Minggu, 12 April 2015

Pencegahan


7 Tips Mencegah Stroke Yang Mudah Dan Efektif

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang bisa mengancam jiwa setiap orang. Gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab utama serangan stroke tersebut. Pengertian stroke sendiri yaitu pecahnya pembuluh darah atau arteri darah yang menuju ke organ otak. Akibatnya beberapa sistem syaraf di otak dipastikan juga akan terganggu. Sehingga ada beberapa orang yang tiba-tiba sulit berbicara atau mengerakkan beberapa bagian tubuhnya serta resiko kematian mendadak saat terserang stroke. Ada berbagai langkah atau tips mudah untuk mencegah stroke yang mematikan tersebut. Lalu, apa saja tips mencegah stroke yang mudah dan efektif tersebut....???

Sahabat, tips kesehatan. Serangan stroke dapat menyerang kalangan remaja, dewasa dan para lansia baik itu pria maupun wanita. Mulai mengubah pola hidup yang tidak sehat pada diri sendiri merupakan kunci utama untuk menangkal maupun mencegah serangan stroke tersebut. Anda dapat memulainya dengan melakukan berbagai aktivitas fisik yang menyehatkan, tidak malas berolahraga serta mengkonsumsi aneka makanan yang sehat untuk tubuh dan seluruh organ dalam tubuh anda. Untuk lebih detailnya, berikut ini tips mencegah stroke yang mudah dan efektif :
  1. Atur Jadwal Olahraga Harian Anda. Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang menyehatkan seluruh tubuh anda. Olahraga juga akan menyehatkan organ jantung dan menormalkan tekanan darah. Maka dari itulah, sediakan waktu di pagi hari untuk berolahraga rutin.
  2. Miliki Berat Badan Yang Normal Atau Ideal. Terlalu kurus maupun terlalu gemuk juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Obesitas atau kegemukan juga akan meningkatkan resiko serangan stroke yang lebih tinggi.
  3. Konsumsi Aneka Makanan Yang Sehat Setiap Hari. Dalam hal ini, berbagai jenis buah-buahan dan aneka sayuran yang berdaun hijau sangat baik untuk mencukupi kebutuhana nutrisi tubuh anda. Di samping itu, kedua jenis makanan sehat tersebut dapat menghindarkan seseorang dari serangan stroke.
  4. Jauhi Berbagai Kebiasaan Buruk Yang Tidak Menyehatkan. Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang merusak beberapa organ dalam tubuh anda. Disamping itu, merokok juga dapat menyebabkan hipertensi dan jantung yang tidak sehat. Kedua hal tersebut dapat meningkatkan resiko stroke.
  5. Stop Minuman Beralkohol. Usahakan sedapat mungkin untuk menghentikan dan tidak mendekati berbagai minuman yang mengandung alkohol didalamnya. Ini dikarenakan, minuman beralkohol juga mampu meningkatkan serangan stroke.
  6. Membatasi Mengkonsumsi Aneka Makanan Tertentu. Dalam hal ini, jangang terlalu banyak mengkonsumsi garam, daging yang berlemak tinggi serta konsumsilah produk susu yang memiliki kandungan lemak yang rendah.
  7. Minum Air Putih Yang Cukup. Air putih akan membantu mencukupi kebutuhan cairan didalam tubuh serta membantu program penurunan berat badan anda. Berat badan yang normal atau ideal dapat menurunkan dan bahkan menghindarkan seseorang dari serangan stroke.
         Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 sarang kuman yang sering di sentuh tangan anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



Penyebab Keputihan dan Cara Mencegahnya

Kebanyakan wanita mengalami keputihan jumlahnya hingga 85% pernah mengalaminya baik itu keputihan normal maupun keputihan yang menjadi penyakit. Keputihan atau flour albous merupakan cairan yang keluar dari organ intim yang fungsinya sebagai pembersih sekaligus melindungi organ kewanitaan.


Ada dua jenis keputihan yaitu keputihan yang normal (fisiologis) dan keputihan yang menjadi penyakit (patologis). Jika sista mengalami keputihan, maka perlu dibedakan antara keduanya karena semakin cepat keputihan patologis dideteksi dan diobati maka semakin baik.

