat hidup sehat sepanjang hari...???

      Sahabat, tips kesehatan. Penyakit tidak akan mudah menyerang tubuh, jika kita tidak mengundangnya. Dalam hal ini, usahakan untuk menerapkan berbagai hal yang dapat membantu tubuh menangkal berbagai penyakit tersebut. Ini dapat dilakukan, jika seseorang berusaha dan menerapkan hidup sehat yang seharusnya di anjurkan. Berikut ini tips mudah hidup sehat sepanjang hari :
  1. Sudahkah anda minum air putih yang cukup hari ini....???. Air merupakan salah satu elemen penting yang di butuhkan oleh tubuh anda. Semua organ tubuh membutuhkan pasokan air atau cairan agar dapat bekerja dengan optimal. Usahakan, minum air putih 8 gelas per hari untuk hidup yang lebih sehat sepanjang hari anda.
  2. Adakah kandungan gizi pada sarapan pagi anda...???. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan serat pada sarapan pagi anda. Anda bisa mengkonsumsi aneka jenis buah-buahan yang merupakan salah satu jenis makanan yang merupakan sumber serat yang di perlukan oleh tubuh.
  3. Berbagai jenis sayur-sayuran yang hijau sangat baik di konsumsi setiap harinya. Aneka sayuran tersebut berperan penting untuk memenuhi berbagai kebutuhan gizi penting yang di butuhkan oleh tubuh untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan.
  4. Protein juga memiliki peran penting, agar derajat hidup sehat seseorang meningkat. Protein nabati serta hewani merupakan dua protein yang dimaksud. Khusus untuk protein hewani dapat anda peroleh dari mengkonsumsi daging ayam serta ikan di menu harian anda.
  5. Usahakan makan malam tidak berlebihan. Karena saat malam, aktivitas tubuh akan menurun drastis. Karena malam hari, merupakan waktu yang tepat mengistirahatkan tubuh. Makan malam yang berlebihan akan memicu meningkatkan kadar gula darah pada tubuh anda.
       Demikianlah tips kesehatan yang membahas tips mudah hidup sehat sepanjang hari. Semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca semua. 
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



7.Manfaat Dahsyat minum Air Putih Di Pagi Hari

 Air putih merupakan salah satu minuman segar dan sangat menyehatkan bagi seluruh anggota tubuh anda. Tak bisa di bayangkan, jika tubuh kekurangan cairan atau air putih dalam jangka waktu yang relatif lama. Haus merupakan salah satu respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera. Berdasarkan faktanya, seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. Waktu terbaik untuk mulai mencukupi kebutuhan air putih yaitu di pagi hari. Lalu, apa saja manfaat dahsyat minum air putih di pagi hari bagi kesehatan tubuh anda...???.

      Sahabat, tips kesehatan. Idealnya seseorang membutuhkan 8 (delapan) gelas air putih per harinya. Ini dikarenakan, banyak sekali aktivitas yang dilakukan yang dapat menguras tenaga dan cairan yang berada di dalam tubuh. Jika kebutuhan air putih tidak terpenuhi, maka akan mengakibatkan seseorang menjadi lebih cepat capek dan kurang produktif. Pagi hari setelah bangun dari tidur merupakan waktu yang tepat untuk mulai minum air putih tersebut. Tips kesehatan kali ini akan mengulas berbagai manfaat minum air putih di pagi hari. Berikut ini 7 manfaat dahsyat minum air putih di pagi hari. :
  1. Selalu Tampil Awet Muda. Faktanya, minum air putih di pagi hari sangat efektif membuang dan membersihkan racun yang berada di darah melalui keringat dan urine. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar sepanjang hari.
  2. Peremajaan Otot Dan Sel-Sel Darah Anda. Minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah di tubuh.
  3. Penyeimbang Sistem Getah Bening. Saat sistem getah bening dapat bekerja dengan optimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh yang anda miliki.
  4. Mengontrol Berat Badan Tubuh. Berat badan yang ideal merupakan impian setiap orang. Bagi anda yang ingin menyesuaikan berat badan yang proporsional, maka mulailah mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari.
  5. Miliki Usus Besar Yang Sehat. Usus besar merupakan salah satu organ di sistem pencernan kita. Dengan minum air putih di pagi hari. akan berdampak positif untuk kesehatan usus besar. Sehingga penyerapan nutrisi makanan dapat berjalan dengan baik pula.
  6. Organ Ginjal Yang Lebih Sehat. Mencukupi kebutuhan asupan air putih di pagi hari dapat membantu meringankan kerja organ ginjal sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.
  7. Memperlancar Buang Air Besar. Bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah air besar di pagi hari, maka sebaiknya minum air putih saat bangun tidur yang mana bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar tersebut.
      Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 manfaat dahsyat minum air putih di pagi hari. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua.
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net




