Minggu, 05 April 2015

Manfaat Buah

31 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Baik buah naga merah ataupun buah naga putih sama-sama memberikan dampak yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin akan menambah kekebalan tubuh dan memberikan zat serta vitamin lain yang bermanfaat bagi tubuh kita.
Manfaat dan kandungan buah naga sangat baik untuk berbagai macam hal dan pemenuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Ada sekitar 10 manfaat buah naga ini yang akan kita pelajari lebih lanjut, manfaat buah ini sangat banyak jika dikonsumsi secara rutin maka akan membawa efek positif bagi tubuh.
Sebelum membahas manfaat buah naga ini, ada baiknya kita mengetahui kandungan gizi buah naga.
Tabel Kandungan Gizi Buah Naga
Gizi
Jumlah/100 gram
% AKG harian
keterangan
Air
 87 g
NA
Sangat kaya akan air
Protein
1.1 g
2.1 %
Lemak
 0.4 g
NA
Praktis tidak ada lemak
Karbohidrat
 11.0 g
3.4 %
Serat
 3 g
12 %
Sumber serat yang cukup tinggi
Vitamin B1 (Thiamine)
0.04 mg
2.7 %
Vitamin B2 (Riboflavin)
0.05 mg
2.9 %
Vitamin B3 (Niacin)
0.16 mg
0.8 %
Vitamin C (Ascorbic Acid)
20.5 mg
34.2 %
Mengandung 3x lebih banyak dari wortel
Kalsium (Ca)
8.5 mg
0.9 %
Besi (Fe)
1.9 mg
10.6 %
Sumber besi yang cukup baik

Manfaat Buah Naga

Manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh memang sangat beragam, mulai dari manfaat yang sederhana sampai dengan manfaat yang penting dan tidak kita ketahui secara luas. Berikut adalah beberapa manfaat buah ini untuk tubuh kita.
1. Menurunkan Berat Badan & Diet
Bagi anda yang telah mencoba berbagai hal dalam menurunkan berat badan sebaiknya mulai menyetok buah naga di dalam kulkas anda. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengisi perut dengan makanan kaya serat rendah kalori yang tidak membuat perut melar. Salah satunya adalah dengan konsumsi buah naga, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung banyak air yang akan membuat pencernaan menjadi lancar.
Manfaat buah/makanan untuk diet ? Coba-ini


7 Manfaat Tersembunyi Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Anda
Kurma merupakan salah satu buah yang tidak asing terdengar di telinga dan lidah setiap setiap orang. Kesan pertama saat merasakan buah ini tentunya sangat manis dan lezat untuk dinikmati setiap saat. Bagi umat muslim, buah kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika tiba waktu berbuka puasa selain air putih. Warna buah yang sebagian besar coklat kehitaman akan mengundang setiap orang untuk mencicipi buah bulat lonjong tersebut. Namun, selain nikmat untuk dimakan, buah kurma memiliki berbagai manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh seseorang. Lalu, apa saja manfaat tersembunyi kurma bagi kesehatan tubuh tersebut....???

       Sahabat, tips kesehatan. Buah kurma sangat mudah didapatkan di pasar atau tempat perbelanjaan yang lebih besar. Sehingga kita tidak perlu membelinya diluar negeri khususnya didaerah penghasil kurma sepert Arab Saudi dan negara lainnya. Karena kurma termasuk buah-buahan, maka tak mengherankan kurma juga bermanfaat besar untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tips kesehatan kali ini akan memaparkan berbagai manfaat tersembunyi dari buah kurma tersebut. Berikut ini 7 manfaat tersembunyi kurma bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Nutrisi Lengkap Untuk Tulang Anda. Seiring bertambahnya usia, kepadatan dan kekuatan tulang seseoran juga akan menurun. Kurma mengandung sumber mineral serta selenium, magnesium, mangan serta tembaga, kelima zat tersebut merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang serta mampu melawan pengeroposan tulang atau osteoporosis.
  2. Penambah Energi Yang Cepat. Di Akhir Aktivitas pekerjaan yang dilakukan seseorang, rasa letih, lesu, capek tentu menjadi masalah yang sering dialami semua orang. Kurma mengandung kadar gula alami yang cukup tinggi (glukosa, sukrosa dan fruktosa) yang bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh yang terkuras saat beraktivitas padat.
  3. Penangkal Anemia Yang Efektif. Buah Kurma mengandung sejumlah besar zat besi didalam buahnya. Jadi, sangat baik bagi mereka yang sering terkena gejala anemia atau kurang darah dalam kehidupannya.
  4. Menyehatkan Sistem Pencernaan. Kurma mengandung sejumlah serat larut dan asam amino yang bermanfaat membantu proses pencernaan makanan berlangsung lebih baik dan efisien. Sehingga mampu meringankan kerja sistem pencernaan seseorang.
  5. Mengatasi Sembelit Dengan Mudah. Selama ini gejala susah buang air besar atau sembelit menjadi masalahserius bagi sebagian orang. Kurma mengandung sejumlah besar serat yang dapat meringankan dan mengatasi sembelit yang anda secara alami.
  6. Mengoptimalkan Kerja Otak Anda. Kurma menjadi salah satu makanan terbaik untuk organ otak anda. Ini dikareakan, kurma mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan kesehatan dan kecepatan berpikir otak anda.
  7. Jantung Yang Lebih Terjaga Kesehatannya. Kurma mengandung sejumlah besar potasium yang berfungsi membantu menghindarkan seseorang dari resiko serangan stroke serta berbagai penyakit jantung lainnya.
 Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 manfaat tersembunyi kurma bagi kesehatan tubuh anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua. 
Sumber : organicfacts, http://intips-kesehatan.blogspot.com


Inilah Manfaat Jeruk

Jeruk merupakan buah yang sangat di sukai oleh semua orang dari kalangan anak-anak sampai dewasa. Dari rasanya yang sebagian besar manis itulah yang menarik lidah setiap orang untuk merasakan buah jeruk tersebut. Sudah menjadi rahasia umum, kalau jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik untuk tubuh kita. Lalu, apa saja manfaat buah jeruk bagi kesehatan tersebut...???

     Sahabat, Tips Kesehatan. Kandungan buah jeruk sangat baik untuk menjaga dan melindungi tubuh kita dari beberapa penyakit yang sangat berbahaya yang dapat menyerang tubuh. Oleh karena itulah, mengkonsumsi buah jeruk sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh anda. Tips kesehatan kali ini akan mengetengahkan sebuah artikel yang berkaitan dengan manfaat jeruk bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini 7 manfaat buah jeruk bagi kesehatan anda :
  1. Manfaat pertama yaitu jeruk sangat baik untuk mencegah penyakit kanker seperti kanker kulit, payudara, paru-paru, mulut dan usus besar. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung D-limonene yang merupakan senyawa yang sangat baik untuk mencegah berbagai kanker tersebut.
  2. Bagi anda yang bermasalah dengan kadar kolersterol yang tinggi, maka mengkonsumsi jeruk merupakan salah satu solusi yang dapat anda ambil. Ini dikarenakan, buah jeruk mengandung Hesperidin dan Pectin. kedua zat tersebut sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. 
  3. Anda memiliki tekanan darah yang tinggi...??? Maka mengkonsumsi buah jeruk juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung Hesperidin dan magnesium yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi anda.
  4. Anda mengalami radang sendi atau kekakuan pada otot dan sendi anda....???. Maka mengkonsumsi buah jeruk merupakan alternatif yang dapat anda ambil. Ini dikarenakan buah jeruk terbukti dapat mengurangi radang pada sendi atau kekakuan pada otot dan sendi anda.
  5. Buah jeruk ternyata sangat baik untuk perkembangan otak anda. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung asam folat yang merupakan zat yang sangat baik untuk membantu perkembangan otak anda.
  6. Manfaat berikutnya yaitu, buah jeruk juga sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anda. Ini dikarenakan buah jeruk merupakan sumber vitamin C. Fungsi vitamin C yaitu merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh kita. Sehingga sangat baik dan dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kita.
  7. Buah jeruk juga mengandung zat antioksidan. Fungsi antioksidan yaitu dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas Sehingga anda akan tampak lebih awet muda.dengan rajin mengkonsumsi buah jeruk tersebut.
Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 manfaat buah jeruk bagi kesehatan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca tentang manfaat buah tersebut.
(Sumber : healthonlinezine), http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of zirconicusso at FreeDigitalPhotos.net 




7 Buah dan sayur pembangkit kekebalan tubuh


Merdeka.com - Musin hujan telah datang. Itu tandanya gangguan kesehatan ringan mulai menghantui Anda. Pilek, sakit kepala, demam, hingga sakit perut adalah masalah kesehatan yang banyak ditemui di musim hujan seperti saat ini.


Oleh karena itu sebelum Anda terkena penyakit ringan yang dapat mengganggu aktivitas Anda tersebut, tingkatkanlah kualitas kesehatan Anda. Selain istirahat cukup serta rajin berolahraga, Anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan sehat.



Berikut adalah buah dan sayur yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda seperti dilansir dari care2.com.



Ubi

Ubi adalah salah satu buah-buahan yang mengandung beta karoten. Beta karoten akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A adalah salah satu nutrisi terpenting untuk melawan penyakit.


Buah beri-berian

Buah beri-berian kaya akan vitamin E dan vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Jamur

Jamur adalah salah satu sayuran yang familiar dikonsumsi oleh para vegetarian. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam jamur baik untuk melawan penyakit karena mampu meningkatkan produksi sel darah putih.


Wortel

Sama seperti ubi, wortel juga mengandung beta karoten yang baik untuk menangkal serangan pilek dan flu.


Bawang putih

Bawang putih telah lama dikenal baik untuk menangkal penyakit. Sebuah penelitian menemukan bahwa bawang putih baik untuk menangkal beberapa gejala flu.


Kiwi

Buah kiwi merupakan sumber alami vitamin E, nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu vitamin E juga baik untuk melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri.


Bayam

Bayam selain sarat akan vitamin E juga sarat akan beta karoten, asam folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu bayam juga mengandung mineral seperti tembaga dan zat besi yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.


Sayur dan buah telah lama dikenal memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi masih menolak untuk mengonsumsi sayur dan buah?

[feb]


7 Manfaat Dahsyat Jagung Bagi Kesehatan 

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa menjadi makanan alternatif pengganti beras. Jagung termasuk salah satu jenis makana yang mudah dikenali dari bentuk fisiknya yaitu biji yang bewarna kuning dan berderet memanjang mengelilingi tongkolnya. Jagung bakar dan jagung rebus merupakan dua cara menjadikan jagung sangat nikmat untuk dimakan. Namun, disamping rasanya yang gurih dan nikmat, jagung menyimpan berbagai manfaat tersembunyi bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat dahsyat jagung bagi kesehatan tubuh tersebut...???

     Sahabat, tips kesehatan. Manusia membutuhkan energi untuk dapat beraktivitas, bekerja dan berpikir setiap hari. Untuk itulah, mengkonsumsi aneka makanan yang memiliki kandungan karbohidrat menjadi salah satu solusi terbaiknya. Beras, gandum dan jagung merupakana beberapa makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Khusus untuk jagung, makanan ini ternyata memiliki dan menyimpan berbagai nutrisi lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh anda. Berikut ini 7 manfaat dahsyat jagung bagi kesehatan tubuh anda : 
  1. Meningkatkan Kesehatan Organ Pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam jagung dapat membantu proses pencernaan makanan lebih lancar. Oleh karena itulah, berbagai masalah atau gangguan pencernaan seperti susah buang air besar tidak akan menyiksa anda lagi.
  2. Memperkuat Tulang Pada Tubuh Anda. Jagung ternyata mengandung nutrisi seperti magnesium, besi, tembaga serta fosfor. Berbagai nutrisi itulah yang dapat menutrisi tulang agar lebih kuat dan tidak mudah rapuh.
  3. Menjadikan Kulit Lebih Awet Muda. Antioksidan yang melimpah dalam jagung dapat membantu menutrisi seluruh jaringan kulit di tubuh anda. Jadi, bagi siapapnn yang berniat tampil fresh dan terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya, jagung bisa menjadi salah satu kuncinya.
  4. Menangkal Gejala Kurang Darah Atau Anemia. Kepala pusing merupakan salah satu indikasi bahwa seseorang terkena anemia. Jagung memiliki kandungan vitamin B serta asam folat yang berfungsi mencegah anemia yang cukup efektif.
  5. Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung Anda. Jagung menyimpan nutrisi seperti vitamin C, karotenoid serta bioflavonoid yang berperan dalam mengontrol kadar kolesterol didalam darah serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh anda.
  6. Menyehatkan Organ Penglihatan Anda. Jagung mengandung sumber beta karoten yang mana merupakan pembentuk vitamin A didalam tubuh anda. Jadi, konsumsilah jagung dengan batas yang normal untuk membantu  mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh organ mata anda.
  7. Pencegah Diabetes Yang Cukup Efektif. Kandungan fitokimia yang terdapat dalam biji jagung akan mengatur  penyerapan serta pelepasan hormon insulin didalam tubuh anda. Inilah yang menobatkan jagung sebagai salah satu makananan yang bergizi tinggi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh semua orang.
           Demikianlah tips kesehatan yang membahas khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


7 Manfaat Ajaib Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Sahabat, tips kesehatan. Alpukat merupan salah satu jenis buah yang telah dikenal oleh sebagian besar dari kita. Dengan tekstur daging buah yang lembut menjadikan buah ini mudah dikonsumsi dan sangat lezat di lidah. Tidak sedikit dari kita membuat jus dari buah yang satu ini. Namun, dibalik rasanya yang begitu enak, buah ini juga mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga, tak mengherankan banyak sekali manfaat ajaib dari buah alpukat tersebut. Lalu, apa saja manfaat ajaib dari buah alpukat tersebut...???

      Sumber serat yang cukup tinggi merupakan salah satu daya tarik untuk memulai menghindangkan buah alpukat dalam menu makanan harian anda. Dengan mencukupi kebutuhan serat yang diperlukan tubuh, maka sistem pencernaan akan lebih sehat sekaligus menghindarkan dari berbagai gangguan buang air besar seperti sembelit. Tips kesehatan kali ini akan mengulas berbagai manfaat ajaib alpukat bagi kesehatan yang akan menyadarkan pada pembaca, bahwa buah alpukat memiliki kandungan yang begitu luar biasa bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini 7 manfaat ajaib alpukat bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan organ jantung anda. Ini dikarenakan, buah alpukat mengandung sumber asam oleat tak jenuh tunggal, vitamin E, folat, kalium, pitosterol serta sumber serat penting. Semua nutrisi tersebut berperan besar terhadap kesehatan jantung yang terus meningkat.
  2. Alpukat juga menjadi nutrisi yang sangat lengkap untuk kulit anda. Ini dikarenakan, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega 9, sumber antioksidan, vitamin E, vitamin C serta kolagen. Semua nutrisi tersebut membantu menyehatkan kulit anda dari waktu ke waktu.
  3. Sangat Baik Untuk Program Penurunan Berat Badan. Ini dikarenakan, dengan mengkonsumsi buah alpukat akan membuat kondisi perut berada dalam keadaan kenyang yang lebih lama. Secara otomatis pula akan menekan nafsu makan berlebih yang anda miliki. 
  4. Bermanfaat Luar Biasa Untuk Mencegah Diabetes. Ini dikarenakan, kandungan lemak tak jenuh tunggal dan kalium dalam buah alpukat dapat meningkatkan fungsi kerja hormon insulin dan menetralkan kadar glukosa dalam darah anda.
  5. Berperan Besar Untuk Mengurangi Peradangan Pada Sendi Anda. Ini dikarenakan, buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, vitamin C serta pitosterol yang membantu mengurangi berbagai jenis peradangan pada tubuh anda.
  6. Meningkatkan Fungsi Imun Atau Kekebalan Pada Tubuh Anda. Ini dikarenakan, buah alpukat merupakan sumber vitamin C. Vitamin C akan membuat tubuh seseorang tidak mudah terserang penyakit musiman atau perubahan cuaca yang tidak menentu.
  7. Pencegah Stroke Yang Cukup Efektif. Ini dikarenakan, buah alpukat mengandung vitamin E yang berfungsi menurunkan oksidasi koleterol yang akan menghindarkan seseorang terkena stroke yang mematikan tersebut.
          Demikianlah tips kesehatan yang membahas khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


7 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Nanas menjadi salah satu buah yang sangat segar saat dikonsumsi pada cuaca yang sangat panas atau terik. Ini dikarenakan, buah ini memiliki kandungan air yang cukup melimpah pada daging buahnya. Selain itu, buah nanas juga memiliki rasa yang begitu khas saat disantap yaitu rasa manis dan asam yang menjadi satu. Sehingga tak mengherankan, buah nanas sangat cocok dijadikan salah satu jus yang begitu lezat rasanya. Disamping itu, buah nanas juga memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh tersebut....???