Ciri-ciri keputihan fisiologis diantaranya adalah  berupa lendir yang kental atau encer, memiliki warna bening atau kuning terang, tidak menimbulkan rasa sakit dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Sedangkan untuk keputihan yang abnormal ciri-cirinya adalah cairannya kental, berwarna keruh dan banyak, menimbulkan gatal, dapat menyebabkan bau tidak sedap. Secara spesifik ciri-ciri keputihan patologis:
1. Keputihan yang disebabkan infeksi parasit (Trikomoniasis)
Bila cairan yang keluar berwarna kuning kehijauan, berbau tidak sedap, berbusa, perdarahan diluar siklus menstruasi, perdarahan setelah berbuhungan seksual serta adanya rasa nyeri.

2. Keputihan karena jamur
Mempunyai warna putih kekuningan dengan gumpalan-gumpalan. Menyebabkan rasa panas dan gatal disekitar kemaluan serta menimbulkan rasa sakit saat buang air kecil dan setelah berhubungan badan.

3. Keputihan yang disebabkan oleh bakteri (Bakterial vaginosis)
Ciri-ciri keputihan karena bakteri diantaranya berwarna abu-abu agak encer, jarang berbusa dan mengeluarkan bau amis. Bau amis ini akan lebih tajam setelah berhubungan badan, darah menstruasi bulanan juga berbau tidak seperti biasanya. Keluhan lain yang sering dialami adalah rasa gatal dan panas di organ intim.

4. Keputihan karena alergi
Beberapa bahan seperti wewangian, obat, bahan semprot, cairan maupun krim dapat menyebabkan alergi. Kenali keputihan karena alergi dan segera hindari bahan-bahan yang menyebabkan alergi tersebut. Cirinya yaitu berwarna kuning keputihan, cairan lebih banyak bisa encer atau kental, gatal, kemerahan dan rasa panas.

5. Keputihan pertanda kanker
memiliki warna kecoklatan, berbau tidak sedap, didapatkan bercak darah dan dapat disertai rasa nyeri saat berhubungan seksual. Keputihan yang dialami berlangsung lama dan tidak merespon terhadap berbagai jenis pengobatan.

Cara mencegah keputihan
o    Selalu jaga kebersihan organ intim secara teratur. Gunakan pembersih yang tidak merubah PH alami organ intim
o    Gunakan pakaian yang tidak terlalu ketat dan memiliki pori-pori yang cukup untuk sirkulasi udara. Celana jeans ketat dan meningkatkan kelembaban yang memicu pertumbuhan jamur atau bakteri lebih cepat
o    Sering-seringlah mengganti pembalut saat menstruasi
o    Gunakan celana dalam berbahan katun dan pastikan agar selalu berada dalam keadaan kering. Jika perlu, bawa celana dalam cadangan saat berpergian.

o    Belajarlah mengelola stress lebih baik karena stress fisik dan psikologis dapat mengganggu keseimbangan hormon serta mempengaruhi daya tahan tubuh yang bisa berakibat terserang penyakit termasuk keputihan.



Inilah 7 Tips Efektif Menghilangkan Stres


Manusia hidup tentu memiliki berbagai masalah. Terkadang masalah-masalah tersebut sulit sekali kita hindari maupun kita temui jalan keluar ataupun solusinya. Masalah-masalah seperti masalah keluarga, percintaan, persahabatan, keuangan maupun masalah yang terkait dengan pekerjaan anda sehari-hari.Stress merupakan puncak dari berbagai tekanan masalah-masalah tersebut. Stress pula bisa menimbulkan depresi yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan jiwa kita. Lalu, adakah tips atau cara efektif menghilangkan stress tersebut...???