Tips Mudah Agar Cepat Sembuh Saat Sakit

Sahabat, Tips Kesehatan. Sakit merupakan suatu kondisi yang sangat tidak diharapkan oleh siapapun termasuk anda. Saat sakit, semua makanan yang kita makan terasa tidak enak bahkan terasa pahit, aktivitas yang biasa kita laku


kan tidak akan berjalan lancar atauoptimal. Serta banyak lagi hal yang tidak kita harapkan saat tubuh kita dalam kondisi tidak stabil atau sakit

     Tips jitu agar kita cepat sembuh dari sakit yaitu meminum obat. Ini merupakan tips yang sangat di anjurkan oleh semua orang dan biasanya sangat terbukti ampuh. Tapi tahukah anda, ada tips yang tidak banyak di ketahui orang jika dalam kondisi sakit. Tips kesehatan, berikut ini tips agar cepat sembuh saat sakit :
  1. Saat anda sakit, usahakan makan seperti biasa kalau perlu dipaksa. Ini berguna untuk menstabilkan kondisi tubuh anda. Karena kita tahu, dengan kita tidak makan saat sakit maka sejatinya akan menambah parah rasa sakit tersebut. 
  2. Saat anda sakit, usahakan minum air putih secukupnya. Ini berguna agar kita tidak kekurangan cairan saat sakit. Air putih juga sangat baik untuk tubuh kita. Karena tubuh kita sangat memerlukan air putih dalam jumlah yang cukup. 
  3. Jadi jika anda sakit, minum obat merupakan cara paling efektif agar cepat sembuh di sertai dengan makan yang cukup dan minum air putih yang cukup agar sakit anda cepat sembuh.
         Demikianlah tips kesehatan yang mengupas tips mudah agar cepat sembuh saat sakit. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat besar buat para pembaca sekalian. 
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net

 
Tips Mendongkrak Sistem Imun Pada Tubuh And

Sistem imun di dalam tubuh memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan setiap individu. Ini dikarenakan, berbagai kuman,virus, bakteri serta perubahan musim dapat menjadikan seseorang terserang berbagai penyakit yang membahayakan kelangsungan hidupnya. Setiap manusia sejatinya sudah memiliki sistem imun di tubuhnya masing-masing. Tapi seiring berjalannya waktu, sistem imun yang kita miliki akan mengalami penurunan dari hari-hari. Untuk itulah, penting kiranya mengetahui berbagai tips yang dapat mendongkrak sistem imun tubuh tersebut. Lalu, apa saja tips yang mampu mendongrak sistem imun tubuh yang kita miliki...???