      Sahabat, tips kesehatan. Berbagai buah-buahan yang tumbuh di nusantara tercintaIndonesia memang cukup melimpah dan beraneka ragam seperti nanas, tomat, semangka, jeruk, apel, alpukat serta aneka buah lainnya. Semuanya sangat nikmat untuk dimakan serta memiliki berbagai manfaat nyata bagi kesehatan tubuh kita. Khusus untuk buah nanas, buah ini juga memiliki segudang manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan anda. Berikut ini 7 manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Buah Nanas Sangat Baik Untuk Menutrisi Organ Mata Anda. Ini dikarenakan, buah ini merupakan sumber vitamin A. Jadi, rutinlah untuk mengkonsumsi buah ini untuk penglihatan yang lebih baik dan jelas.
  2. Buah Ini Sangat Baik Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh. Ini dikarenakan, nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup significan. Jadi, rutin mengkonsumsi buah nanas akan membantu kesehatan tubuh tetap terjaga setiap hari.
  3. Menguatkan Tulang Tubuh Anda. Ini dikarenakan, buah ini kaya akan kandungan mineral dan mangan yang dibutuhkan oleh tulang anda. Sangat Dianjurkan untuk menghadirkan nanas di menu harian anda, untuk tulang yang lebih sehat dan kuat setiap waktu.
  4. Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung. Ini dikarenakan, buah nanas merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Manfaat antioksidan yaitu dapat menangkal berbagai radikal bebas yang berpotensi masuk ke tubuh dan membahayakan semua organ termasuk jatntung.
  5. Mencegah Penyakit Kanker Secara Alami. Ini dikarenakan, kandungan antioksidan yang melimpah dalam buah nanas dapat menangkal berbagai radikan bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kanker yang mematikan tersebut.
  6. Bermanfaat Sangat Besar Untuk Kesehatan Pencernaan Anda. Ini dikarenakan, buah nanas memiliki enzim bromelain, vitamin C serta sumber serat. Ketiga nutrisi itulah yang bermanfaat membantu kerja organ pencernaan lebih baik.
  7. Berperan Menyehatkan Gusi Anda. Dengan rutin mengkonsumsi buah nanas dapat membantu menjaga kesehatan gusi anda. Sehingga secara tidak langsung dapat membantu gigi menancap kuat pada gusi anda.
          Demikianlah tips kesehatan yang membahas khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


7 Manfaat Melon Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Melon merupakan salah satu buah berbentuk bulat dengan kulit dan daging buah yang bewarna kuning pucat. Buah ini mengandung air yang melimpah pada daging buahnya yang mana mirip dengan buah semangka. Melon sangat cocok dikonsumsi pada waktu siang hari dengan kondisi cuaca yang cukup panas. Sehingga bermanfaat menghilangkan rasa haus atau yang lebih dikenal dengan istilah dehidrasi. Selain itu, melon juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh tersebut...???

     Sahabat, tips kesehatan. Rutin mengkonsumsi aneka buah memliki manfaat yang begitu besar untuk peningkatan kesehatan tubuh. Buah- buahan memiliki aneka kandungan nutrisi dan vitamin yang terbilang lengkap. Anda tidak perlu membayangkan membeli buah yang begitu mahal untuk mendapatkan berbagai manfaatnya. Ini dikarenakan, berbagai buah-buahan baik itu yang murah ataupun mahal juga memiliki aneka kandungan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kali ini tips kesehatan akan mengulas berbagai manfaat yang dapat kita peroleh dari buah melon tersebut. Berikut ini 7 manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh anda : 
  1. Menyediakan Nutrisi Yang Dibutuhkah Oleh Tulang Dan Gigi Anda. Ini dikarenakan, buah melon merupakan salah satu buah dengan sumber vitamin C yang cukup besar. Vitamin C inilah yang turut membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.
  2. Nutrisi Untuk Organ Penglihatan (Mata) Anda. Ini dikarenakan, buah melon memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Jadi, rutin mengkonsumsi buah melon akan dapat membantu mempertajam daya lihat mata anda.
  3. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung Anda. Kandungan kalium yang terdapat dalam buah melon dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mampu mengurangi berbagai dampak dari berbagai makanan bernatrium tinggi yang tak sengaja dikonsumsi yang mana akan memperburuk kesehatan organ jantung anda.
  4. Penangkal Penyakit Kanker Yang Alami. Buah melon juga termasuk buah-buahan yang memiliki kandungan likopen yang tinggi. Likopen pada buah melon inilah yang akan membantu menangkal penyakit kanker yang bisa membahayakan jiwa anda.
  5. Nutrisi Yang Tepat Untuk Kulit Anda. Buah melon kaya akan kandungan kolagen yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit tubuh anda. Kolagen pada buah melon akan membuat kulit senantiasa terjaga kesehatannya serta lebih halus dan selalu kencang.
  6. Membantu Memperlancar Organ Pencernaan. Kandungan air dan serat yang cukup tinggi di dalam buah melon akan menyehatkan organ pencernaan serta akan menghindarkan dari sembelit atau gejala buang air besar yang sulit.
  7. Pencegah Stroke Yang Cukup Efektif. Kandugan adenosin dalam buah melon dapat membantu mengatasi dan bahkan menghentikan penggumpalan pada sel - sel darah yang merupakan penyebab awal dari gejala stroke tersebut.
      Demikianlah tips kesehatan yang membahas khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


7 Manfaat Unik Mangga Bagi Kesehatan Tubuh 

Buah mangga merupakan buah yang memiliki rasa manis dan asam pada daging buahnya. Mayoritas warna buah ini bewarna hijau tua saat mentah maupun saat matang. Di saat lagi musimnya, tentu anda tidaklah sulit untuk mendapatkan buah yang satu ini. Buah ini sangat nikmat dirujak ketika mentah dan berasa manis saat matang atau masak. Namun selain enak rasanya, buah mangga juga memiliki berbagai manfaat besar untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat unik mangga bagi kesehatan tubuh anda...???
      Sahabat, tips kesehatan. Mangga merupakan salah satu buah kaya manfaat di jajaran buah-buahan yang sudah di kenal oleh semua orang. Oleh karena itulah, mangga seharusnya menjadi makanan yang harus dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian anda. Mangga mengandung vitamin C, A, B6, serat, tembaga, kalium serta magnesium. Maka, tak mengherankan buah ini berperan penting dalam pemenuhan nutrisi bagi tubuh semua orang. Tips kesehatan kali ini akan mengulas berbagai manfaat mangga bagi kesehatan tubuh. Berikut ini 7 manfaat unik mangga bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Penangkal Aneka Jenis Kanker. Kanker menjadi salah satu penyakit pembunuh terbesar bagi umat manusia. Mengkonsumsi buah mangga dapat membantu tubuh menangkal berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, payudara serta prostat. Ini dikarenakan, buah mangga mengandung senyawa penting yaitu quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat serta methilgallat.
  2. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat. Membiarkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh terus meningkat tentu berdampak buruk bagi tubuh. Solusinya yaitu dengan menyediakan buah mangga di daftar menu makanan anda. Kandungan serat yang cukup tinggi, pectin serta vitamin C dalam mangga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.
  3. Menutrisi Organ Mata Anda. Memiliki penglihatan yang lebih baik dan super jelas tentu impian semua orang termasuk anda. Kandungan vitamin A yang cukup melimpah dalam mangga sangat baik untuk indera penglihatan anda.
  4. Melindungi Organ Pencernaan Anda. Mangga merupakan salah buah yang kaya akan serat alami. Serat alami inilah yang mampu melindungi dan menyehatkan organ-organ pencernaan seseorang.
  5. Peningkat Sistem Imun Tubuh Anda. Perubahan musim serta cuaca yang tidak menentu menyebabkan tubuh mudah terserang berbagai penyakit. Kandungan vitamin C, A serta 25 jenis karotenoid menjadikan mangga sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.
  6. Nutrisi Sempurna Untuk Kulit Anda. Ini dikarenakan dengan mengkonsumsi buah ini, maka berbagai kotoran yang menyumbat pori-pori kulit akan hilang serta membantu menghilangkan masalah kulit seperti jerawat.
  7. Penurun Berat Badan Yang Alami. Dengan mulai mengkonsumsi mangga  yang kaya akan vitamin dan nutrisi akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Sehingga menurunkan nafsu makan berlebih anda.
          Demikianlah tips kesehatan yang membahas khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net

Mangga merupakan buah musiman yang jamak ditemui di Indonesia. Bahkan bisa dibilang bahwa banyak orang Indonesia yang menjadikan mangga sebagai buah favoritnya. Rasanya yang manis, sedikit asam, serta menyegarkan adalah ciri khas mangga. Tak hanya itu saja, ternyata buah ini memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh seperti dilansir dari healthmeup.com.

  • Mangga dikemas dengan vitamin A dan vitamin C dan kalium, kalsium dan fosfor. Mangga tinggi akan serat dan antioksidan. Mangga juga bisa mengobati asam lambung dan gangguan pencernaan karena enzim tertentu yang ditemukan dalam buah mangga mampu menenangkan perut.
  • Mangga mengandung banyak pektin dan vitamin C, yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah. Mangga kaya akan kalium yang membantu dalam mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Senyawa antioksidan yang hadir dalam mangga dapat menghindarkan Anda dari kanker usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Mangga juga memiliki efek yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mempertajam penglihatan.
  • Mangga juga dapat membantu meremajakan sel-sel dan membersihkan darah, sehingga mencerahkan kulit Anda. Konsumsi rutin mangga juga dapat mengurangi bintik-bintik gelap, noda dan jerawat serta meremajakan dan menghidupkan kembali kulit Anda.
  • Mangga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit karena mengandung sejumlah besar tembaga, selenium, seng dan kalium yang penting untuk tubuh yang sehat.
  • Mangga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo dengan mencampur satu sendok teh bubur mangga dengan setengah sendok teh susu dan madu. Oleskan campuran ini pada komedo dan gosok secara perlahan. Diamkan selama sekitar 30 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.
  • Mangga juga dapat menunda penuaan dan pigmentasi, karena melindungi kulit terhadap radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker kulit. Selain itu, mangga mengandung banyak vitamin C sehingga dapat membantu mencegah jerawat.

Itulah segudang manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga Anda mendapatkan manfaat sehatnya!


7 Keistimewaan Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh semua orang. Buah ini mudah ditemukan di daerah pedesaan maupun di pasar tradisional dan modern. Harganya yang relatif murah, menjadikan buah tersebut dapat dinikmati oleh semua orang di berbagai kelas sosial yang berbeda. Buah ini sangat lezat untuk dimakan saat daging buahnya sudah masak atau matang. Dengan tekstur daging yang lembut dan rasanya yang manis, anak kecil pun sangat menyukai buah ini. Buah pepaya juga memiliki keistimewaan untuk kesehatan tubuh anda. lalu, apa saja keistimewaan buah pepaya bagi kesehatan tubuh anda...???

     Sahabat, tips kesehatan. Buah pepaya juga dikenal dengan nama kates (dalam bahasa jawa). Buah ini banyak di temukan pada daerah-daerah yang beriklim tropis. Sebagian besar buah ini berbentuk lonjong memanjang yang bisa mencapai ukuran 20 inci. Terkait dengan kandungan gizinya, buah pepaya termasuk salah satu buah bernutrisi lengkap.Vitamin A, C, K, E, folat, potassium, dan serat merupakan kandungan nutrisi dalam buah pepaya tersebut. Tips kesehatan akan mengulas berbagai keistimewaan buah pepaya terkait berbagai kandungan gizi dalam buah tersebut. Berikut ini 7 keistimewaan pepaya bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Penangkal Penyakit Jantung. Memiliki jantung yang sehat menjadi impian semua orang. Dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya akan membantu membuat organ jantung lebih sehat dan terhindar dari resiko penyakit pada jantung.
  2. Pencernaan Yang Lebih Sehat Dan Terjaga. Organ pencernaan memiliki peranan begitu penting dalam hal mengolah dan mendistribusikan berbagai nutrisi makanan ke seluruh tubuh. Kandungan serat, vitamin A, C, E serta beta-karoten di dalam pepaya berfungsi untuk menyehatkan organ pencernaan dan mampu meminimalisir penyakit kanker pada usus besar anda. 
  3. Penglihatan Yang Lebih Baik. Selama ini, mungkin wortel di anggap salah satu makanan terbaik untuk mendukung kesehatan mata. Namun, faktanya, pepaya juga sangat baik untuk organ mata anda. Ini dikarenakan, pepaya memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi pula.
  4. Mencegah Kanker Prostat Pada Pria. Bagi para pria yang ingin terhindar dari jenis kanker prostat, mulailah untuk mengkonsumsi buah bulat lonjong tersebut. Karena buah pepaya mengandung likopen yang berfungsi menghindarkan dari penyakit kanker prostat pada pria.
  5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam pepaya dapat membantu menjaga dan meningkatkan sistem imun yang dimiliki oleh seseorang. Sehingga, tubuh tidak mudah sakit meskipun kondisi cuaca sering berubah secarat tak menentu.
  6. Melancarkan Buang Air Besar. Dengan menyediakan buah pepaya sebagai menu makanan anda sehari-hari, maka masalah sembelit atau susah buang air besar tidak akan di jumpai atau diderita oleh anda.
  7. Pelindung Dari Berbagai Radikal Bebas. Udara yang kita hirups setiap hari sudah tercampur dengan berbagai zat radikal bebas yang bisa menurunkan dan membahayakan kesehatan tubuh seseorang. Dengan mengkonsumsi buah pepaya mampu melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas yang berbahaya tersebut.
       Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 keistimewaan pepaya bagi kesehatan tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


Inilah 7 Manfaat Dahsyat Rambutan Bagi Tubuh Anda

"Si kecil yang kaya manfaat", mungkin itulah penggambaran buah rambutan tersebut. Hampir semua orang mungkin sudah merasakan betapa manisnya buah merah yang berukuran mini ini. Saat lagi musimnya, buah ini akan mudah ditemui atau didapatkan dipinggir jalan atau di berbagai pasar tradisional dan modern. Harganya yang relatif terjangkau, menjadikan buah ini favorit di berbagai lapisan masyarakat indonesia. Tapi tahukah anda, disamping rasanya yang manis dan asam, buah ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat dahsyat rambutan bagi tubuh tersebut...???

     Sahabat, tips kesehatan. Buah rambutan yang juga memiliki nama ilmiah Nephelium Laapaceum, merupakan salah satu jajaran dari berbagai buah - buahan yang berperan besar untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda. Buah rambutan ini mudah dikenali dari bentuk buahnya yang kecil dengan warna merah menyala serta dengan adanya serabut yang menyerupai rambut yang memenuhi kulit buahnya. Pada pembahasan kali ini, tips kesehatan akan mengulas berbagai manfaat rambutan yang berkaitan dengan bidang kesehatan itu sendiri. Tips kesehatan, berikut ini manfaat dahsyat rambutan untuk Tubuh anda :
  1. Mendongkrak Energi Tubuh Anda. Bagi anda yang mudah capek dalam berbagai rutinitas pekerjaan, mengkonsumsi buah rambutan dapat meningkatkan energi dengan cepat. Ini dikarenakan, buah rambutan mengandung sejumlah karbohidrat dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh anda.
  2. Menjaga Tubuh Dari Berbagai Radikal Bebas. Udara yang kita hirup tiap detik juga membawa zat-zat berbahaya yang bernama radikal bebas. Buah rambutan mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga dan melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas tersebut.
  3. Penurun Berat Badan Yang Efektif. Buah rambutan mengandung sumber serat dan air. Sehingga mengenyangkan tubuh dan membuat anda tidak mudah lapar dalam waktu yang relatif lama.
  4. Penangkal Anemia Yang Ampuh. Sumber zat besi dalam buah rambutan dapat menghindarkan dari rasa pusing serta membuat seseorang tidak mudah lelah dengan aktivitas kerja yang begitu padat.
  5. Pencegah Kanker Yang Ampuh. Asam Gallic yang terkandung didalam buah rambutan dapat menghancurkan berbagai radikal bebas yang berada didalam tubuh yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit kanker.
  6. Menguatkan Sistem Imun Tubuh. Kandungan tembaga didalam buah rambutan bermanfaat besar dalam pembuatan sel darah putih. Sel darah putih inilah yang bertugas melawan berbagai virus, kuman serta bakteri yang membahayakan tubuh anda.
  7. Organ Ginjal Yang Lebih Sehat. Kandungan fosfor dalam buah rambutan berperan nyata untuk menghilangkan berbagai limbah yang terkonsentarasi didalam organ ginjal anda.
             Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 alasan ruangan ber-AC buruk bagi kesehatan tubuh anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. 
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


7 Manfaat Dahsyat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Tomat merupakan salah satu buah yang identik dengan warnanya yang merah menyala. Semua orang tentu sudah tidak asing dengan buah merah yang satu ini. Buah tomat dapat dimakan secara langsung maupun ditambahkan pada aneka masakan favorit seluruh keluarga. Karena tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan, maka tak mengherankan jika buah tersebut mengandung berbagai nutrisi yang juga diperlukan oleh tubuh anda. Mungkin tak pernah anda sadari, buah tomat memiliki manfaat yang begitu dahsyat bagi tubuh. Lalu, apa saja manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh tersebut....???