        Sahabat, tips kesehatan. Banyak sekali tips maupun cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan stress tersebut. Salah satunya dengan melakukan aktivitas ataupun kegiatan -kegiatan yang menyehatkan seperti contohnya berolahraga. Tapi ternyata bukan hanya berolahraga saja yang dapat membantu menghilangkan stress tersebut. Tips kesehatan akan mengulas berbagai tips efektif untuk menghilangkan stress tersebut. Tips kesehatan, Berikut ini 7 tips atau cara efektif menghilangkan stress dengan mudah :
  1. Tips yang pertama yaitu jangan menunda pekerjaan sehingga semakin menumpuk. Salah satu penyebab stress terkait dengan  masalah pekerjaan yang menumpuk. Jika kita tidak menunda-nunda pekerjaan yang dapat kita kerjakan lebih dahulu tentu tidak ada kata pekerjaan menumpuk. Sehingga stress kemungkinan besar tidak menimpa kita.
  2. Tips yang kedua yaitu memiliki keberanian untuk berkata tidak terhadap sebuah pekerjaan baru yang dibebankan kepada anda yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan anda yang sekarang. Ini akan mengakibatkan pikiran anda menjadi tidak fokus dan menjadi terbelah dua yang bisa menyebabkan stress muncul.
  3. Tips berikutnya untuk menghilangkan stress yaitu dengan melakukan aktivitas atau kegiatan-kegiatan yang menyehatkan seperti berolahraga dengan berjalan kaki atau berlari-lari santai. Aktivitas tersebut mampu membuat anda merasa lebih rileks, dapat juga menurunkan tekanan darah serta menghasilkan hormon endorfin yang dapat menghilangkan stress tersebut.
  4. Tips berikutnya yaitu selalu berusahan belajar menerima diri sendiri dan segala kondisi yang sedang kita alami baik itu terkait dengan segala nikmat dan segala cobaan yang diberikan oleh Tuhan YME kepada diri kita.
  5. Selalu memiliki positive thinking atau selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menimpa kita serta berusaha memetik semua pelajarannya. Sehingga ke depannya kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi daripada sebelumnya.
  6. Menghibur diri sendiri merupakan salah satu tips efektif untuk menghilangkan stress tersebut. Luangkan waktu sebentar di padatnya aktivitas anda dengan menghibur diri sendiri dengan berbagai hiburan yang anda sukai seperti bermain games, mendengarkan musik yang anda minati, menonton film yang anda sukai atau kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat menghibur anda.
  7. Berusaha fokus terhadap sebuah pekerjaan yang ada di hadapan anda. Melakukan pekerjaan banyak dengan waktu bersamaan dapat juga menimbulkan stress. Oleh karena itulah, selesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu kemudian berpaling untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Ini juga mampu menghilangkan stress pada diri anda.
      Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 tips efektif menghilangkan stress. Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca sekalian. Salam hangat dari penulis.
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


7 Makanan Yang Menurunkan Kadar Kolesterol

Kata Kolesterol mungkin sudah tidak tidak asing di telinga kita. Tahukah anda, kolesterol merupakan salah satu lemak tubuh atau yang lebih dikenal dengan nama lipid. Sebagai lemak tubuh, kolesterol ternyata memiliki berbagai fungsi di dalam tubuh kita. Tapi jika kadar kolesterol dalam darah mengalami kenaikan atau tinggi. Maka hal itu dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan tubuh. Berbagai jenis makanan dapat menurunkan kadar kolesterol anda. Lalu, apa saja makanan penurun kolesterol tersebut....???