      Sahabat, tips kesehatan. Flu sertu batuk yang menyerang tubuh merupakan sebuah tanda bahwa sistem imun yang kita miliki sedang mengalami penurunan drastis. Berbagai penyakit menular dan mematikan akan mudah menyerang tubuh jika sistem imun yang menurun tersebut, kita biarkan secara terus-menerus. Oleh karena itulah, di perlukan usaha nyata untuk meningkatkan atau mendongrak sistem imun pada tubuh tersebut. Berikut ini 7 tips mendongkrak sistem imun pada tubuh anda :
  1. Tidur Yang Cukup Tiap Harinya. Dalam hal ini, usahakan untuk melakukan aktivitas tidur selama kurang lebih 7-8jam setiap malamnya. Ini merupakan tips yang tidak bisa di tawar-tawar lagi, karena ada keterkaitan tentang berkurangnya jam tidur malam dengan menurunnya sistem imun tubuh yang anda mililki.
  2. Rajin Berolaraga. Ini merupakan tips yang terbilang gampang-gampang susah bagi sebagian orang. Tapi jika anda rutin tidur awal tiap malamnya, maka olahraga di pagi hari akan menjadi kebiasaan rutin yang tidak akan memberatkan bagi anda.
  3. Makanan Sehat. Ini juga salah satu faktor yang berperan besar meningkatkan atau mendongkrak sistem imun pada tubuh. Dalam hal ini, konsumsilah aneka sayuran yang bewarna hijau serta aneka buah-buahan yang mana mengandung sumber vitamin dan berbagai zat antioksidan yang di perlukan oleh tubuh.
  4. Stop Aneka Kebiasaan Buruk. Berbagai kebiasaan buruk yang mungkin anda lakukan seperti hobi berbagai minuman beralkohol, sering merokok serta bergadang hingga larut malam dan lain-lain. Berbagai kebiasaan buruk diatas berpotensi cukup besar terhadap menurunnya sistem imun atau daya tahan tubuh.
  5. Mulailah Tertawa. Tertawa atau tersenyum lebar sangat mudah kita lakukan, jika anda sering menonton acara komedi di berbagai stasiun tv atau membaca berbagai cerita lucu yang dapat di temukan pada buku atau internet.
  6. Mulailah Meningkatkan Interaksi Dengan Orang Lain. Kemajuan teknologi juga memiliki dampak buruk seperti orang yang lebih asyik dengan berbagai gadget seperti laptop dan hp tanpa pernah mengamati lingkungan sekitar atau jarang menyapa atau mengobrol dengan keluarga, sahabat, atau orang yang sudah lama dikenal yang berada di dekatnya.
  7. Awali Dengan Berpikir Positif. Belajar menerima semua kenyataan yang terjadi baik itu sebuah kebahagian atau kesedihan untuk menata hidup yang lebih baik lagi kedepannya. Karena dengan selalu berpikiran positif sangat berperan untuk mendongrak sistem imun tubuh tanpa pernah anda sadari.
       Demikianlah tips kesehatan yang membahas tips mendongkrak sistem imun pada tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua.
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



7 Tips Mudah Menghilangkan Capek Di Tubuh


Sahabat, tips kesehatan. Aktivitas sehari-hari yang tak kunjung berhenti membuat seluruh badan kita serasa capek sekali. Ingin sekali kita meninggalkan rutinitas tersebut. Semua pelajar ataupun pekerja pasti pernah merasakan rasa lelah terhadap semua aktivitas yang telah dijalani tiap harinya. Lalu apa yang sudah anda lakukan untuk menghilangkan rasa lelah yang dirasakan oleh tubuh kita…???

    Lelah merupakan rasa capek yang dirasakan oleh tubuh dan pikiran kita, ketika suatu aktivitas yang menguras energi baik itu tenaga maupun pikiran di jalankan pada suatu waktu. Pada saat tubuh terasa lelah maka aktivitas yang akan kita lakukan selanjutnya menjadi terganggu. Cara termudah yang dapat kita lakukan yaitu dengan istirahat sebentar. Tapi sebenarnya ada beberapa tips yang membantu anda menghilangkan rasa lelah pada tubuh anda. tips kesehatan, berikut ini akan mengupas tuntas. Berikut ini tips menghilangkan rasa capek pada tubuh anda :