      Sahabat, tips kesehatan. Tomat merupakan salah satu buah yang relatif murah meriah dalam hal harganya dipasaran. Sehingga tak mengherankan, tomat selalu ada di dapur ataupun kulkas anda. Meskipun begitu, banyak sekali kandungan nutrisi dalam buah merah menyala tersebut. Berdasarkan faktanya, buah ini merupakan sumber vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol. Inilah yang menjadikan tomat menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi sehari-hari. Berdasarkan berbagai kandungan nutrisinya, tips kesehatan akan mengupas berbagai manfaat tomat bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini 7 manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Melancarkan dan Menyehatkan Sistem Pencernaan. Salah satu kelebihan tomat yaitu merupakan sumber serat yang diperlukan oleh tubuh anda. Sehingga, bagi siapapun yang menginginkan sistem pencernaan tetap sehat dan lancar, mulailah dengan mengkonsumsi buah merah tersebut.
  2. Melindungi kulit wajah dan Kulit Tubuh. Ini dikarenakan, tomat merupakan sumber likopen. Kandungan likopen dalam tomat berfungsi untuk mencegah kerusakanan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dari matahari.
  3. Memperkuat Tulang Pada Tubuh. Ini dikarenakan, buah tersebut merupakan sumber vitamin K yang mampu mencegah mengeroposnya tulang atau lebih dikenal dengan istilah osteoporosis.
  4. Pencegah Kanker Yang Lebih Efektif. Bagi anda yang ingin terhindar dari berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, mulut, tenggorokan, lambung, usus besar, dan kanker ovarium, mulailah rutin untuk mengkonsumsi buah tomat tersebut.Karena kandungan likopen dalam tomat sangat ampuh mencegah berbagai kanker tersebut.
  5. Pencegah Diabetes Secara Alami. Kandungan kromium dalam buah tomat mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh anda. Sehingga lebih stabil dan tidak membahayakan kesehatan tubuh anda.
  6. Menajamkan Penglihatan Anda. Sumber vitamin A dalam tomat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta mampu menajamkan daya lihat organ mata seseorang terhadap berbagai benda di sekitarnya.
  7. Memperkuat dan Memperindah Mahkota Kepala Anda. Sumber vitamin A dalam tomat mampu menyehatkan rambut serta memperkuat rambut dari ujung hingga akarnya.
               Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 alasan ruangan ber-AC buruk bagi kesehatan tubuh anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. 
Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



7 Manfaat Dahsyat Durian Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Durian merupakan salah satu buah yang nikmat dan difavoritkan bagi sebagian orang. Apakah anda salah satu penyuka buah yang memiliki duri pada kulit buahnya tersebut...???, Aroma atau bau menyengat pada durian menyebabkan sebagian orang enggan untuk mulai mendekat atau bahkan mencicipi daging buah tersebut. Sebagian besar rasa daging buah durian adalah manis khas durian. Mulai mengonsumsi buah durian dengan tidak berlebihan sangat bermanfaat besar untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh yang anda mililki. Ini dikarenakan, berbagai manfaat dapat diperoleh saat makan durian tersebut. Lalu, apa saja manfaat dahsyat durian bagi kesehatan tubuh tersebut...???

           Sahabat, tips kesehatan. Buah durian juga dikenal sebagai king of fruit (raja dari segala buah-buahan). Menganugerahkan durian sebagai rajanya dari segala buah-buahan tentu tidak akan mengherankan jika menililk berbagai nutrisi dan manfaat yang dapat diperoleh dari durian tersebut.  Durian mengandung nutrisi berupa karbohidrat, protein, serat, vitamin B1, B2, vitamin C, kalsium, kalium serta fosfor yang sangat tinggi. Berbagai nutrisi itulah yang dapat membantu menjaga dan mempertahankan tubuh tetap sehat dan fit sepanjang hari. Untuk mengetahui berbagai manfaat detail durian bagi kesehatan tubuh, tips kesehatan akan menyajikannya secara lengkap pada bahasan kali ini, Berikut ini, 7 manfaat dahsyat durian bagi kesehatan tubuh anda : 
  1. Menutrisi Tubuh Agar Tidak Mudah Capek. Dalam 100 gram buah durian mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebesar 21 persen. Sehingga buah durian dapat menambah energi tubuh secara instan, disaat aktivitas atau pekerjaan yang relaif padat.
  2. Penangkal Depresi Secara Lebih Alami. Buah durian mengandung vitamin B6 yang memiliki peran untuk memproduksi serotonin. Serotoni inilah yang akan berperan menangkal depresi yang menimpa anda.
  3. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Bagi Tulang Dan Gigi Anda. Buah durian mengandung kalsium, kalium serta vitamin B1 dan B2 yang dapat menyuplai berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dang gigi anda. 
  4. Membuat Kulit Lebih Awet Muda. Buah durian mengandung sumber vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C inilah yang dapat menangkal berbagai radikal bebas dan memperlambat proses penuaan pada kulit anda.
  5. Organ Pencernaan Akan Terjaga Kesehatannya. Buah durian mengandung serat yang cukup tinggi, kandungan serat inilah yang dapat membantu kerja organ pencernaan dapat bekerja lebih optimal. Sehingga, berbagai masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar bukan menjadi masalah lagi bagi anda.
  6. Membantu Menjaga Kadar Gula Dalam Darah. Buah durian mengandung mangan yang mana berperan dalam mengontrol kadar gula dalam darah tetap normal. 
  7. Mengatasi Gejala Anemia Secara Efektif. Buah durian mengandung folat, tembaga serta xat besi yang berperan penting dalam mengatasi gejala anemia atau kurang darah yang menimpa anda.
              Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 sarang kuman yang sering di sentuh tangan anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



7 Manfaat Dahsyat Nangka Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Nangka merupakan salah satu nama buah yang sudah tidak asing bagi mayoritas masyarakat di Indonesia. Saat lagi musim buah nangka tentu tidak akan terasa sulit untuk mendapatkan buah yang satu ini di pasar tradisional maupun di pasar modern. Buah ini mudah dikenali dari bentuk fisiknya yaitu bewarna kekuning-kuningan saat telah masak dan berasa manis dengan daging buah yang kenyal dan tebal. Karena termasuk dalam buah-buahan, nangka tentunya mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Faktanya, buah nangka memang kaya akan berbagai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat dahsyat nangka bagi kesehatan tubuh tersebut....???

     Sahabat, tips kesehatan. Mengkonsumsi berbagai macam buah-buahan seharusnya menjadi salah satu gaya hidup sehat semua orang setiap hari. Anda tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk memulai kebiasaan sehat tersebut. Ini dikarenakan, berbagai buah-buahan di nusantara sangat beraneka raga jenisnya maupun harganya. Meski ada beberapa buah yang berharga relatif murah, namun berbagai manfaat terkait dengan kesehatan dapat juga dipeoleh. Salah satunya yaitu buah nangka. Buah ini kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, kalium, kalsium, besi, thiamin, niasin, riboflavin serta magnesium. Berikut ini 7 manfaat dahsyat nangka bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Peningkat Sistem Kekebalan Tubuh Yang Alami. Sumber Vitamin C yang melimpah dalam buah nangka dapat melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri yang mengancam kesehatan anda. Maka dari itulah, mulailah mengkonsumsi buah nangka untuk memperkuat sistem imun tubuh yang anda miliki.
  2. Penangkal Kanker Yang Sangat Efektif. Buah nangka ternyata mengandung berbagai nutrisi untuk mencegah penyakit kanker yang mematikan tersebut. Nutrisi yang dimaksud yaitu fitonutrien yang terdiri dari lignan, saponin serta isoflavon. Nutrisi tersebut berperan dalam hal melenyapkan berbagai radikal bebas penyebab kanker didalam tubuh.
  3. Pelindung Agar Organ Pencernaan Tetap Sehat. Daging buah yang identik bewarna kuning ini mengandung sumber serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi serat yang utama yaitu dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan serta menghindarkan dari gejala sembelit atau yang lebih dikenal dengan istilah susah buangair besar.
  4. Menutrisi Organ Penglihatan Atau Mata Anda.Nangka memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A ini merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh organ mata, agar selalu sehat dan tidak mudah terkenal berbagai gangguan atau masalah yang terkait dengan penglihatan itu sendiri.
  5. Penurun Tekanan Darah Tinggi Yang Ampuh. Buah ini ternyata mengandung nutrisi yang bernama kalium. Fungsi kalium yaitu menurunkan tekanan darah dan juga mengurangi resiko dari serangan jantung maupun stroke yang membahayakan jiwa tersebut.
  6. Perkuat Tulang Dan Mencegah Pengeroposan Tulang. Nangka mengandung magnesium dan kalsium, kedua nutrisi itulah yang dapat membantu mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang anda. Agar lebih kuat dan tidak mudah rapuh maupun patah.
  7. Pencegah Anemia Yang Sangat Baik. Buah nangka memilki kandungan zat besi yang akan membuat seseorang tidak mudah terkenal gejala kurang darah atau yang lebih dikenal dengan sebutan anemia.
Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 sarang kuman yang sering di sentuh tangan anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua. 

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



7 Manfaat Dahsyat Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh 
Belimbing merupakan salah satu buah yang memiliki bentuk yang sangat unik diantara buah yang lainnya. Starfruit yaitu nama belimbing dalam bahasa inggris. Menilik dari bentuh fisik buah belimbing memang mirip star atau bintang dengan warna buahnya kuning kehijau-hijaun. Rasa buah belimbing mampu menggetarkan lidah penikmatnya, karena rasa manis bercampur asam ketika dikunyah dan dirasakan oleh lidah. Seperti buah-buahan lainnya, belimbing juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat dahsyat belimbing bagi kesehatan tubuh tersebut....???
     Sahabat, tips kesehatan. Belimbing mungkin salah satu jenis buah yang jarang dikonsumsi oleh sebagian orang Indonesia. Beberapa alasan utamanya mungkin rasanya yang bisa menggetarkan lidah atau ketidak tahuan akan berbagai manfaat dari buah belimbing itu sendiri. Belimbing ternyata memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin B6, vitamin E, kalsium, potasium dan zat besi. Berbagai nutrisi yang telah disebutkan tentu berperan luar biasa untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh yang anda miliki. Berikut ini 7 manfaat dahsyat belimbing bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Penyembuh Dari Berbagai Penyakit. Berbagai penyakit yang dimaksud yaitu demam, bisul, sakit tenggorokan maupun batuk. Selain itu, belimbing juga sangat ampuh mencegah penyakit diabetes.
  2. Penangkal Berbagai Radikal Bebas Penyebab Kanker. Ini dikarenakan, belimbing merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan didalamnya.
  3. Menyehatkan Organ Pencernaan. Kandungan serat dalam buah belimbing mampu membantu kerja organ pencernaan lebih maksimal serta mencegah dari gangguan sembelit atau ganguan yang diakibatkan susah buang besar.
  4. Membantu Menurunkan Berat Badan Anda. Buah belimbing memiliki kandungan kalori sejumlah 30 kalori per buahnya. Jadi sangat baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, dengan menyediakan buah ini dalam menu makanan harian anda.
  5. Mencegah Penyakit Jantung Maupun Stroke. Berbagai kandunagan vitamin dalam belimbing yang telah disebutkan diatas dapat membantu untuk mencegah datangnya berbagai penyakit mematikan seperti jantung dan stroke.
  6. Pencegah Rambut Rontok Yang Efektif. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi dari buah belimbing dapat menutrisi setiap helai rambut dan menghindarkan dari gejala kerontokkan pada rambut kepala anda.
  7. Penangkal Datangnya Jerawat Maupun Kulit Berminyak. Ini dikarenakan, buah belimbing mengandung zinc yang berperan menangkal tumbuhnya jerawat pada kulit wajah anda.
              Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 sarang kuman yang sering di sentuh tangan anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



7 Manfaat Dahsyat Sawo Bagi Kesehatan Tubuh

Sawo merupakan salah satu nama buah dari berbagai macam buah yang telah kita kenal. Buah ini mudah dikenali dari bentuk fisiknya yaitu bulat lonjong atau oval dengan kulit buah yang bewarna coklat tua. Sawo merupakan salah satu buah yang terasa manis di lidah dengan biji yang bewarna hitam mengkilat didalamnya. Buah ini juga termasuk salah satu buah yang kaya akan serat. Kelebihan lain dari buah ini yaitu memiliki berbagai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat dahsyat sawo bagi kesehatan tubuh tersebut....???

       Sahabat, tips kesehatan. Buah sawo akan tumbuh subur pada daerah yang beriklim tropis. Sehingga tak mengherankan, buah ini akan tumbuh subur di negara Indonesia kita ini. Buah ini pertama kali ditemukan banyak tumbuh di Amerika Tengan khususnya didaerah Meksiko. Mulai menyediakan dan mengkonsumsi buah sawo di dalam menu makanan harian akan bermanfaat besar bagi kesehatan tubuh anda. Ini dikarenakan, buah sawo memiliki berbagai kandungan nutrisi yang lengkap. Berikut ini 7 manfaaat dahsyat sawo bagi kesehatan tubuh anda : 
  1. Mencukupi Nutrisi Organ Penglihatan. Buah sawo merupakan sumber vitamin A yang cukup melimpah. Vitamin A dalam buah sawo berperan dalam menutrisi mata. Sehingga organ mata akan selalu terjaga kesehatannya setiap waktu.
  2. Penangkal Kanker Yang Efektif Dan Alami. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam sawo seperti antioksidan, serat, vitamin A dan berbagai nutrisi lainnya sangat efektif mencegah kanker paru-paru serta kanker pada rongga mulut.
  3. Menutrisi Dan Menguatkan Tulang Anda. Buah sawo merupakan sumber kalsium, fosfor serta zat besi. Tiga kandungan nutrisi itulah yang dapat membantu menjaga dan membuat tulang tetap sehat seiring usia yang terus bertambah.
  4. Pencegah Sembelit Yang Cukup Ampuh. Ini dikarenakan, buah sawo  merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga, buah sawo sangat efektif melancarkan buang air besar atau pencegahan sembelit yang sangat baik.
  5. Menangkal Anemia Dengan Efektif. Ini dikarenakan, buah sawo mengandung folat dan zat besi yang mana kedua nutrisi tersebut dapat mencegah gejala anemia.
  6. Menutrisi Kulit Agar Tetap Sehat. Buah sawo memiliki kandungan vitamin A, C serta vitamin E. Ketiga nutrisi itulah yang dapat menyehatkan kulit serta membuat seseorang tampak lebih awet muda.
  7. Pencegah Batuk Yang Cukup Efektif. Ini dikarenakan, buah sawo akan membantu menghilangkan dahak serta lendir pada rongga hidung beserta saluran pernafasan anda.
          Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 sarang kuman yang sering di sentuh tangan anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



7 Tips Mudah Hilangkan Racun Di Dalam Tubuh Anda

Berbagai gaya hidup sehat dan makanan sehat yang dikonsumsi dapat meningkatkan kesehatan tubuh seseorang, namun dari berbagai gaya hidup yang tidak sehat serta aneka makanan yang dikonsumsi dapat pula mengakibatkan racun pada tubuh makin menumpuk. Hal ini tentu saja dapat membahayakan kesehatan seluruh organ dari tubuh anda. Oleh karena itulah, diperlukan cara-cara alami untuk mengeluarkan sekaligus menghilangkan racun pada tubuh tersebut. Lalu, apa saja tips mudah untuk menghilangkan racun pada tubuh tersebut....???