       Sahabat, tips kesehatan. Kolesterol memang memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh kita, jika kadar kolesterol dalam tubuh anda normal. Fungsi kolesterol sebagai lemak tubuh yaitu sebagai penyusun struktur pada membran sel, melindungi kulit dari racun dan masalah kekeringan pada kulit tubuh serta pembentukan vitamin D (bersama sinar UV). Namun bermacam gangguan kesehatan pada tubuh seperti gangguan ereksi, gagal ginjal, serta jantung merupakan akibat dari kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Oleh karena itulah, tips kesehatan kali ini akan mengetengahkan sebuah artikel yang  mungkin bermanfaat bagi pembaca. Sahabat, tips kesehatan, berikut ini 7 makanan penurun kolesterol dalam tubuh anda :
  1. Makanan penurun kadar kolesterol yang pertama yaitu tomat. Meskipun tergolong ke dalam buah-buahan, tomat ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Anda dapat membuat tomat menjadi jus tomat yang enak dan minum dua gelas jus tomat sehari  merupakan salah satu langkah terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  2. Makanan yang kedua yaitu buah delima. Buah delima ternyata sangat baik pula untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Manfaat buah delima sendiri yaitu untuk mengurangi penumpukan plak kolesterol serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu dalam mengurangi plak pada arteri.
  3. Makanan berikutnya yaitu alpukat. Buah alpukat ini merupakan salah satu buah-buahan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol yang baik dalam tubuh anda. Karena ada dua jenis kolesterol dalam tubuh kita yaitu kolesterol jahat atau LDL dan kolesterol baik atau HDL.
  4.  Makanan berikutnya yaitu anggur. Buah anggur ternyata juga sangat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita. Minum dua gelas jus anggur setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh anda.
  5. Makanan yang kelima yaitu bawang putih. Meskipun tergolong rempah-rempah atau bumbu dapur, namun bawang putih ternyata juga sangat baik untuk menurnkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Usahakan mengkonsumsi satu siung bawang putih perhari untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda.
  6. Makanan berikutnya yaitu berbagai makanan dari olahan kedelai seperti tahu dan tempe. Kedua makanan tersebut juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Manfaat lain yang dapat kita peroleh yaitu kedua makanan tersebut yaitu kaya akan protein juga.
  7. Makanan yang ketujuh yaitu kacang-kacangan seperti kacang tanah, kenari, almond. Kacang-kacangan tersebut ternyata sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda. Ini dikarenakan kacang-kacangan tersebut banyak mengandung lemak Omega-3 serta antioksidan.
    Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 makanan penurun kolesterol anda. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca sekalian.
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



7 Manfaat Dahsyat Minum Air Putih Di Pagi Hari
Air putih merupakan salah satu minuman segar dan sangat menyehatkan bagi seluruh anggota tubuh anda. Tak bisa di bayangkan, jika tubuh kekurangan cairan atau air putih dalam jangka waktu yang relatif lama. Haus merupakan salah satu respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera. Berdasarkan faktanya, seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. Waktu terbaik untuk mulai mencukupi kebutuhan air putih yaitu di pagi hari. Lalu, apa saja manfaat dahsyat minum air putih di pagi hari bagi kesehatan tubuh anda...???.

      Sahabat, tips kesehatan. Idealnya seseorang membutuhkan 8 (delapan) gelas air putih per harinya. Ini dikarenakan, banyak sekali aktivitas yang dilakukan yang dapat menguras tenaga dan cairan yang berada di dalam tubuh. Jika kebutuhan air putih tidak terpenuhi, maka akan mengakibatkan seseorang menjadi lebih cepat capek dan kurang produktif. Pagi hari setelah bangun dari tidur merupakan waktu yang tepat untuk mulai minum air putih tersebut. Tips kesehatan kali ini akan mengulas berbagai manfaat minum air putih di pagi hari. Berikut ini 7 manfaat dahsyat minum air putih di pagi hari. :
  1. Selalu Tampil Awet Muda. Faktanya, minum air putih di pagi hari sangat efektif membuang dan membersihkan racun yang berada di darah melalui keringat dan urine. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar sepanjang hari.
  2. Peremajaan Otot Dan Sel-Sel Darah Anda. Minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah di tubuh.
  3. Penyeimbang Sistem Getah Bening. Saat sistem getah bening dapat bekerja dengan optimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh yang anda miliki.
  4. Mengontrol Berat Badan Tubuh. Berat badan yang ideal merupakan impian setiap orang. Bagi anda yang ingin menyesuaikan berat badan yang proporsional, maka mulailah mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari.
  5. Miliki Usus Besar Yang Sehat. Usus besar merupakan salah satu organ di sistem pencernan kita. Dengan minum air putih di pagi hari. akan berdampak positif untuk kesehatan usus besar. Sehingga penyerapan nutrisi makanan dapat berjalan dengan baik pula.
  6. Organ Ginjal Yang Lebih Sehat. Mencukupi kebutuhan asupan air putih di pagi hari dapat membantu meringankan kerja organ ginjal sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.
  7. Memperlancar Buang Air Besar. Bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah air besar di pagi hari, maka sebaiknya minum air putih saat bangun tidur yang mana bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar tersebut.
      Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 manfaat dahsyat minum air putih di pagi hari. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua.