1.   Biasakan untuk sarapan pagi sebelum memulai aktivitas anda. ini dikarenakan dengan sarapan tiap pagi sebelum beraktivitas maka pikiran dan kondisi tubuh anda akan lebih stabil daripada mereka yang tidak sarapan. Sehingga rasa lelah pun dapat terkurangi atau bahkan hilang pada tubuh anda di selaaktivitas anda dengan rutin sarapan pagil 
2.    Makanlah dengan teratur dengan makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita, baik itu karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga menghindarkan anda dari rasa lelah setelah beraktivitas, karena tubuh kita terjaga kesehatannya dan menjadikan tubuh kita lebih stabil.
3.   Makanlah dengan makanan yang mengandung serat. Ini dikarenan dengan memperbanyak makanan yang berserat maka akan memberikan energi lebih pada tubuh kita. Sehingga tidak mudah capek dalam segala aktivitas kita.
4.   Minumlah air sesuai kebutuhan tubuh kita. Paling baik yaitu 8 gelas sehari bisa lebih. Ini dikarenakan air akan mempermudah darah dalam mengalir ke seluruh sel dan organ tubuh kita. Sehingga peredaran darah lancar dan rasa lelah akan terkurangi.
5.    Mendengarkan musik yang anda sukai merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa lelah yang ada dalam tubuh anda. jadi setelah selesai beraktivitas tidak ada salahnya mendengarkan musik yang anda sukai dengan duduk santai. Ini akan membantu menghilangkan rasa lelah tersebut. 
6.    Melihat acara komedi yang ditayangkan di televisi juga mampu menghilangkan rasa lelah yang anda alami setelah beraktivitas. Dengan tertawa lepas semua beban pikiran dan lelah pada tubuh anda akan sirna tanpa anda sadari.
7.    Sebelum mandi setelah beraktivitas yang membuat anda lelah, usahakan membasuh wajah anda dengan air dingin terlebih dahulu. Ini juga mampu membantu menghilangkan rasa lelah yang menghinggapi tubuh dan pikiran anda. 
      Demikianlah tips kesehatan yang mengupas 7 tips mudah menghilangkan capek di tubuh anda. Semoga anda lebih produktif dalam setiap rutinitas yang anda kerjakan.  

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net




Semakin sering kunyah keju, semakin banyak lemak luntur


Merdeka.com - Susu, keju, atau produk olahan susu lainnya telah lama dianggap sebagai bahan makanan yang menjadi musuh bagi mereka yang sedang berdiet. Hal ini disebabkan karena keju sangat tinggi akan lemak. Sementara lemak sendiri dapat menambah berat badan dan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya. 

"Tidak semua lemak yang terkandung di dalam keju membahayakan kesehatan. Malahan penelitian kami menemukan bahwa mengunyah keju akan membuat lemak Anda luntur dengan mudahnya," ujar Profesor Alice Roberts dari The Quarterly Journal of Experimental Psychology.

"Keju diketahui mengandung kalsium yang memudahkan proses luruhnya lemak tanpa melalui proses penyerapan lemak di usus terlebih dahulu. Kami mengetahuinya setelah meneliti kebiasaan orang-orang yang doyan mengunyah keju. Secara mengejutkan, dalam sehari lemak mereka bisa luruh sebanyak 8 gram atau 56 gram selama seminggu."

Selain mampu meluruhkan lemak, keju sendiri juga mengandung bakteri probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa mengunyah keju dapat memutihkan dan menguatkan gigi Anda. Sungguh merupakan cara menyenangkan untuk menjaga kesehatan bukan?



Manfaatkan teman untuk turunkan berat badan

Merdeka.com - Punya banyak teman? Kenapa Anda tidak memanfaatkannya untuk membantu Anda dalam menurunkan berat badan? Sebab menurut penelitian yang dilansir dari healthmeup.com, disebutkan bahwa mereka yang berdiet dengan teman lebih cepat menunjukkan hasil penurunan berat badan yang signifikan.

Penelitian yang dilakukan oleh Musiman Berries ini mengungkapkan bahwa dari 1.750 orang yang dijadikan bahan penelitian, 89% di antara mengalami penurunan berat badan yang cepat dibandingkan dengan mereka yang diet sendirian.

"Motivasi dan dukungan merupakan hal yang dibutuhkan oleh mereka yang sedang diet. Saat seseorang merasa termotivasi, maka mereka akan lebih bersemangat dalam melakukan apapun termasuk diet. Dan dukungan tersebut bisa Anda dapatkan dari teman Anda. Mereka akan mengingatkan Anda ketika Anda mulai patah semangat atau tergoda mengonsumsi makanan tidak sehat saat sedang diet," tulis penelitian ini.

"Selain teman, pasangan dan keluarga juga bisa mendukung Anda saat sedang diet. Sebab orang terdekatlah yang akan menghadapi Anda dalam masa sulit serta turut bahagia saat Anda berhasil mencapai sesuatu."

0 komentar:

Posting Komentar