         Sahabat, tips kesehatan. Debu halus yang beterbangan, berbagai asap dari kendaraan bermotor dan pabrik serta berbagai makanan yang tidak sehat merupakan beberapa pemicu makin menumpuknya racun pada tubuh anda. Jika tidak mendapatkan penanganan yang serius, tentu berbagai masalah dan gangguan kesehatan dapat muncul secara tiba-tiba dan mengancam jiwa anda. Ada berbagai tips yang relatif mudah dan murah yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan tumpukan racun dalam tubuh anda. Tips kesehatan, berikut ini 7 tips mudah hilangkan racun pada tubuh anda :
  1. Berkeringatlah. Berkeringat dapat membantu menghilangkan tumpukan racun pada tubuh dan kulit anda. Anda dapat melakukan latihan cardio seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda yang mana mampu membuat tubuh mengeluarkan keringat secara alami.
  2. Jangan Melupakan Air Putih. Air putih dapat membantu menghilangkan racun di tubuh melalui keringat dan urine yang dikeluarkan. Minum delapan gelas air putih dalam sehari sangat disarankan. Usahakan juga minum air putih 4 gelas setiap bangun dari tidur pada pagi hari.
  3. Secangkir Teh Setiap Harinya. Teh ternyata merupakan salah satu minuman yang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan dalam teh berperan untuk menangkal dan mencegah penumpukan radikal bebas yang masuk ke tubuh melaui udara yang dihirup.
  4. Konsumsi Buah Anggur. Anggur khsususnya anggur hijau ternyata sangat efektif menghilangka racun didalam tubuh anda. Selain itu, Anggur juga mengandung resveratrol yang dapat menangkal kanker kulit dari paparan sinar matahari yang membakar pada siang hari.
  5. Mulai Makan Wortel. Wortel merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, karena kandungan vitamin A yang terkandung didalamnya. Disamping itu, wortel juga berperan besar sebagai media pembersih dari tumpukan racun yang mengendap didalam tubuh seperti racun pada organ usus besar dan hati anda.
  6. Kurangi Konsumsi Gula Setiap Harinya. Disamping dapat mengundang berbagai macam penyakit menyerang tubuh, gula juga berperan besar sebagai salah satu makananyang dapat meracuni tubuh anda seperti pemicu penyakit kanker, diabetes maupun jantung.
  7. Konsumsilah Buah Pepaya. Buah pepaya ternyata merupakan salah satu jenis buah yang sangat efektif sebagai pelindung tubuh dari berbagai radikal bebas yang tercampur dari udara yang kita hirup. Jadi, buah ini tentunya sangat efektif untuk mencegah makin menumpuknya racun didalam tubuh.
      Demikianlah tips kesehatan yang membahas khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 


Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



7 Manfaat Mengejutkan Anggur Yang Tak Pernah Di Duga
Anggur merupakan salah satu jenis buah-buahan yang nikmat dan lezat dikonsumsi setiap orang. Disamping itu, buah ini mudah didapatkan meskipun dengan harga yang relatif mahal bagi sebagian masyarakat kita. Anggur ini dapat tumbuh subur pada musim kemarau atau pada tempat-tempat yang memiliki intensitas curah hujan yang rendah. Manfaat anggur bagi kesehatan sebenarnya sangat luar biasa, namun ketidaktahuan akan khasiatnya. menjadikan buah anggur belum menjadi salah satu bua favorit kita. Lalu, apa saja manfaat mengejutkan anggur yang tak pernah diduga tersebut...???
      Sahabat, tips kesehatan. Mengkonsumsi buah-buahan merupakan salah satu pola hidup sehat yang dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi tidak akan ada ruginya menyisihkan sebagian penghasilan bulanan untuk membeli aneka jenis buah atau mengisi lemari es dengan buah-buahan khususnya anggur. Ada berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari buah anggur untuk meningkatkan kesehatan tubuh seseorang Tips kesehatan, berikut ini manfaat mengejutkan buah anggur yang tak pernah di duga :
  1. Melindungi Organ Jantung Anda. Buah anggur mengandung resveratrol yang berfungsi untuk menurunkan resiko serangan jantung yang dapat menyerang anda sewaktu-waktu. Disamping itu, resveratrol dapat berperan meningkatkan pelebaran pada pembuluh darah. Sehingga darah dapat mudah mengalir lancar keseluruh organ tubuh anda.
  2. Terhindar Dari Kanker Kulit. Aktivitas maupun pekerjaan kadang memaksa tubuh harus terpapar sinar matahari dalam waktu yang relatif lama. Sinar UVB yang berasal dari matahari akan beresikon menyebabkan kanker pada kulit. Kandungan resveratrol pada anggur dapat melindungi kulit dari bahaya kanker kulit.
  3. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Pada Otak. Resveratrol yang terkandung dalam buah anggur dapat membantu meningkatkan aliran darah yang menuju ke otak. Sehingga kemampuan berpikir dan bertindak pada diri seseorang akan lebih cepat.
  4. Efektif Dalam Melawan Diabetes. Mengkonsumsi buah anggur yang kaya resveratrol mampu menurunkan kadar gula dalam darah sebesar 10 persen. Kabar baik tentunya bagi yang ingin terhindar dari penyakit diabetes.
  5. Menurunkan Kadar Kolesterol Anda. Ini dikarenakan, buah anggur mengandung pterostibene yaitu senyawa yang berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda.
  6. Penangkal Penyakit Asma. Dengan rutin mengkonsumsi buah anggur dapat menghindarkan serta mengobati asma dengan cara yang sehat dan alami.
  7. Mempercepat Pemulihan Otot Secara Efektif. Bagi olahragawan maupun seseorang yang cukup sibuk tentu mengalami berbagai masalah pada ototnya. Buah anggur mengandung sumber antioksidan yang membantu pemulihan otot secara cepat dan lebih efektif sekaligus alami.
          Demikianlah tips kesehatan yang membahas khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



7 Manfaat Luar Biasa Buah Kelapa Bagi Tubuh Anda
Add caption

Buah kelapa merupakan buah yang sangat berguna untuk menunjang kehidupan seluruh umat manusia. Ini tidak mengherankan, karena semua bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk kehidupan kita sehari-hari. Daun buah kelapa dapat digunakan untuk membuat ketupat, Lidi dan seratnya kelapa dapat dibuat sapu, pelepah dan batangnya untuk kayu bakar serta buah dan kandunganair dalam buah kelapa sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh anda. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari buah kelapa untuk kesehatan tubuh seseorang. Lalu, apa saja manfaat luar biasa buah kelapa bagi kesehatan tubuh anda....???
     Sahabat, tips kesehatan. Pohon kelapa yang sudah kita kenal memiliki bentuk pohon yang menjulang tinggi ke angkasa dengan ketinggian tiga hingga lima meter. Pohon kelapa dapat tumbuh subur di sekitar pesisir pantai serta daerah yang beriklim tropis. Oleh karena itulah, pohon kelapa dapat mudah ditemukan di tanah air tercinta indonesia. Buah kelapa ternyata memiliki berbagai manfaat tak terduga bagi kesehatan tubuh seseorang. Oleh karena itulah, tips kesehatan tidak ketinggalan untuk mengulas berbagai manfaat buah kelapa tersebut. Berikut ini manfaat luar biasa buah kelapa bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Meningkatkan Sistem Imun Pada Tubuh. Dengan mengkonsumsi buah kelapa akan berdampak besar pada meningkatnya sistem imun atau kekebalan tubuh yang anda miliki. Sehingga tubuh tidak mudah terjangkit oleh berbagai jenis penyakit. Ini dikarenakan, buah kelapa bersifat antivirus, anti bakteri serta anti jamur.
  2. Tulang Yang Lebih Kuat. Buah kelapa mengandung sumber kalsium dan magnesium untuk kesehatan tulang anda. Maka dari itulah, untuk mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) yang menyerang kalangan dewasa dan remaja, mulailah mengkonsumsi buah kelapa tersebut.
  3. Jantung Yang Lebih Sehat. Kandungan lemak jenuh dalam minyak kelapa dapat mengurangi potensi penumpukan lemak dibagian arteri pada organ jantung anda.
  4. Terlihat Lebih Awet Muda Sepanjang Waktu. Minyak yang berasal dari buah kelapa bersifat antioksidan yang memiliki fungsi memperlambat proses penuaan dengan cara melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas yang sangat berbahaya yang tersebar di udara bebas.
  5. Sistem Pencernaan Tetap Sehat. Kandugan serat yang cukup tinggi dalam buah kelapa, menjadikan buah ini sangat baik untuk menjaga sistem dan organ pencernaan lebih sehat. Sehingga gangguan pencernaan serta gangguan buang air besar tidak akan anda temui lagi.
  6. Rambut Yang Lebih Sehat Dan Bersinar Alami. Rutin membasahi rambut dimalam hari dengnn minyak kelapa dan mencuci atau membilasnya pada keesokan harinya, akan mampu meningkatkan kesehatan rambut di kulit kepala anda.
  7. Gigi Yang Lebih Kuat. Ini dikarenakan, buah kelapa memiliki kandungan kalsim serta magnesium yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh gigi agar lebih kuat dan sehat setiap waktu.
      Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 manfaat luar biasa buah kelapa bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 


Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


Manfaat Apel Untuk Diet dan Untuk Kesehatan

Manfaat apel sudah tersohor sabagai buah yang sangat membantu menjaga kesehatan dan bahkan untuk mecegah penyakit, tentu juga ampuh untuk diet. Siapa yang tidak suka apel? Buah cantik ini banyak dikonsumsi untuk membantu diet. Manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari sebuah apel, mari kita bahas satu per satu.
Manfaat Apel Untuk Diet
Manfaat apel untuk diet merupakan salah satu yang paling terkenal di jagad raya, termasuk di seluruh Indonesia. Bagaimana apel dapat membantu diet harian anda agar sukses ? Cara kerja apel untuk diet hampir sama denganmanfaat beras merah yaitu dengan kandungan seratnya yang sangat tinggi, buah ini membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung kita.
Lalu apa hubungannya ? ini akan sangat membantu agar asupan makanan/nafsu makan makanan berkalori tinggi dapat kita minimalisir. Ketika lambung telah terdapat glukosa, lambung merasakan lapar dan memerintahkan otak untuk mencari makanan.
Setelah makan rasa lapar otomatis hilang, dan disinilah peran serat apel untuk lebih lama bertahan dilambung dan membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung sehingga anda tidak akan merasa kelaparan. Tenang apel tidak memiliki kandungan lemak dan kaya serat jadi aman untuk diet dan usus.
Manfaat buah pir dan singkong  juga ampuh untuk diet ini jika anda tidak menyukai apel :).

Manfaat Apel Untuk Kesehatan

Tidak perlu diragukan kembali, manfaat apel untuk kesehatan juga tentunya sangat powerful dan melebihi yang bisa kita perkirakan. Apel memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, nah ini adalah beberapa manfaat apel yang menakjubkan untuk tubuh manusia.
1. Membantu kerja usus halus
Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Konsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus.
2. Mengurangi resiko gangguan pernapasan
Sebuah studi baru-baru ini  menunjukkan  bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit pernapasan. Selain itu wanita hamil yang dengan rutin mengkonsumsi jus apel juga efektif menekan gangguan pada pernafasan  anak dalam kandungannya.
3. Menyehatkan rongga mulut dan gigi
Ternyata apel juga memiliki fungsi loh untuk kesehatan mulut dan gigi, mengkonsumsi apel dengan langsung mengunyahnya akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu zat tanin yang terkandung pada apel, membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.
4. Memberikan perlindungan pada tulang
Kandunga flavonoid (phloridzin) merupakan manfaat apel yang mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan Boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Ini juga sangat baik bagi pencegahan timbulnya gejala penyakit rematik.
5. Mengkontrol gula darah
Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Maka dari itu, apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius.
6. Mencegah dan MengobatiKanker
Manfaat buah apel ini terdapat pada senyawa triterpenoids pada kulit apel, yang diidentifikasi pada sebuah penelitian Cornell University, diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar.
Selain itu, apel memiliki sejumlah zat yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, termasuk aktivitas antimutagenik, aktivitas antioksidan, mekanisme anti-inflamasi, antiproliferatif dan proses apoptosis-inducing yang diterbitkan pada jurnal Planta Medica.
7. Kesehatan Otak
Buah Apel telah terbukti dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegak stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer.
8. Mencegah Parkinson
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi lainnya mendapatkan manfaat dalam perlindungan terhadap penyakit Parkinson. Penyakit ini ditandai dengan gangguan memproduksi dopamin untuk sel-sel saraf otak. Para ilmuwan telah menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas.
9. Menurunkan Kolesterol
Bagi anda yang gemuk atau telah memiliki LDL yang tinggi sebaikanya beralih pada buah apel. Serat larut ditemukan dalam apel dapat mengikat lemak dalam usus, yang diterjemahkan dalam fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol.
10. Menurunkan Kolesterol
Bagi anda yang gemuk atau telah memiliki LDL yang tinggi sebaikanya beralih pada buah apel. Serat larut ditemukan dalam apel dapat mengikat lemak dalam usus, yang diterjemahkan dalam fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol.\
11. Menyehatkan Jantung
Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan bantuan serat larut yang ada pada apel.
12. Mencegah batu empedu
Batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu sehingga ia cenderung mengeras. Efek jangka pendeknya adalah sangat memungkinkan anda akan obesitas. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Apel sebagai salah satu buah super yang memiliki kandungan serat tinggi sangat baik untuk kesehatan.
13. Mengatasi Diare dan Sembelit
Apakah Anda tidak bisa pergi ke kamar mandi (sulit bab) atau tidak bisa berhenti (diare) ? Serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu mengatasi kedua masalah ini walaupun masing masing bertolak belakang. Serat baik dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen di dalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembeit. Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu anda dalam proses diare.
14. Detoksifikasi Hati
Detoksifikasi adalah salah satu fungsi untuk mengeluarkan racun dari hati. Setiap hari di zaman yang semakin maju kita tidak akan pernah terlepas dari konsumsi bahan mengandung ‘racun’ apakah itu dari minuman atau makanan. Fungsi hati bertanggung jawab untuk membersihkan racun ini dari dalam tubuh. Kandungan antioksidan dapat membantu mendetoksifikasi hati dari berbagai zat atau racun dalam tubuh.
15. Mencegah katarak
Untuk manfaat apel yang satu ini, meskipun penelitian sebelumnya belum terlalu meyakinkan mengenai manfaat apel untuk katarak. Namun studi jangka panjang baru-baru ini menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki pola makan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel 10 sampai 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan katarak.
16. Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh manusia
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketika pikiran sedang stres.
17. Mencegah wasir
Wasir merupakan terjadinya urat bengkak di area anal walau tidak berdampak pada kematian, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah bisa sangat menyakitkan. Wasir umumnya disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Serat dapat mengurangi mengejan terlalu ‘ekstrim’ saat pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu meringankan wasir.

Manfaat apel untuk kesehatan tubuh dan diet merupakan salah satu yang paling populer diantara buah-buahan lainnya. Sakin populernya bahan apel juga dijadikan cuka, produk ini laris manis karena manfaat cuka apel juga sangat ampuh untuk hipertensi dan penyakit genting lainnya.

Apel merupakan salah satu buah yang identik dengan warna kulit buah yang merah. Hampir semua orang tentu tak asing lagi dengan bentuk dan rasa apel itu sendiri. Buah ini banyak tersedia di pasar, supermarket atau tempat perbenlanjaan yang lebih besar. Karena di golongkan kedalam buah-buahan, maka apel tentunya mengandung berbagai nutrisi serta vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan tubuh seseorang. Untuk itulah, mulailah rutin mengkonsumsi buah ini, untuk menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit. Lalu, apa saja manfaat ajaib apel bagi kesehatan tubuh tersebut....???

    Sahabat, tips kesehatan. Berdasarkan Fakta yang telah teruji kebenarannya, berbagai buah-buahan memang mampu mencukupi kebutuhan berbagai nutrisi, vitamin serta serat yang dibutuhkan oleh tubuh, Tak mengherankan, masyarakat modern pada zaman sekarang selalu menyelingi berbagai macam buah dalam menu hariannya tak terkecuali dengan buah apel itu sendiri. Tips kesehatan kali ini akan mengungkap berbagai manfaat buah apel bagi tubuh anda. Berikut ini 7 manfaat ajaib apel bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Organ Jantung Lebih Sehat. Ini dikarenakan, adanya kandungan senyawa fenolik yang terdapat pada kulit apel. Untuk itulah, Cucilah dulu dengan air yang mengalir, sebelum makan buah apel beserta kulitnya.
  2. Pencegah Penyakit Diabetes. Kandungan serat larut dalam buah tersebut mampu menangkal datangnya penyakit diabetes. Untuk itulah, dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi apel tiap harinya untuk kesehatan tubuh yang lebih terjaga.
  3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal. Ini dikarenakan, memiliki berat badan yang berlebihan dapat memicu datangnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 serta tekanan darah tinggi yang mengancam jiwa anda.
  4. Memperkuat Sistem Imun Tubuh. Ini dikarenakan, kandungan antioksidan yang bernama quercetin pada buah apel dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh, agar seseorang tidak mudah sakit pada saat kondisi cuaca tidak bersahabat.
  5. Pencegah Diare Dan Sembelit. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah apel mampu membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga gangguan kesehatan seperti diare maupun sembelit tidak akan anda alami lagi.
  6. Penghindar Aneka Kanker Yang Efektif. Ini dikarenakan, apel mengandung flavonoid yang terbukti ampuh menangkal berbagai jenis serangan kanker yang sewaktu-waktu menyerang tubuh sehat anda.
  7. Penglihatan Yang Lebih Jernih. Rutin mengkonsumsi apel tiap harinya, berperan besar mencegah munculnya berbagai gangguan kesehatan pada organ mata yang mana salah satunya yaitu katarak.
         Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 alasan ruangan ber-AC buruk bagi kesehatan tubuh anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. 