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



5 Makanan ini cegah asam lambung di perut

Merdeka.com - Asam lambung disebabkan ketika perut menghasilkan kelebihan asam dari makanan yang Anda konsumsi. Salah satu gejala naiknya asam lambung adalah muncul rasa tidak nyaman di perut bagian atas atau di bawah tulang dada lebih tepatnya.
Kenaikan asam lambung secara berkepanjangan dapat merusak lapisan perut dan juga menyebabkan gangguan medis yang serius seperti maag. Untuk mengatasi penyakit ini terdapat beberapa perawatan medis yang mampu mencegahnya. Selain itu ada pula makanan yang mampu mencegah kenaikan asam lambung seperti dilansir dari magforwomen.com.

Oatmeal
Oatmeal adalah menu sarapan terbaik untuk mengurangi kenaikan asam lambung. Selain untuk sarapan, Anda juga dapat mengonsumsi oatmeal sebagai menu camilan sehat Anda.

Jahe
Jahe adalah salah satu tanaman obat yang memiliki sifat anti inflamasi. Sifat ini mampu mengobati berbagai macam gangguan pencernaan. Tambahkan jahe di dalam minuman Anda, apabila Anda mulai merasa tidak nyaman di perut Anda.

Susu
Susu mengandung kalsium dengan jumlah yang tinggi sebagai obat antasida untuk menetralkan asam lambung. Jika Anda menderita gangguan ini, konsumsilah segelas susu setiap hari untuk menetralisir kelebihan asam lambung.

Cuka sari apel
Cuka sari apel dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk memerangi asam lambung di perut. Hal ini disebabkan karena cuka sari apel mengandung enzim dan asam sehat yang membantu dalam menetralkan asam lambung.

Teh chamomile
Teh chamomile adalah salah satu jenis teh herbal yang baik untuk melawan asam lambung di perut. Mengonsumsi secangkir teh chamomile hangat baik sebagai pencegahan dari penyakit ini.
Naiknya asam lambung di perut memang menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Namun Anda dapat menetralisirnya dengan mengonsumsi makanan di atas.
[feb]
  

Takut kena diabetes? Makan telur dan keju!

Merdeka.com - Para peneliti mengklaim bahwa makan telur setiap hari dapat mencegah diabetes. Studi tersebut mengungkapkan bahwa konsumsi telur secara teratur dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga sepertiganya. 


Studi kedua ternyata juga menemukan manfaat kesehatan yang sama dari produk susu tinggi lemak, seperti keju. Kedua studi ini dilakukan oleh para peneliti Skandinavia dan telah diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition.



Dalam studi ini, para peneliti mengamati kebiasaan makan dari 2.332 pria berusia 42-60 tahun yang ikut ambil bagian dalam studi penyakit jantung pada 1980-an, dan dua dekade kemudian 432 orang didiagnosis dengan diabetes tipe 2.



Kebiasaan makan 2.332 pria berusia 42-60 yang mengambil bagian dalam studi penyakit jantung pada 1980-an tercatat, dan dua dekade kemudian 432 orang didiagnosis dengan diabetes tipe 2.



Hasil studi menunjukkan bahwa telur tidak hanya mengurangi risiko diabetes tipe 2, tetapi juga menurunkan kadar glukosa darah. Seperti dilansir Daily Mail (31/3), pria yang mengonsumsi sekitar empat telur per minggu berisiko 37 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 daripada pria yang hanya makan satu telur per minggu.



Sementara itu, studi kedua menemukan bahwa makan keju tinggi lemak dan yogurt dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga seperempat. Hasil tersebut ditemukan oleh para peneliti dari Universitas Lund, Swedia, ketika mereka berusaha mencari tahu efek dari berbagai sumber lemak jenuh pada risiko diabetes, seperti daging dan produk susu.



Pada studi kedua, para peneliti mengamati kebiasaan makan 27.000 orang berusia 45-74 tahun yang dicatat sejak awal 1990-an, dan 20 tahun kemudian 2.860 orang didiagnosis dengan diabetes tipe 2.



Dr Ulrika Ericson berkata: "Orang-orang yang makan produk susu paling tinggi lemak memiliki risiko 23 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang makan lebih sedikit."



Sayur dan buah yang boleh dikonsumsi penderita Diabetes

Merdeka.com - Penderita diabetes harus selektif memilih makanan karena itu bisa berdampak besar pada kesehatan mereka. Oleh karena itu, berikut kami sajikan beberapa sayuran dan buah yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, seperti dikutip dari Boldsky. Mari kita simak bersama!
1. Selada
Selada mengandung banyak folat, mangan dan besi. Selada dapat membantu dalam membangun sistem kekebalan tubuh dan menjaga kadar darah penderita diabetes. Sayur ini hanya mengandung 0,8 gram gula.
2. Brokoli
Selain mengandung serat, kalsium dan nutrisi lain, brokoli juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga kadar gula pada tingkat yang tepat.
3. Kubis
Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan tetap fit, maka kubis bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Sebab, sayuran ini nol gula.
4. Alpukat
Alpukat merupakan salah satu makanan terbaik yang dapat dikonsumsi penderita diabetes. Ini rendah gula dan lemak, serta dapat dimakan dalam bentuk apa pun. Alpukat juga memiliki banyak vitamin seperti E, A, K, dan B6.
5. Pepaya
Pepaya mengandung nutrisi penting yang disebut papains. Senyawa ini dapat membantu untuk menjaga sistem pencernaan Anda.
6. Tomat
Tomat rendah lemak dan hampir bebas gula. Anda bisa langsung memakannya atau mencampurnya ke dalam salad sayur.
Inilah sayur dan buah yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Hati-hati, gula mampu sebabkan 7 kerusakan anggota tubuh ini

Merdeka.com - Siapa yang tidak suka makan makanan manis? Apalagi jika makanan manis tersebut berupa makanan penutup seperti puding, cheese cake, atau cokelat. Tentu semua orang juga menyukainya, begitu pula dengan Anda. Makan gula juga dapat memberikan suntikan bahan bakat untuk otak Anda. Namun terlalu banyak makan gula juga merugikan kesehatan. Sebab gula rendah nutrisi nutrisi serta mampu menimbulkan lonjakan insulin.


Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah efek buruk dari gula untuk kesehatan tubuh Anda.



Merusak jantung

Mengonsumsi banyak gula mampu merusak jantung Anda sebab gula akan mempengaruhi mekanisme pemompaan jantung Anda, meningkatkan trigliserida, kolesterol jahat (LDL), glukosa darah dan kadar insulin.



Membuat gigi berlubang

Karena gula mudah dicerna, bakteri berbahaya akan mudah masuk ke dalam mulut dan berkembang biak dengan cepat. Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai masalah gigi yang meliputi erosi enamel, penyakit gusi dan kerusakan gigi.



Meningkatkan berat badan

Fruktosa dalam gula dapat membuat seseorang merasa sulit untuk kenyang. Sehingga mereka akan cenderung selalu mengonsumsi banyak makanan. Hasilnya, tentu saja kenaikan berat badan yang tidak terkendali.



Merusak kesehatan lever

Seluruh makanan yang masuk ke dalam tubuh akan melewati aliran darah dan berujung ke lever Anda. Begitu pula dengan gula. Jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, maka gula tidak akan merusak kesehatan tubuh Anda. Namun jika Anda banyak makan gula, maka fruktosa bisa menjadi lemak di dalam hati Anda. Dan ketika lever Anda mengandung banyak lemak di dalamnya, maka kesehatan lever akan terganggu.



Menyebabkan diabetes

Insulin adalah hormon yang memungkinkan glukosa (gula darah) untuk memasuki aliran darah dan juga memberitahu sel untuk mulai membakar glukosa bukan lemak. Makan terlalu banyak gula dapat mengganggu kinerja insulin sehingga mampu menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti sindrom metabolik, obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.



Meningkatkan risiko kanker

Insulin juga merupakan salah satu hormon yang mengatur pertumbuhan dan multiplikasi sehingga jika insulin semakin meningkat maka dapat menyebabkan kanker. Gula juga menyebabkan masalah metabolisme yang menyebabkan peradangan, yang menjadi salah satu penyebab kanker.