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net



Manfaat Apel Hijau
Manfaat apel hijau sangat ampuh untuk berbagai masalah kesehatan, seperti menyehatkan mata, diet, sumber energi, dan mencegah berbagai penyakit berbahaya dengan kandungan antioksidannya.

1. Apel Hijau Dapat Menyehatkan mata

Kandungan Vitamin A dalam Apel Hijau memiliki jumlah yang cukup atau tidak kurang dan juga tidak lebih. Kandungan Vitamin A ini membuat mata menjadi lebih sehat. Vitamin A sendiri memang tidak boleh terlalu banyak karena dapat membuat sel – sel pada tulang kita terpecah. Dan hal ini akan menganggung kerja Vitamin D yang kita konsumsi.

2. Apel Hijau Memberi energi yang cukup

Aktivitas yang padat tentu membuat kita harus selalu menyiapkan energi maksimal setiap harinya. Apel Hijau juga memberi energi yang cukup untuk kita beraktivitas. Kandungan Vitamin B1 dalam Apel Hijau membantu merubah asupan karbohidrat yang kita konsumsi menjadi energi.

3. Apel Hijau Sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas

Manfaat Apel Hijau tidak hanya itu, buah ini juga memberi antioksidan dan menangkal tumbuhnya radikal bebas terhadap tubuh kita. Hal ini karena adanya Folate dan Vitamin B2. Sehingga penyakit – penyakit berbahaya juga ikut menjauh. Penyakit – penyakit berbahaya tersebut adalah kanker, serangan jantung, dan tumor.

4. Apel Hijau Kaya akan asupan air

Apel Hijau memiliki asupan air yang banyak ditambah lagi dengan Vitamin B6 yang mengalir pada mineral dalam apel ini. Adanya asupan mineral dalam tubuh membuat mineral tersebut kuat untuk menyaring kolesterol. Seperti yang kita tahu, kolesterol jahat dalam tubuh dapat meningkatkan resiko Stroke.

5. Apel Hijau Dapat Memperbaiki jaringan tubuh

Vitamin C di dalam Apel Hijau berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Salah satunya bagian sel – sel kulit di mana mudah sekali dapat menjadi rusak karena pola hidup juga keadaan lingkuan. Ditambah dengan kandungan Vitamin E, makan akan mempercantik kulit kita. Ini dapat menjadi tambahan bagi para wanita yang bingung bagaimana caranya merawat kulit agar tetap lembut sepanjang waktu.

6. Apel Hijau untuk mencegah pendarahan

Manfaat dari Apel Hijau yang lain adalah menghindari pendarahan dalam tubuh kita. Pendarahan memang menjadi masalah yang serius bila terjadi di dalam tubuh kita. Vitamin K dalam Apel Hijau lah yang akan membantu terhindar dari pendarahan tersebut. Tidak sedikit pendarahan dalam tubuh yang menyebabkan penyakit serius dan menghilangkan nyawa.

7. Apel Hijau Melancarkan pencernaan

Apel Hijau menjadi salah satu buah yang mengandung serat yang tinggi. Hal ini berdampak pada proses pencernaan dalam tubuh yang baik dan lancar. Atau bisa dikatakan dapat menjadi obat bagi yang mengalami sembelit. Konsumsilah secara rutin.

8. Apel Hijau Membuat rambut sehat

Dengan adanya asupan mineral yang cukup dan juga kandungan Vitamin C dan E, maka mengkonsumsi buah Apel Hijau juga dapat memberi manfaat pada kesehatan rambut di mana raambut akan lembut dan terhindar dari ketombe.
Baik untuk rambut :

9. Apel Hijau Efektif Menyehatkan gigi

Mengunyah buah Apel Hijau akan membuat gigi menjadi lebih kuat dan sehat. Hal ini karena gigi menjadi terlatih dan dengan didukung adanya kandungan Vitamin K di mana menjadi Vitamin yang menguatkan gigi.

10. Apel Hijau Menghindari penyakit Alzhaimer

Penyakit Alzhaimer menjadi penyakit yang menyeramkan karena efek jangka panjangnya yang buruk bahkan dapatt membuat seseorang kehilangan nyawa akibat pikun. Buah Apel Hijau dapat menghindari penyakit ini karena nutrisinya yang banyak.

11. Apel Hijau Mencegah Parkinson

Karena kaya akan antioksidan, mengkonsumsi Apel Hijau juga memberi manfaat agar kita terhindari dari penyakit yang bernama Parkinson.
Penting untuk mencegah parkinson :

12. Apel Hijau Ampuh Mencegah Diabetes

Diabetes menjadi masalah yang sering mendatangi sebagian orang apa lagi penyakit ini dapat turun temurun. Apel Hijau juga memberi dampak positif terhadap penyakit ini karena Vitamin B1 di dalamnya akan membantu kita. Tetapi tentu didukung dengan pola hidup juga.

13. Apel Hijau Untuk Diet dan Makanan Alternatif


Buah Apel memang dapat menjadi makanan pengganti seperti penggaanti menu makan sore ataupun malam. Hal ini cocok sekali bagi anda yang ingin menurutkan berat badan. Manfaat apel salah satunya adalah untuk memberikan efek kenyang yang dapat memberikan anda tubuh ideal.


12 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan dan Diet Super Cepat

Beras merah Sering digunakan menu diet sehat Astra Honda Motor sebagai UNTUK Menurunkan Berat Badan Serta Bagi Penderita diabetes. Beras merah memang termasuk to hearts JENIS MAKANAN pokok Yang mengandung karbohidrat di dalamnya. Beras merah biasa di Makan seperti nasi putih Yang umumnya dikonsumsi orangutan Indonesia.

Seiring berjalannya Waktu, Penduduk Indonesia Mulai menyadari keunggulan beras merah dibandingkan beras biasa Yang digunakan Astra Honda Motor sebagai MAKANAN pokok. Nasi putih memang memiliki rasa Yang Hobi enak daripada nasi merah namun, beras merah mengandung zat gizi Baik Yang TIDAK dipunyai nasi putih. Berikut inisial akan kupas tuntas Saya Mengenai Kandungan Dan Manfaat beras merah.
Kapan Andari Harus Konsumsi Beras Merah?
1. Ketika sedang diet.
2. Menghindari diabetes
3. Sudah terkena diabetes
4. mengalami penyakit Jantung
5. Mencegah penyakit Jantung
6. Menurunkan Kolesterol
7. Meningkatkan HDL.
MENGAPA beras merah Efektif UNTUK beberapa Keluhan di differences? nah pãda artikel Suami kitd akan ulas Beroperasi mendetil. Banyak Alasan MENGAPA Andari Harus menganti beras putih Andari Menjadi beras merah. Selain UNTUK Menjaga kesehatan, tentu Sangat Penting nutrisinya UNTUK Kebutuhan nutrisi Tubuh.

Selanjutnya, mari kitd SIMAK BERBAGAI Kandungan gizi Dan nutrisi Serta mitos Mengenai beras merah.
• Kandungan Gizi pãda Beras merah
• Info Seputar Beras Merah
Astra Honda Motor sebagai shalat Satu JENIS MAKANAN pokok Kandungan beras merah memberikan Sumber Energi Bagi Tubuh beraktivitas UNTUK. Namun MENGAPA beras merah Suami BERBEDA DENGAN Sumber karbohidrat berbaring? Sumber karbohidrat Kompleks Dari beras merah Suami, membuatnya Hobi Unggul. Selain ITU beras merah mengandung sejumlah nutrisi berbaring JUGA terkandung di dalamnya.
SETIAP 1,5 cangkir / porsi beras merah dimasak memiliki, Kurang Dari 110 KALORI. Presentasi Kandungan beras merah Suami membentuk fg 1)
• Karbohidrat - 85% (8% protein berasal Dari dan 7% lemak)
• Serat - 7% (Dari serat Dibutuhkan UNTUK diet 2.000 KALORI)
• Vitamin B - (Sejumlah Kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, niacin Dan). Manfaat vitamin B Suami cenderung UNTUK Bekerja Bahu-membahu UNTUK menarik energi Dari MAKANAN di Makan, selain ITU mendukung Proses otak Dan pembentukan sel Darah.
• Magnesium, fosfor Dan kalsium - Untuk Menjaga kesehatan tulang Yang KUAT
• Kalium - Untuk Keseimbangan Cairan Dan fungsi fungsi Jantung

Manfaat Beras Merah UNTUK Kesehatan
1. Menurunkan Berat badan
Banyak orangutan Yang Sudah Banyak merasakan keampuhan beras merah UNTUK Menurunkan badan. Selain KARENA rendahnya Kandungan KALORI pãda beras merah Sangat Efektif akan membantu Andari mencegah Perut Buncit ATAU Kelebihan KALORI. Bagaimana beras merah melakukannya ?? Kandunga karbohidrat Kompleks beras merah akan menyuplai energi Beroperasi Berkala pãda Tubuh sehingga Perut TIDAK Cepat merasakan lapar. JIKA mengkonsumsinya ditambahkan JUGA DENGAN Manfaat buah apel pãda menu makanannya, program diet pun akan menghasilkan Bentuk Tubuh Yang Indah Dan Sangat Efektif.
2. Sehat UNTUK Pencernaan
Kandungan serat Yang Tinggi pãda beras merah JUGA menyehatkan pencernaan sehingga Menghindari permasalahan kesehatan Yang DAPAT Muncul di kemudian Hari. Jadi Mulai Saat Suami konsumsilah MAKANAN UNTUK Alami Menjaga kesehatan Jangka Panjang. Serat Suami Sangat Baik UNTUK usus Dan membantu lancarnya Metabolisme Tubuh.
3. Mengontrol gula Darah / Baik UNTUK Penderita diabetes
Bagi Andari Yang menderita diabetes, ADA Baiknya kartun kostum Mainan mewah to beras merah KARENA Kandungan seratnya Sangat Tinggi Serta Kandungan KALORI Yang Hobi Rendah dibandingkan DENGAN beras putih.
4. Menurunkan kadar LDL (Kolesterol Jahat) Dan Meningkatkan HDL (Kolesterol Baik)
JIKA Andari mengalami masalah DENGAN Kolesterol, seperti halnya diabetes, Andari wajib mengkonsumsi beras merah di BANDINGKAN differences mengkonsumsi nasi putih Astra Honda Motor sebagai MAKANAN pokok Andari.
5. Mencegah terjadinya batu empedu
Dalam BERBAGAI Penelitian, MAKANAN Tinggi serat Sangat dikaitkan DENGAN Pencegahan batu empedu. Serat Sangat MUDAH dicerna sehingga membantu hearts menlarutkan Sisa MAKANAN UNTUK membantu membentuk empedu Yang sehat.
6. Sumber antioksidan
Beras merah merupakan shalat Satu Sumber Yang Sangat Baik UNTUK antioksidan, Kandungan vitamin dan mineral BERBAGAI Yang Terdapat di dalamnya DAPAT membantu membuang RADIKAL prabayar bebas hearts Tubuh.
7. Menjaga kesehatan tulang
Magnesium merupakan zat selain vitamin D Dan kalsium Yang berperan Penting hearts Menjaga kesehatan tulang Dan gigi. Kandungan nutrisi magnesium JUGA Terdapat pada beras merah sehingga membuatnya DAPAT membantu kesehatan tulang Dan gigi.
8. Kemungkinan DAPAT mencegah Kanker
Zat APA Yang DAPAT mencegah Kanker Dan Terdapat pada beras merah? Selenium Serta polifenol Yang terkandung hearts beras merah di Yakini DAPAT mencegah Kanker usus gede. Selain ITU Kandungan serat Dan antioksidan Yang Tinggi tentu DAPAT membantu Tubuh Menghindari BERBAGAI JENIS Kanker Yang disebabkan Diposkan RADIKAL prabayar bebas.
Manfaat beras merah Cukup Baik UNTUK kesehatan, terutama Bagi Andari Yang Ingin Menurunkan Berat Badan, diabetes, Dan Menjaga kesehatan Jantung.
Manfaat Beras Merah UNTUK Diet Program
Manfaat beras merah UNTUK diet Yang ditempatkan Astra Honda Motor sebagai Pengganti Manfaat nasi putih, DAPAT membantu Menurunkan Berat Badan. Biji-Bijan Bergizi Suami mengandung 110 KALORI per Porsi Dan masing-masing 2 gram protein UNTUK Dan serat. Beras merah merupakan Sumber yang Baik Dari magnesium, fosfor, tiamin, vitamin B-6 Dan niacin Dan JUGA menyediakan zat besi Dan seng.

MENGAPA Beras Sangat Baik UNTUK Diet ?? Beras merah memiliki karakteristik Yang membuatnya Bermanfaat UNTUK Menurunkan Berat Badan 2), seperti berikut:
• 1. Bukti Penelitian
• 2. Kepadatan Energi
• 3. Berasal Dari Biji-bijian
• 4. Memudahkan Diet Program

SEBUAH Studi Yang dilakukan selama Enam minggu Dan hearts diterbitkan "Nutrition Research" Pada Bulan Februari 2008 ini, membandingkan Manfaat penurunan Berat Badan Dari MAKANAN Pengganti nasi putih DENGAN MAKANAN ketidak campuran beras merah Dan hitam.
Peserta Penelitian Yang mengkonsumsi MAKANAN ketidak campuran beras merah, Kehilangan Berat Badan Dan lemak Tubuh Hobi Banyak, JIKA dibandingkan DENGAN partisipan Yang mengkonsumsi Hanya MAKANAN Pengganti nasi putih Saja.

Kandungan glikemiks Rendah pãda nasi merah Sangat Baik Bagi orangutan Yang Program menjalankan diet KARENA mengendalikan penyerapan KALORI terlebih pãda Tubuh. Bagi orangutan Yang Program menjalankan diet mengkonsumsi MAKANAN JENIS karbohidrat Tetaplah Penting namun Pilih Yang memiliki Kandungan serat seperti beras merah pãda Manfaat. Serat Yang Terdapat pada beras merah berasal Dari kulitnya KARENA beras merah TIDAK mengalami Proses Penggilingan Dan pengelupasan sehingga BERBEDA DENGAN beras putih biasa Yang nutrisi Lainnya Ikut Hilang KARENA Penggilingan.


15 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Manfaat buah plum jarang diketahui oleh banyak orang, bahkan nama plum saja orang masih banyak yang asing. Hal itu dikarenakan tidak semua orang bisa menjumpai plum dan dapat merasakan buah plum. Harganya yang mahal dan sulitnya menjumpai buah ini menjadi alasan bahwa buah ini termasuk buah dengan kelas menengah ke atas.
Tentang Buah Plum
Asal buah ini berasal dari China, sehingga digolongkan sebagai buah import. Namanya saja buah import. Tentu harga yang ditawarkan cukup mahal.
Harganya yang mahal setara dengan kandungan gizi buah tersebut. Tidak jarang, banyak ahli gizi yang menyarankan untuk mengkonsumsi buah plum agar tetap sehat. Plum dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Eropa-Asia, Jepang dan juga Damson. China adalah penghasil plum yang utama dan pertama, setelah itu disusul negara Amerika Serikat, Serbia dan juga Rumania. Negara penghasil plum di negara Amerika adalah California.
Kandungan Gizi Dalam Buah Plum
Banyak sekali kandungan gizi di dalam buah plum. Plum banyak mengandung senyawa yang menyehatkan dan menyegarkan. Kandungan gizi yang ada di dalam buah plum adalah sebagai berikut ini :
·         Plum mengandung vitamin dan mineral.
·         Vitamin yang ada di dalam buah plum adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin K, vitamin E dan juga vitamin B-6.
·         Plum mengandung asam askorbat dan juga asam folat.
·         Mineral yang ada dalam buah plum berupa fluor, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium dan juga seng.
·         Serat tinggi, rendah kalori dan tidak ada lemak jenuh.
·         Kaya akan antioksidan.

Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Gizi yang banyak dalam buah plum bermanfaat dalam menjaga kesehatan. Pada dasarnya buah harus dikonsumsi setiap hari sebab dapat melancarkan pencernaan dan juga menyehatkan usus. Manfaat lainnya adalah sebagai berikut ini :
1.    Mencegah Radikal Bebas. Radikal bebas berasal dari zat polutan dan zat-zat berbahaya di dalam tubuh. Radikal bebas dijaman seperti saat ini ada dimana saja.
o    Zat Dalam Plum Yang Menangkal Radikal Bebas. Plum memiliki senyawa-senyawa yang sangat efektif dalam menangkal radikal bebas. Senyawa tersebut adalah berikut ini :
§  Vitamin C dan fitonutrisi
§  Cryptoxanthin, zea-xanthin
§  Asam neochlorogenic
§  Klorogenat
2.    Menghentikan Luka Akibat Radikal Bebas. Jika Anda terlanjur dilukai oleh radikal bebas. Anda bisa menghentikan membran luka yang dihasilkan oleh radikal bebas dengan mengkonsumsi buah plum.  Zat di dalam buah plum mengandung fenol yang berfungsi untuk melindungi lemak bersifat essensial dalam neuron sehingga membran luka pun bisa berhenti dan mengecil.
3.    Mengobati Obesitas. Obesitas merupakan faktor kegemukan yang bisa diakibatkan genetik dan juga karena faktor makanan. Mengkonsumsi buah plum yang kaya serat bisa bermanfaat dalam proses diet sehingga obesitas akan berkurang. Manfaat apel juga dapat membantu menurunkan obesitas dan diet anda.
4.    Menghindarkan Dari Komplikasi Obesitas. Penyakit obesitas bisa menyebabkan berbagai penyakit komplikasi misalnya saja jantung, diabetes, stroke dan masih banyak lagi lainnya. Mengkonsumsi plum bisa bermanfaat untuk menyerang sindrom metabolik dengan menggunakan zat bioaktif yang ada di dalam buah plum.
o    Zat Dalam Buah Plum Yang Bermanfaat Untuk Menghindari Komplikasi Akibat Obesitas
§  Flavonoid
§  Senyawa fenolix ( anthocyanin, asam klorogenat, quercetin dan cathechindalam plum ) berfungsi untuk menghindarkan seseorang dari efek buruk obesitas dan juga bermanfaat sebagai anti inflamasi.
o    Sel-sel lemak nabati dalam plum bermanfaat untuk menghindarkan dari efek obesitas termasuk diabetes juga penyakit kardiovaskular.
5.    Menjaga Kesehatan Tulang. Tulang rawan untuk terkena osteoporosis. Jika seseorang terkena osteoporosis akibatnya adalah penderita tidak bisa berjalan akibat tulangnya mengalami pengeroposan. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang bisa menggunakan buah plum.
o    Zat Yang Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang
§  Zat anabolik dan juga anti resorptive bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang
§  Flavonoid khususnya asam caffeic bermanfaat dalam penghambatan kerusakan jaringan yang ada di dalam tulang, sehingga wanita dalam pasca menopause akan terhindar dari osteoporosis.
§  Polifenol bersama dengan kalium bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang, menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang juga mencegah pengeroposan tulang yang diakibatkan oleh hormon yang ada di dalam ovarium.
6.    Membantu Sistem Pencernaan. Buah plum yang kaya serat bermanfaat dalam proses pencernaan di dalam tubuh. Plum merupakan sumber serat yang baik. Plum bisa melancarkan pencernaan sehingga menghindarkan dari penyakit sembelit. Dibandingkan dengan zat psyllium, serat di dalam plum lebih banyak. Selain plum, manfaat kulit manggis juga ampuh untuk pencernaan.
o    Zat yang Bermanfaat Dalam Proses Pencernaan
o    Zat senyawa sorbitol dalam plum membantu usus dalam sistem pencernaan.
o    Senyawa isatol bermanfaat dalam mengatur sistem pencernaan.
o    Sorbitol dan isatin jika digabungkan bisa bermanfaat memberikan efek pencahar sehingga dapat mendorong sekresi cairan di dalam usus. Membantu meningkatkan pembilasan limbah di dalam usus besar.
7.    Melindungi Tubuh Dari Penurunan Kognitif. Semakin bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan kognitif. Dalam penurunan kognitif tubuh akan mudah mengalami penyakit parkinson, alzheimer dan juga stroke. Mengkonsumsi jus plum setiap hari bermanfaat melindungi tubuh dari penurunan tersebut.
o    Zat Yang Bermanfaat Dalam Penurunan Kognitif
§  Zat flavonoid merupakan zat yang paling dominan untuk melindungi tubuh dari penurunan kognitif.
§  Fitonutrisi dalam plum bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari peradangan akibat proses neurologis. Fitonutrisi juga bermanfaat meningkatkan memori otak sehingga terhindar dari kepikukan serta alzheimer.
8.    Plum Mengandung kolesterol Baik Dan Sehat. Kolesterol sehat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah berbagai penyakit atau gangguan tubuh. Manfaat kentang dan manfaat rambutan juga dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah kolesterol.
o    Manfaat Kolesterol Baik Dan Sehat
§  Kolesterol sehat bermanfaat mencegah hiperkolesterolemia dan juga hiperlipidemia. Hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia merupakan gangguan di dalam tubuh akibat kolesterol jahat.
§  Jus plum bisa bermanfaat untuk mempertahankan plasma yang sehat dan juga mempertahankan kolesterol sehat dalam hati.
§  Kolesterol sehat bermanfaat dalam mengurangi jumlah kolesterol jahat dan menambah jumlah kolesterol baik.
9.    Mengatasi Diabetes. Meski buah mengandung glukosa alami namun ada buah yang tidak dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dikarenakan bisa menaikkan kadar gula darah. Buah yang tidak boleh dikonsumsi adalah sawo, semangka dan juga mangga. Manfaat buah plum jika dikonsumsi bisa mengatasi diabetes.
o    Cara Kerja Plum Mengatasi Diabetes
§  Plum akan memberikan efek berupa anti hiperglikemia dimana efek itu bermanfaat untuk mengatasi diabetes.
§  Mengkonsumsi jus plum atau buah plum bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa dan tingkatan trigliserida di dalam tubuh.
§  Zat flavonoid di dalam plum bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kadar insulin dan meningkatkan kesensitivan insulin yang ada di tubuh.
10.  Sistem Saraf Menjadi Lancar. Bagi yang memiliki penyumbatan di sistem saraf dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi plum. Kandungan vitamin di dalam plum sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem saraf.
o    Kandungan Dalam Plum Yang Bisa Melancarkan Sistem Saraf
§  Vitamin B6 membantu saraf dalam bertransmisi sehingga bisa membantu fungsi dari kelancaran sistem saraf .
§  Triptofan dan asam amino di dalam buah plum bermanfaat untuk memproduksi neurotransmitter serotonin dimana zat itu berperan penting dalam membantu tidur menjadi nyenyak, meningkatkan konsentrasi dan juga menambah nafsu makan.
11.  Menyehatkan Sel Di Dalam Tubuh. Sel di dalam tubuh bisa sehat dikarenakan buah plum memiliki kandungan tembaga yang berfungsi sebagai antioksidan. Tembaga dalam plum juga bermanfaat untuk kesehatan saraf dan pembentukan kolagen. Plum juga bisa mencegah penyakit anemia dikarenakan zat besi di dalamnya.
12.  Mengatasi Depresi. Plum buah yang multifungsi, dengan kandungan anxiolytic, asam chlorogenic dan antioksidannya membantu menghilangkan depresi. Kecemasan yang berlebihan pun bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah plum.
13.  Mengatasi Flu. Kandungan lektin yang ada di dalam plum bermanfaat untuk menghambat dan mengobati infeksi yang diakibatkan oleh virus influenza.
14.  Menyehatkan Ibu Hamil. Saat hamil mengkonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan untuk menyehatkan janin dan ibu hamil. Salah satu buah yang bermanfaat bagi kehamilan adalah plum. Karena buah plum mengandung banyak vitamin dan mineral yang dubutuhkan selama kehamilan. Senyawa di dalam plum memiliki manfaat untuk kesehatan mata, perkembangan tulang janin dan juga pembentukan sel janin. Saat mengkonsumsi plum untuk ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan gula. Gula bisa menyebabkan kadar gula ibu hamil naik dan menyebabkan bayi menjadi besar dalam kandungan.
15.  Membantu Proses Pembekuan Darah
Plum mengandung banyak vitamin, salah satunya adalah vitamin K. Vitamin K bermanfaat dalam proses pembekuan darah di dalam tubuh.

Cara Memilih Buah Plum Dengan Kondisi Baik

Buah akan menurun fungsinya jika dalam keadaan tidak baik. Oleh sebab itu pilihlah kondisi buah plum dengan kondisi baik. Karena jarang dijumpai, banyak orang yang ketika melihat plum di supermarket atau di pasar modern langsung membelinya tanpa tahu bagaimana kualitasnya. Buah dengan kualitas baik akan memberikan efek positif dan manfaat yang baik pula. Berikut ini cara memilih plum dengan  kualitas baik :
·         Hindari memilih buah plum dengan kondisi memar atau kondisi sangat lunak.
·         Plum yang sudah matang jika ditekan sedikit akan terasa lunak. Sedangkan plum yang sudah busuk kondisinya jika ditekan terasa sangat lunak.
·         Plum menimbulkan bau harum dan juga bau yang manis.
·         Hindari memilih plum dengan kondisi cacat di kulitnya misalnya ada luka goresan atau tusukan. Jika kondisinya seperti itu kandungan gizi dalam plum sudah tidak bagus lagi sehingga berkuranglah manfaat buah plum.
Tingginya manfaat buah plum membuatnya salah satu jenis buah yang dapat dikonsumsi secara rutin.


14 Manfaat Buah Blackberry Bagi Tubuh

Buah blackberry ini termasuk buah yang populer untuk di jadikan sebagai hidangan pencuci mulut. Sifatnya yang lunak sangat cocok untuk di gunakan sebagai bahan pembuatan selai, jeli, dan bahkan bisa juga dijadikan minuman “wine”. Blackberry juga sering di gunakan sebagai bahan campuran olahan apel dan untuk pembuatan kue.
Kandungan nutrisi buah blackberry
Buah blackberry dikenal kaya akan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Berikut kandungan nutrisi pada buah blackberry mentah, per 100 gram penyajiannya :
nutrisi pada buah blackberry mentah, per 100 gram penyajiannya :
Nutrisi
Kandungan per 100 gram
Pemenuhan % Nilai harian
Energi
43 kcal
Total serat
5.3 g
21%
Total gula
4.9 g
Kalsium
29 mg
3%
Magnesium
20 mg
5%
Mangan
0.6 mg
32%
Copper
0.2 mg
8%
Potassium
162 mg
5%
Natrium
1 mg
0%
Vitamin C
21 mg
35%
Vitamin A, IU
214 IU
4%
Vitamin K, µg
20 µg
25%
Asam folat, µg
36 µg
9%
Beta Karotena
128 µg
Ne
Lutein + zeaxanthin
118 µg
Ne

Sumber lain menyebutkan bahwa buah blackberry memiliki sifat-sifat yang baik untuk menjaga keseimbangan tubuh. Buah blackberry memiliki sifat mampu menyerap radikal oksigen (Orac) untuk melawan radikal perosokil,   hidrogen peroksida, superoksida, singlet oksigen, dan radikal hidroksil. Hal ini dapat kita lihat dari manfaat buah blackberry bagi tubuh berikut ini :
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Buah blackberry kaya akan manfaat vitamin C, bahkan lebih banyak dari berry lainnya seperti blueberry hingga 2 kali lipatnya. Ursula Arens, seorang pakar gizi dari Inggris mengungkapkan bahwa vitamin C sangat penting bagi tubuh. Vitamin C mampu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.
2. Menjaga fungsi organ pencernaan
Pendapat lain yang diungkapkan oleh Arens bahwa blackberry memiliki kandungan serat yang sangat tinggi hingga memenuhi 21% dari kebutuhan harian tubuh akan serat. Asupan serat yang tinggi akan membantu usus berfungsi dengan baik dalam mencerna makanan.
3. Menyembuhkan luka
Blackberry memiliki kandungan senyawa tanin yang sangat banyak sehingga membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Sarah wilson, ahli gizi dari rumah sakit Princess Grace, London, mengungkapkan bahwa dengan mengoleskan buah berry termasuk blackberry pada jaringan kulit yang terluka akan membuat jaringan luka menyempitkan pembuluh darah, serta membantu menurunkan pendarahan yang terjadi.
4. Menghambat pertumbuhan sel kanker
Buah blackberry memiliki kandungan anthocyanin yang bisa juga disebut sebagai sekumpulan pigmen yang memiliki sifat manfaat antioksidan. Kandungan anthocyanin tersebut mampu menghambat pertumbuhan sel tumor. Selain itu blackberry juga memiliki kandungan flavonoid atau bisa juga disebut C3G yang berfungsi untuk melawan kanker kulit dan juga kanker pada paru-paru.
5. Mencegah terkena kanker serviks
Selain membantu mencegah pertumbuhan tumor dan kanker pada kulit dan paru-paru, buah blackberry juga memiliki senyawa phytoestrogens yang merupakan senyawa yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker serviks dan kanker payudara.
6. Mampu melindungi mata
Manfaat buah blackberry juga bisa melindungi organ penglihatan dari pembentukan pigmen makula. Buah blackberry memiliki kandungan luein yang mencegah pembentukan pigmen yang sangat mudah tumbuh di daerah belakang retina yang banyak menerima rangsangan cahaya. Kandungan lutein pada blackberry juga turut membantu mencegah kerusakan mata akibat terlalu banyak terkena matahari sehingga menimbulkan radiasi ultraviolet pada mata.
7. Pertumbuhan tulang
Buah blackberry memiliki kandungan mangan yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya untuk membangun struktur tulang yang kuat, selain manfaat kalsium. Wilson, seorang pakar gizi mengungkapkan bahwa nutrisi yang paling baik untuk menjaga kekuatan tulang adalah mangan. Segenggam buah blackberry memberikan asupan mangan yang di butuhkan tubuh setiap harinya.
8. Meningkatkan pertumbuhan sel
Buah blackberry mengandung manfaat vitamin B, terutama vitamin B9 atau bisa juga disebut asam folat. Vitamin B9 dalam tubuh akan berperan dalam proses pembelahan hingga pertumbuhan sel yang sehat. Proses regenerasi sel sehat bisa di tunjang dengan kandungan Vitamin B9 yang tercukupi, seperti dengan konsumsi buah blackberry.
Oleh karenanya banyak pakar yang menganjurkan bagi calon ibu yang sedang hamil sebaiknya mengkonsumsi sumber asam folat ini, agar mengurangi resiko bayi lahir cacat.
9. Kesehatan Kulit
Tahukan Anda bahwa buah blackberry digunakan juga untuk pemanfaatan kecantikan kulit. Dengan ramuan yang terbuat dari blackberry akan membantu kulit lebih nampak sehat dan terhindar dari keriput. Caranya :
·         Siapkan satu genggang blackberry, yoghurt, dan madu sebanyak satu sendok makan
·         Masukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan hingga tercampur merata
·         Bahan yang sudah di mix tadi
·         Kemudian oleskan ke kulit wajah hingga leher
·         Diamkan selama sekitar 15 menit lalu bersihkan
Anda juga bisa menggunakan di daerah kulit tubuh lainnya, namun tentu perlu menambah komposisi bahan yang dibutuhkan menjadi lebih banyak. Lakukan perawatan tersebut seminggu sekali untuk mendapatkan hasil terbaik.
10. Mengurangi resiko anemia
Kandungan Vitamin C dalam buah blackberry akan membuat menurunkan resiko terkena Anemia. Vitamin C seperti kita tahu mampu meningkatkan penyerapan manfaat zat besi yang terdapat dalam makanan yang masuk ke dalam lambung. Kandungan zat besi yang terpenuhi dalam darah akan menurunkan resiko terkena penyakit anemia.
11. Mencegah penyakit jantung
Kandungan serat yang tinggi pada balckberry akan membantu pembuluh darah mengedarkan darah menjadi lebih lancar. Hal ini sangat baik untuk membuang kolesterol yang menghambat peredaran darah. Kolesterol jahat yang menumpuk akan membuat resiko penyakit jantung lebih besar. Konsumsi buah blackberry, turut membantu membuang kolesterol yang tidak dibutuhkan tubuh sehingga membuat jantung lebih sehat.
12. Mengurangi resiko diabetes
Selain kaya akan serat, buah blackberry juga memiliki kandungan antioksidan yang turut membantu penangkalan radikal bebas dalam tubuh. Sifat Antioksidan tersebut membantu tubuh agar terhindar daru resiko terkena diabetes.
13. Mengurangi Hipertensi
Arens pakar gizi dari Inggris menyebutkan bahwa manfaat buah blackberry lainnya adalah untuk mengurangi tekanan darah. Kondisi akan sangat dibutuhkan bagi para penderita hipertensi. Kandungan antioksidan dan serat yang tinggi membuat tekanan darah menjadi lebih lancar dan mengusir kolesterol jahat yang menghambat peredaran darah.
14. Memperlancar BAB
Manfaat praktis yang nyata bisa dirasakan dengan mengkonsumsi manfaat buah-buahan berry ini adalah untuk memperlancar BAB Anda. Kandungan serat yang sangat tinggi dari buah sangat membantu memperlancar proses BAB kita setiap harinya. Kandungan serat yang tinggi memang terdapat pada buah salah satunya adalah buah blackberry.
Mengenal Tanaman Buah Blackberry
Blackberry banyak tumbuh subur di daerah Amerika, tepatnya di Amerika utara bagian timur. Selain di Amerika utara, daerah dengan iklim sedang seperti di Eropa dan pasifik selatan juga banyak ditemukan tanaman blackberry. Buah blackberry ini berwarna ungu ketika sudah matang sepenuhnya dan ketika masih muda berwarna hijau.
Buah blackberry termasuk ke dalam kerajaan plantae dan masuk kesatuan genus rubus. Tanaman ini biasanya mampu hidup hingga usia 2 tahun. Hebatnya tanaman blackberry ini memiliki akar tongkat yang tidak pernah mati. Tanaman buah blackberry ini bisa disebut juga dengan semak berduri. Buah blackberry memiliki banyak jenis yang berasal dari spesies rubus yang berbeda. Jenis buah ini bisa berasal dari Rubus ulmifolius, Rubus argutus, Rubus glaucus, Rubus chamaemorus, Rubus caesius, Rubus glacinatus, Rubus fruticosus, dan Rubus ursinus.