Menyebabkan penuaan dini

Mengonsumsi banyak gula mampu menyebabkan penuaan sel. Selain itu gangguan kesehatan kronis juga bisa terjadi karena tingginya kadar gula dalam aliran darah. Sehingga tidak mengherankan jika banyak mengonsumsi gula mampu menyebabkan penuaan dini.



Jarang berjemur? Hati-hati dengan serangan diabetes!

Merdeka.com - Seberapa sering Anda berjemur dengan matahari pagi yang sehat dalam minggu ini? Jika Anda termasuk orang yang jarang berjemur karena terjebak oleh rutinitas kerja di pagi hari, berhati-hatilah dengan serangan diabetes yang bisa saja muncul kapan saja.


Dilansir dari dailymail.co.uk, kekurangan vitamin D ternyata tak hanya berdampak buruk pada kesehatan tulang Anda namun juga dengan sistem metabolisme tubuh terutama sistem metabolisme glukosa dalam tubuh Anda. Jika glukosa dalam tubuh tidak bisa diolah dengan baik, maka akan terjadi kenaikan insulin yang berujung dengan penyakit diabetes.

"Ketika sinar matahari pagi masuk ke dalam tubuh, maka akan langsung diubah menjadi vitamin D oleh sel dalam tubuh. Kemudian vitamin D akan berfungsi untuk mengontrol fungsi seluruh anggota tubuh dan sistem termasuk sistem metabolisme," ujar Dr Manuel Macas-Gonzlez dari University of Malaga, Spanyol. "Sistem metabolisme yang tidak lancar akan meningkatkan timbunan lemak dan zat gula yang tidak terpakai. Sehingga Anda pun akan mengalami obesitas yang bisa berujung dengan munculnya diabetes."

"Kami mendapati hal ini dari dalam tubuh orang gemuk yang tidak memiliki diabetes dan menemukan bahwa kadar vitamin D dalam darahnya lebih tinggi dibandingkan dengan pasien diabetes," tambahnya.

Selain manfaat tersebut, vitamin D juga membantu mengontrol kalsium yang membuat tulang dan otot Anda kuat serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin D sendiri bisa Anda dapatkan dari minyak ikan, telur, dan susu. Namun tetap saja suntikan vitamin D terbesar datangnya dari paparan sinar matahari pagi yang sehat.


Hati-hati, stres mampu tingkatkan risiko diabetes

Merdeka.com - Selama ini gaya hidup yang tidak sehat, sering bermalas-malasan, serta mengonsumsi makanan tidak sehat dituding menjadi penyebab utama dari munculnya penyakit diabetes dalam tubuh seseorang. Itulah sebabnya banyak orang yang fokus untuk menjalankan menjauhi faktor penyebab diabetes seperti contoh tersebut tanpa mengetahui bahwa ada faktor penyebab diabetes yang lebih berbahaya.


Dilansir dari dailymail.co.uk, seorang pria di Inggris terdiagnosis menderita diabetes. Padahal selama ini dia telah menjalankan pola hidup sehat serta dia tidak memiliki bentuk tubuh yang gemuk. Namun dokter yang memeriksanya mengatakan bahwa stres yang dia alami menjadi penyebabnya.



"Setiap orang yang mengalami stres maka akan muncul reaksi di tubuhnya entah berupa kenaikan tekanan darah, detak jantung, dan pelepasan hormon stres," terang Professor Andrew Steptoe, ahli psikologi dan epidemiologi dari University College London. 



"Pelepasan hormon stres yang disebut dengan kortisol ini membuat tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau membuat insulin menjadi tidak sensitif terhadap zat gula. Akibatnya zat gula akan masuk ke dalam sel tubuh dan menyebabkan diabetes," Naveed Sattar, profesor kesehatan dari University of Glasgow menambahkan.