15 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Manfaat buah manggis sangat fenomenal dan sampai saat ini ia di sebut ratu buah karena khasiatnya yang memang superrrr sekali. Manggis dapat mengobati dan mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, ini lah yang menjadikannya buah super luar biasa.
Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa buah manggis dan kulit buahnya kaya dengan 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu antioksida yang sangat bermanfaat di dunia.
Manfaat manggis tidak hanya memiliki zat super ‘xanthones’, dalam buahnya terkandung juga polikasanida, cathechins, dan polyphenols yang merupakan salah satu bahan antikulat dan anti bakteri. Perlu diketahui Xanthones adalah salah satu komponen aktif yang utama dari buah manggis.
Kandungan Buah Manggis
Selain zat super yang kita namakan xanthones, manggis juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi.
·         Vitamin C, BI & B2
·         Zat besi, niasin,  protein, serat fiber,  kalsium, dan lainnya.


Manfaat Buah Manggis

Manfaat buah manggis terutama yang paling terkenal adalah mencegah dan mengobati kanker, manggis telah terbukti dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh manusia.   Dengan berbagai zat yang dikandung oleh buah manggis, Maka manfaat buah ini dapat dikategorikan menjadi salah satu ‘bentuk tanaman obat’. Berikut adalah beberapa manfaat yang diyakini dimiliki oleh buah manggis :
1. Mencegah Kanker
Manfaat buah manggis dalam mencegah kanker memang sangat luar biasa, bahkan penyakit kanker dan gejala kanker dapat diobati dengan menggunakan manfaat buah yang dikenal sebagai ratu buah ini. Hasil penelitian yang paling utama terkait kanker ini adalah mencegah berkembangnya tumor yang disebabkan oleh adanya  senyawa garcinone E.
Jadi perlu diingat bagi anda penderita kanker harap hati-hati dalam mengkonsumsi buah manggis ini karena ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa manfaatnya belum teruji betul terhadap masalah kanker. Bukti akademis pengobatan kanker atau untuk pencegahannya memang belum terbukti, dalam Journal of Society for Integrative Oncology, para ilmuan bahkan memperingatkan bahwa pasien kanker harus berhati-hti dalam menggunakan produk ekstrak manggis karena berpotensi juga meningkatkan kadar gula darah.
Namun tetap kandungan zat xanthones dalam manggis sangat dipercaya dalam mencegah dan memerangi kanker, namun ada baiknya anda konsultasi dengan dokter mengenai masalah ini.
2. Mengurangi rasa sakit
Manggis selain manis rasanya juga memiliki zat anti-inflamasi yang dapat memerangi rasa sakit (peradangan, nyeri dan kerusakan sendi, arthritis, atau nyeri yang disebabkan oleh latihan olahraga dan luka ringan)

3. Mencegah infeksi
Senyawa yang terdapat pada buah manggis diyakini dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan berbagai jenis infeksi pada luka. Teoir ini ditunjang oleh beberapa penelitian yang diterbitkan pada edisi Juli 2003 dari “Chemical and Pharmaceutical Bulletin“, pada penelitian ini peneliti menguji xanthones dari manggis dan membuktikan bahwa zat ini dapat menghentikan pertumbuhan bakteri tuberkulosis yang menjadi penyebab infeksi.

4. Kaya antioksidan
Kandungan antioksidan dalam buah manggis dapat membantu membuang radikal bebas yang terdapat pada tubuh dan menghilangkan racun tertentu akibat dari polusi.

5. Baik untuk tekanan darah tinggi
Manfaat buah manggis lainnya yang dipercaya cukup besar adalah sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi, kandungan serat dan vitamin serta mineral sangat mendukung manfaat ini.

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesahatan Tubuh Manusia

Perkembangan buah manggis sangat pesat sekali di Indonesia, kita hampir setiap hari mendengar iklan mengenai buah super yang satu ini. Dari berbagai testimonial yang beredar dan informasi yang dihimpun dari berbagai konsumen yang telah menggunakan buah super ini berikut adalah beberapa penyakit yang dapat diatasi oleh buah manggis.
1.    Membantu mencegah dan memerangi penyakit alzheimer dan parkinson
2.    Menghilangkan alergi
3.    Menjaga kesehatan usus, dapat mengatasi diare, sembelit, merangsang kesehatan usus normal.
4.    Menjaga kesehatan otak dan syaraf
5.    Mengatasi katarak
6.    Sakit kepala migrain
7.    Mengurangi stres dan depresi
8.    Mengurangi Kolesterol
9.    Membantu mencegah obesitas
10.  Mencegah penuaan dini.

 

Efek samping buah manggis


Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa xanthones dapat mengganggu pembekuan darah yang normal. Belum dapat dijelaskan mengenai zat xanthones pada manggis apakah dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah (seperti warfarin) atau tidak, Mungkin juga dapat menyebabkan perdarahan.
Studi juga mempublikasikan penggunaan xanthones dalam dosis tinggi dapat menekan sistem saraf pusat pada hewan dan menyebabkan sedasi. Xanthone dapat menyebabkan kelebihan sedasi bila dikombinasikan dengan herbal atau obat-obatan lainnya. Selain itu juga terdapat potensi keracunan dalam dosis yang lebih tinggi, objek penelitian ini masih ada binatang, belum dilakukan pada manusia.

Apakah Aman Menggunakan Buah Manggis Untuk Masalah Kesehatan ?

Selain buahnya yang manis-asam, manggis juga memiliki banyak khasiat yang mungkin memaksakan anda untuk menjadikannya salah satu obat pilihan untuk penyakit anda. Namun apapun itu pastikan bahwa anda berkonsultasi pada dokter terkait sebelum mencoba mengkombinasikannya terhadap penyakit anda.

Efek Samping Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Ternyata efek samping kulit manggis itu ada. Sekarang ini banyak produk herbal yang memanfaatkan hasil ekstraksi dari kulit manggis karena khasiatnya yang sangat luar biasa. Ya, memang kulit manggis terkenal dengan kandungan antioksidannya yang sangat tinggi sehingga banyak orang yang mengkonsumsinya.
Kulit manggis juga dipercaya sebagai obat segala penyakit. Namun, benarkah kulit manggis benar-benar aman saat dikonsumsi? Benarkah kulit manggis tidak menimbulkan efek samping? Berawal dari pertanyaan inilah akhirnya dapat diketahui jika ternyata kulit manggis juga dapat memberikan efek samping.

Efek Samping Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Efek samping kulit manggis bagi kesehatan dapat dirasakan pada sebagian orang yang pasalnya akan terjadi gangguan pada ginjal dan juga usus. Kulit manggis mengandung resin, tanin, dan juga serat kasar yang jika mengendap dapat membahayakan ginjal dan juga usus Anda.
Meskipun kulit manggis bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas, anti-diabetes, anti peradangan, anti bakteri, bahkan juga anti kanker namun endapan yang dihasilkan akan membahayakan organ ginjal dan juga usus karena susah diserap.
Efek samping lain yang sering dirasakan orang setelah mengkonsumsi kulit manggis adalah perut akan menjadi kembung atau terasa seperti kembung. Efek ini dikarenakan ada kecenderungan bahwa pasien memiliki jenis penyakit lain yang timbul selain dari penyakit utama yang ditemukan.
Misalnya pasien dengan keluhan menderita penyakit maag ternyata merasa kembung setelah mengkonsumsi kulit manggis besar kemungkinan pasien tersebut menderita penyakit pencernaan lain selain maag karena manggis memiliki sifat asam. Dianjurkan jika Anda merasa kembung, Anda dapat mengkonsumsi kunyit dan juga temulawak.

Efek Samping Kulit Manggis

Seperti yang telah disebutkan, efek samping dari kulit manggis akan sering berpengaruh pada ginjal. Efek samping yang akan dirasakan oleh para penderita gangguan ginjal akan muncul jika pengolahan kulit manggis tidak tepat. Jika Anda mengkonsumsi seduhan kulit manggis, Anda harus mengimbanginya dengan memperbanyak minum air putih.
Jika tidak senyawa atau endapan yang tidak dapat diserap oleh ginjal akan mengendap dan pada akhirnya akan menghambat kinerja ginjal Anda. Dengan banyak minum air putih dapat mengurangi pengendapan dalam ginjal Anda. Anda juga dapat mengkonsumsi adas, jintan atau daun sembung yang bersifat diuretik.
Menurut penelitian yang dilakukan beberapa instansi, konsumsi kulit manggis untuk jangka pendek masih aman untuk digunakan selama masih dalam takaran dibawah 750 gram. Ukuran tersebut masih aman jika dikonsumsi.

Kulit manggis atau ekstrak kulit manggis tidak termasuk racun atau toxic sehingga tidak akan mempengaruhi profil kimia dalam darah, ginjal, dan juga hati jika dikonsumsi masih dalam dosis tidak lebih dari 750 gram. Tentu efek samping kulit manggis pasti ada, namun jika kita mengkonsumsinya masih dalam batasan wajar akan lebih aman. Karena sesuatu yang berlebihan memang tidak akan memberikan dampak yang baik



Manfaat Buah Jambu Biji Putih Untuk Kesehatan

Tahukah Anda tentang manfaat buah jambu biji? Sebagai jenis tumbuhan tropis, jambu biji banyak dijumpai di Indonesia. Pohonnya banyak tumbuh di pekarangan sekitar rumah. Kita tidak perlu menanamnya, kadang pohon tersebut tumbuh sendiri.
Pohon itu tumbuh dari biji yang sempat terbawa oleh hewan pemakan buah. Jambu biji pertama dibudidayakan di Brasil. Kemudian didatangkan ke Indonesia dan beberapa negara tropis di Asia Tenggara.

Sampai saat ini, jambu biji semakin banyak ditemukan dengan berbagai jenisnya, misalnya jambu biji merah, jambu biji putih dan jambu biji Bangkok. Selain tumbuh secara liar, pohon jambu biji juga dibudidayakan oleh petani, sebab jambu biji mempunyai nilai jual yang tinggi.
Buah jambu biji mempunyai nama ilmiah Psidium Guajava. Kandungan buah jambu biji juga sangat banyak, mulai dari kandungan vitamin A, vitamin B dan C. selain itu, dalam jambu biji ini terdapat kandungan serat dan mineral yang baik untuk kesehatan. Manfaat buah jambu biji putih dan jambu biji merah hampir sama.
Sebab kandungannya yang terdapat pada kedua jenis jambu ini hampir sama. Hanya ada sedikit perbedaan dari zat warna merah pada jenis jambu biji merah. Satu yang menjadi keistimewaan dari jambu biji merah adalah bisa digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah. Kandungan zat warna merah dapat meningkatkan kadar darah dan mengganti sel darah merah yang terkena virus demam berdarah.

Obati Kangker dengan Buah Sirsak
Penyakit kangker menjadi momok banyak orang di seluruh dunia hingga kini. Karena belum banyak obat untuk kangker yang ampuh. Saat banyak penelitian dilakukan untuk menemukan obat kanker terbaik, buah sirsak ternyata bisa sebagai obatkangker yaitu dapat membunuh atau mematikan sel kangker.



Taman Wisata Mekarsari pernah mengadakan demo pengolahan daun sirsak yang diberikan secara gratis kepada pengunjung untuk ke-12 kalinya. Kegiatan bertujuan memberikan informasi bagaimana mengolah sirsak dengan baik untuk dijadikan obat alternatif membunuh sel kanker.

Pada awal 1990-an, ditemukan 34 senyawa Cytotoxic, pada daun sirsak yang mampu menghambat hingga membunuh sel-sel tubuh yang mengalami pertumbuhan tidak normal (sel kanker). Senyawa ini memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan pengobatan kanker saat ini, antara lain membunuh kanker secara efektif dan aman, tanpa menyebabkan rasa mual dan muntah serta tanpa kehilangan berat badan maupun kerontokan rambut dalam jumlah besar.

Daun sirsak diketahui mengandung zat annonaceous acetogenins yang mampu 10.000 kali lebih kuat membunuh sel-sel kanker daripada zat adriamycin, yang biasa dipakai dalam pengobatan kemoterapi. Zat acetogenins dapat membunuh aneka jenis kanker, seperti kanker usus, tiroid, prostat, paru-paru, payudara, dan pankreas bahkan penyakit ambeien tanpa merusak atau mengganggu sel-sel tubuh yang sehat. Hal ini telah diteliti di Laboratorium Health Sciences Institute, Amerika Serikat di bawah pengawasan the National Cancer Institute, Amerika Serikat

"Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi olahan daun sirsak sebagai pengobatan terhadap kanker atau tumor, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau herbalis tempat Anda selama ini melakukan pengobatan. Sebab, dikhawatirkan Anda mempunyai alergi terhadap sirsak atau obat yang selama ini Anda konsumsi berefek terbalik dengan senyawa dalam daun sirsak," jelas Stefanus, herbalis dari Herbacure, dalam pemaparannya.

Cara pengolahan

Lebih lanjut, Stefanus dan Darmawan Tri Wibowo, ahli budidaya tanaman sirsak dari Taman Wisata Mekarsari memaparkan cara pengolahan daun sirsak untukherbal pencegah kanker, berikut ini:



1. Pada pengobatan kanker, daun sirsak (10-15 lembar) direbus dengan 3 gelasair (600 cc) hingga tersisa 1 gelas air rebusan. Pada saat merebus sebaiknya menggunakan kendi atau panci yang terbuat dari tanah liat agar kemurnian zat yang ada pada daun sirsak tetap terjaga. Air rebusan diminum selagi hangat setiap hari,  pagi atau sore hari selama 3-4 pekan.

"Perlu diperhatikan, pengambilan daun sirsak sebaiknya dimulai dari daun ke-4 atau ke-5 dari ujung pucuk. Hal ini dikarenakan pada daun yang terlalu muda, senyawa belum banyak terbentuk. Sementara pada daun yang tua sudah mulai rusak sehingga kadarnya berkurang," terang Darmawan.



2. Selain teknik pengolahan di atas, secara umum terdapat pengolahan lain daun sirsak, yaitu dengan memanfaatkan daun sirsak kering 10-15 lembar direbus dengan 2 gelas air (400 cc) sehingga tersisa 1 gelas air rebusan. Proses perebusan membutuhkan waktu 1-1,5 jam saja, jadi lebih cepat prosesnya dibanding cara di atas. Proses pengeringan sebaiknya tidak dilakukan di bawah sinar matahari terik karena dikhawatirkan akan merusak  senyawa  dalam daun sirsak.



"Daun sirsak kering memiliki senyawa yang tetap sama dengan daun sirsak basah karena yang berkurang dalam proses pengeringan hanya kadar airnya. Sementara, senyawa dalam daun tetap terjaga. Penyimpanan daun sirsak dalam lemari pendingin maksimal sepekan sejak pemetikan karena proses pendinginan yang lama dikhawatirkan akan merusak senyawa dalam daun selain aroma daun yang tidak enak karena proses fermentasi," papar Darmawan.