5 Makanan ini bikin pendengaran semakin tajam

Merdeka.com - Seiring dengan bertambahnya usia, Anda akan mulai kehilangan pendengaran Anda sedikit demi sedikit. Kondisi ini dikenal sebagai presbikusis atau gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia. Jika Anda ingin menjaga pendengaran Anda, berikut adalah beberapa nutrisi penting yang Anda butuhkan, seperti dilansir food.ndtv.com. Yuk simak bersama!
1. Ikan
Ikan salmon atau tuna merupakan sumber lemak omega-3 dan vitamin D. Lemak omega-3 dapat melindungi jantung dan itu menjadi kunci untuk mencegah menurunnya pendengaran.
2. Brokoli
Antioksidan, terutama yang berbentuk asam folat, ditemukan dalam bayam, asparagus, kacang-kacangan, telur atau brokoli. Senyawa itu dapat mengurangi risiko gangguan pendengaran hingga 20 persen.
3. Pisang
Pisang memenuhi kebutuhan magnesium untuk tubuh, yang dapat membantu mencegah gangguan pendengaran. Para ilmuwan mengatakan bahwa magnesium bekerja sebagai pelindung untuk sel-sel rambut halus di telinga bagian dalam dan memerangi efek radikal bebas yang dipancarkan oleh suara keras.
4. Dark Chocolate
Dark Chocolate adalah sumber makanan kaya seng, yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel dan membantu melawan infeksi telinga.
5. Jeruk
Jeruk merupakan sumber kalium, vitamin C dan E. Vitamin C dan E bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan ekstrem. Vitamin E merevitalisasi pembuluh darah dan saraf, sementara vitamin C meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang membantu mencegah infeksi telinga.

Ini lima makanan yang bikin pendengaran semakin tajam.


5 Buah Yang Menaklukkan Flu

Vemale.com - Ada kalanya kita merasa ragu untuk menyentuh obat-obatan kimia, dan kemudian mencari alternatif obat tradisional saja untuk menyembuhkan flu. Tak ada salahnya kok jika memang Anda mengurangi obat-obatan kimiawi. Namun, mencicipi obat tradisional juga tak boleh sembarangan. Dosisnya juga tetap perlu diperhatikan.
Nah, berikut adalah beberapa alternatif buah yang bisa membantu menaklukkan flu. Dikutip dari abcnews.go.com, kelima buah ini berguna untuk mengatasi flu karena kandungan antioksidannya yang meningkatkan immune tubuh.
Buah apa sajakah itu?
Apel
Buah yang paling populer dengan kandungan antioksidan tinggi adalah apel. Di dalamnya terkandung sekitar 1.500 mg vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Ada pula flavonoid yang membantu mencegah penyakit kanker dan jantung.
Pepaya
Si buah tropis yang mudah ditemukan ini mengandung sekitar 250% RDa vitamin C, yang membantu menendang virus flu keluar dari tubuh. Betakaroten, vitamin C dan E di dalam pepaya juga membantu mencegah peradangan di dalam tubuh, terutama pada pernafasan.
Cranberries
Buah yang ini mungkin memang jarang ditemukan di Indonesia. Namun, di beberapa supermarket buah sudah ada kok. Buah ini memiliki 5x kandungan vitamin C brokoli. Mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam tubuh, serta mencegah penularan virus lewat udara.
Grapefruit
Buah ini mirip seperti jeruk, hanya saja ukurannya lebih besar dan warna dagingnya lebih merah. Kaya kandungan vitamin C, serta mengandung zat yang disebut limonoids yang berfungsi menurunkan kolesterol. Warna merah di dalam daging buahnya merupakan sumber nutrisi terbaik untuk mengatasi kanker.
Kandungan vitamin C secara keseluruhan mampu meningkatkan sistem immune tubuh.
Pisang
Kaya kandungan vitamin B6, si buah pisang ini selain mampu membantu mengatasi flu juga membantu mengurangi stress, depresi dan insomnia. Karena kandungan magnesiumnya yang juga tinggi, pisang membantu memperkuat tulang. Potassium sendiri membantu mencegah penyakit jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.
Sekarang, Anda bisa mengatasi flu yang mengganggu dengan cara yang menyenangkan dan nikmat bukan? Yuk masukkan buah-buahan tersebut dalam list belanja Anda.

(vem/bee)

0 komentar:

Posting Komentar