3. Konsumsi daging buah sirsak segar (150-250 gr/hari) dengan mengolahnya menjadi jus atau dimakan langsung sangat disarankan. Daging buah sirsak selain sebagai penambah energi (pada umumnya penderita kanker/tumor kondisi badanya lemas /lesu) juga kaya serat yang sangat membantu proses pengeluaran sel-sel kanker yang telah mati akibat penyembuhan oleh senyawa acetogenins.

Ekskresi sel kanker yang mati  bisa melalui keringat, urine, dan feses sehingga umumnya terapi menggunakan herbal daun sirsak sebagai pengobatan akan berefek hangat/panas pada bagian tubuh yang sakit, sering kencing, dan berkeringat deras. Cepat lambatnya reaksi tubuh terhadap penggobatan atau efek samping pengobatan berbeda pada setiap orang dipengaruhi oleh faktor, seperti usia, ketahanan tubuh penderita, tingkat stadium kanker/tumor, dan jenis kanker atau tumornya.

4. Pengolahan daun sirsak lainnya yaitu dengan cara memblender 3-5 lembar daun sirsak basah dengan menambahkan ¼ gelas air (50 cc) air hangat untuk membantu proses penghancuran. Sebelum diblender, daun sebaiknya dipotong menjadi 3-4 bagian agar lebih cepat hancur. Setelah hancur, masukkan daun ke wadah dengan penutup rapat, lalu tambahkan 1 gelas air panas ke dalamnya dan aduk sampai rata.
Tutup wadah dengan rapat agar panas tetap terjaga dan proses ekstraksi senyawa dapat maksimal. Biarkan selama 15-20 menit, setelah itu saring olahan untuk diambil airnya dan minum selagi hangat.
Bila tidak ada blender, pengolahan daun sirsak bisa juga dengan cara digerus menggunakan cobek dengan teknik pengolahan yang sama dengan cara diblender.
"Pengolahan dengan cara diblender atau digerus tidaklah semaksimal ekstraksi senyawa daun sirsak dibandingkan dengan teknik pertama (perebusan daun basah) dan teknik kedua (perebusan daun kering), tetapi lebih efisien. Hasil olahan pada kedua teknik umumnya beraroma langu yang cukup menyengat. Untuk menekan aromanya bisa ditambahkan sedikit perasan buah nanas atau buah lain yang lebih disukai. Dan jangan menambahkan gula aren murni, madu, atau gula pasir bila rasanya tidak Anda sukai, karena sudah melalui proses kimiawi," terang Stefanus.

Reaksi pengobatan
Reaksi pengobatan menggunakan olahan daun sirsak umumnya bereaksi setelah 3-7 hari setelah pengobatan secara rutin 3 kali sehari meskipun ada juga yang baru bereaksi setelah 1 bulan konsumsi rutin.
"Bila reaksi tidak ada, cek kembali secara detail, mulai dari pemilihan alat dan bahan, teknik pengambilan daun, cara pengolahan, bahkan teknik konsumsinya apakah rutin atau tidak, karena semua merupakan satu kesatuan yang wajib dipenuhi agar hasilnya maksimal," saran Stefanus.



Manfaat Minyak dan Sari Buah Merah Papua Untuk Kesehatan

Tahukah Anda manfaat buah merah Papua untuk kesehatan kita? Buah asli endemik Pulau Papua ini merupakan buah asli Papua yang tidak bisa di temukan di pulau lain. Memang benar Papua bukan saja memiliki kekayaan alam tambang saja, Tetapi banyak keanekaragaman hewan dan tumbuhan asli Papua.
Bahkan, tidak sedikit yang mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan dan mengobati penyakit. Buah yang memiliki ciri-ciri berwarna merah dan panjang ini mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang sangat banyak. Bahkan, buah ini memiliki kandungan utama berupa tokoferol dari buah merah, sehingga buah merah memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Sari Buah Merah

Masyarakat lokal Papua mempercayai bahwa manfaat sari buah merah mampu mengobati berbagai jenis penyakit kronis, meskipun penyakit tersebut sudah diklaim dokter tidak bisa disembuhkan. Dengan buah merah banyak penyakit berbahaya yang bisa disembuhkan.
Orang-orang di Papua memanfaatkan buah merah bukan dalam bentuk utuh buah, tetapi mereka mengolahnya lagi untuk dapat mengambil kandungan minyak buah merah. Selain dalam bentuk minyak buah merah, mereka juga membuat obat alami ini dalam bentuk ekstrak buah merah asli Papua. Dari olahan tersebut, buah merah bisa mengandung manfaat yang banyak sekali.

Manfaat Ekstrak Dan Minyak Buah Merah Papua

Kita pasti tercengang jika ternyata buah merah mempunyai khasiat mengobati penyakit virus berbahaya HIV/AIDS. Banyak kalangan medis yang memberi pendapat bahwa kandungan dari ekstrak buah merah dari Papua mempunyai khasiat mengobati penyakit HIV/IADS.
Ini merupakan inovasi yang sangat baru dan ditunggu-tunggu masyarakat dunia, sebab sampai saat ini belum ditemukan antivirus untuk membunuh virus HIV/AIDS. Dengan begitu, sekarang ini kita semakin tau bahwa buah merah memang efektif mengobati penyakit kronis, bahkan penyakit langka seperti HIV sekalipun.
Seperti yang ketahui bahwa, pulau Papua menempati urutan pertama penderita HIV/AIDS di tanah air. Tentu saja keberadaan buah merah ini menjadi berita yang baik bagi masyarakat disana, sebab mereka bisa memanfaatkan buah merah yang memang asli dari tanah kelahiran mereka. Meskipun mudah didapat, namun tetap saja menjadikan buah merah sebagai obat harus melalui proses yang tepat dan higienis sehingga manfaat yang akan di dapat pun bisa efektif.

Manfaat Minyak Buah Merah

Selain bisa dijadikan obat HIV, ternyata buah merah pun bisa diolah menjadi minyak yang bermanfaat, salah satu manfaat dari minyak buah merah adalah mengatasi gangguan asam urat. Selain itu, minyak tersebut juga baik untuk mengobati penyakit diabetes melitus.
Bahkan, manfaat minyak buah merah tersebut juga sangat baik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Sebab, pada buah merah mengandung tokoferol, berupa senyawa yang berfungsi mengendalikan tekanan darah dan kerja liver, sehingga sangat baik untuk mengatur kadar asam urat dalam darah.
Demikian manfaat buah merah Papua yang bisa kita dapatkan dalam bentuk sari maupun minyak buah merah Papau. Semoga bermanfaat dan menambah referensi obat herbal alami untuk keluarga Anda.


Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi orang Indonesia, manfaat buah salak untuk kesehatan sudah cukup lama dikenal. Salak merupakan buah asli Indonesia yang tumbuh dengan mudah di negara kita yang beriklim tropis ini. Kita juga bisa menemukan tanaman salak dan membeli buah salak di mana-mana karena memang buah yang satu ini sangat mudah dijumpai.
Rasa salak yang eksotis, sedikit asam, sedikit manis dan sedikit sepat membuat orang sangat menyukainya. Di samping rasanya yang enak, buah salak ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan serat yang tinggi dalam buah salak dapat membantu tubuh dalam mengatasi dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Buah salak sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Anda yang berencana menurunkan berat badan. Buah salah kaya akan serat dan serat sangat dibutuhkan oleh mereka yang sedang berdiet agar merasa kenyang lebih lama.

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh

Serat salak terbanyak terdapat pada kulit aria atau kulit tipis yang menempel pada daging buah salak. Oleh karena itu, jika ingin mengkonsumsi salak untuk diet, sebaiknya buah salak dimakan tanpa menghilangkan kulit arinya.
Manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh antara lain untuk kesehatan mata. Kandungan betakaroten yang cukup tinggi dalam buah salak dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu, salak bisa juga digunakan untuk mencegah penyakit diare.
Banyak orang menggunakan salak untuk mengobati diare. Kandungan gizi dalam sebuah salak antara lain adalah protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor dan kalsium. Sedangkan untuk vitaminnya, buah salak mengandung banyak sekali vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.
Buah salak juga dikenal dapat menjaga kesehatan otak. Kandungan potassium dalam buah salak sangat dibutuhkan oleh sistim saraf untuk meningkatkan kinerja otak. Apabila otak dapat bekerja dengan baik, maka organ-organ tubuh lainnya juga akan berfungsi dengan baik tanpa masalah. Buah salak juga diketahui dapat melancarkan BAB dan mencegah sembelit.
Ini mungkin berbanding terbalik dengan apa yang dipercayai masyarakat bahwa mengkonsumsi buah salak justru akan membuat kita susah BAB. Hal tersebut hanya mitos yang tidak benar. Sebab, sekali lagi, kulit ari yang terdapat pada buah salak mengandung serat yang tinggi sehingga justru dapat mencegah sembelit.
Mengingat besarnya manfaat buah salak untuk kesehatan tentu kita tak akan ragu-ragu lagi untuk mengkonsumsi buah salak. Akan tetapi jaga agar konsumsinya tidak terlalu banyak. Dalam satu hari, Anda boleh mengkonsumsi buah salak sebanyak 3-5 buah saja.
Di luar jumlah tersebut dikhawatirkan salak justru akan menimbulkan masalah kesehatan misalnya masalah pencernaan. Harga salak yang murah tentu membuat kita tidak akan kesulitan untuk membelinya dimana-mana. Saat ini, salak yang cukup dikenal adalah salak Bali dan salak Pondoh dari Jogjakarta.



Ini khasiat buah duku yang jarang diketahui
Merdeka.com - Lansium parasiticum adalah nama keren dari buah duku atau langsat. Buah tersebut merupakan spesies pohon dalam keluarga Mahoni, yang berasal dari bagian barat Asia Tenggara. Di Filipina, buah duku dikenal sebagai lanzones, sementara di Thailand, duku disebut longkong. 


Buah duku telah lama diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ingin tahu khasiat apa saja yang terkandung dalam buah duku? Berikut adalah hasil rangkuman merdeka.com dari Livestrong.com. 


1. Vitamin A

Duku kaya vitamin, terutama vitamin A, B1 dan B2, dan mineral. Vitamin A adalah kelompok vitamin yang larut dalam lemak yang meliputi retinol dan karotenoid. Karoten yang terkandung dalam duku merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi sel dari radikal bebas.

2. Vitamin B

Vitamin B1 atau tiamin membantu untuk memecah gula dalam tubuh. Mendukung pertumbuhan tubuh dan produksi sel darah merah, dan riboflavin atau Vitamin B2 membantu tubuh melepaskan energi dari karbohidrat.

3. Serat

100 gram buah duku mengandung lebih dari 2 gram serat. Jumlah tersebut bisa memenuhi 8 sampai 11 persen kebutuhan serat untuk wanita dewasa dan 6 sampai 8 persen kebutuhan serat untuk pria dewasa. Makanan tinggi serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan juga membantu mencegah sembelit.

4. Antioksidan alami

Buah duku merupakan sumber antioksidan alami. Selain mengandung beberapa vitamin A, buah ini juga mengandung polifenol, antioksidan alami yang lain. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2006 dalam "Food Chemistry" menemukan bahwa langsat atau duku memiliki kemampuan antioksidan yang mirip dengan buah-buahan tropis lainnya seperti pisang dan pepaya. 

Inilah beberapa manfaat dari buah duku atau langsat. Semoga bermanfaat!



7 Khasiat buah pepino yang jarang diketahui

Merdeka.com - Buah pepino cukup populer di Indonesia. Buah yang memiliki nama keren Solanum muricatum ini adalah jenis tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Rasa pepino sering digambarkan sebagai perpaduan antara melon dan pir. Bagi Anda yang ingin tahu apa khasiat dari pepino, berikut adalah hasil rangkuman merdeka.com dari womenfitness.net.

1. Memberi energi
Buah pepino mengandung glukosa yang dapat memberi suntikan energi yang besar pada tubuh. Pepino bisa meningkatkan stamina Anda.

2. Kaya antioksidan
Buah ini juga kaya antioksidan beta-karoten yang dapat mencegah segala macam penyakit. 

3. Penuh nutrisi
Buah pepino juga dikemas dengan banyak nutrisi. Itulah mengapa banyak yang menyebutnya sebagai buah super.

4. Baik untuk hati
Buah ini baik untuk mengobati penyakit hati dan menurunkan tekanan darah. Buah ini juga memiliki khasiat yang besar bagi orang-orang yang menderita stroke - untuk menyembuhkan diri mereka dengan lebih cepat. 

5. Kesehatan jantung
Buah pepino juga diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung, sehingga Anda bisa mengonsumsinya setiap hari.

6. Mencegah kanker
Pepino juga dapat membantu mencegah kanker dan diabetes (dapat mengatur kadar gula darah karena kandungan serat yang tinggi), dan kolesterol. Ditambah lagi, pepino memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi nyeri dan peradangan.

7. Kaya vitamin
Pepino mengandung banyak vitamin, seperti A, C, K, B, serta protein, besi dan tembaga, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Bukan cuma itu. Buah ini juga dikatakan mengandung kalsium yang baik untuk tulang, kalium yang diperlukan untuk mengontrol tekanan darah.

Inilah tujuh khasiat menakjubkan dari pepino yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat!






Luar biasa! Ini manfaat kersen bagi kesehatan

Merdeka.com - Muntingia calabura adalah nama keren dari kersen atau talok. Pohon kersen bisa ditemui di mana saja karena itu tumbuh liar. Pohon kersen juga tergolong pohon yang cepat tumbuh dengan tinggi bisa mencapai 5-10 meter. 

Memiliki daun berbulu dan lengket, pohon kersen mempunyai buah berwarna merah - saat matang - dengan diameter sekitar 1,5 cm. Daging buah kersen halus dan memiliki rasa manis. Dan meski telah lama dikenal sebagai pohon yang bisa tumbuh liar di mana saja, kersen rupanya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran? Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari pohon kersen yang dirangkum merdeka.com dari stuartxchange.org.

1. Antibakteri
Menurut beberapa penelitian, kersen memiliki sifat antibakteri yang sebanding dengan antibiotik standar yang biasa digunakan dalam dunia medis. Para peneliti juga menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.

2. Antioksidan
Sebuah studi juga menunjukkan bahwa kadar antioksidan yang tinggi dalam buah kersen. Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

3. Antiseptik
Rebusan daun kersen dapat membunuh mikroba atau bisa digunakan sebagai antiseptik. Daun kersen terbukti bisa membunuh bakteri, termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Sifat anti-bakteri itu berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun kersen, seperti tanin, flavonoid dan saponin.

4. Anti-inflamasi
Rebusan daun kersen juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga dapat menurunkan demam.

5. Anti-tumor
Daun kersen juga dilaporkan memiliki efek anti-tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Mengobati asam urat
Di Indonesia, buah kersen sering digunakan untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

7. Melindungi jantung
Ekstrak daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

8. Kram perut
Bunga kersen dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan untuk mengobati kram perut. Anda hanya perlu merebus buang kersen dan meminum airnya.
 

9. Anti-kanker
Salah satu studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen, dengan ditemukannya flavonoid sitotoksik baru pada akar kersen.

Inilah sembilan manfaat mengejutkan yang dimiliki oleh pohon kersen - yang ditemukan pada buah, batang, daun, dan akarnya. Karena sekarang Anda sudah tahu apa saja manfaat kesehatan dari pohon kersen, Anda bisa mencoba untuk menanamnya sendiri di rumah. 


7 Alasan sehat untuk lebih banyak makan buah pir

Merdeka.com - Buah pir hampir sama familiarnya dengan buah apel di Indonesia. Mengonsumsi buah ini secara rutin mampu menjauhkan Anda dari berbagai macam kesehatan terutama yang bisa berujung dengan penyakit kronis. Sebab buah pir kaya akan serat, zat antioksidan, dan flavonoid yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah alasan agar Anda mengonsumsi lebih banyak buah pir.
·         Pir dikemas dengan nutrisi sehat seperti Vitamin D, B12, K, E, C, K, A dan B, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh.
·         100 gram pir mengandung 3,1 gram serat. Mengonsumsi buah ini secara teratur mampu menyehatkan usus besar Anda dan mencegah kanker. Polisakarida non-larut (NSP) serat dalam buah pir bekerja mampu bermanfaat sebagai obat pencahar.
·         Serat dalam pir mengikat racun penyebab kanker dan bahan kimia dalam usus besar serta melindungi dinding usus besar.
·         Buah pir rendah akan kalori. Setiap 100 gram pir hanya mengandung 58 kalori. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu makanan sehat untuk menurunkan berat badan.
·         Buah pir merupakan sumber vitamin B2, C, E, tembaga dan kalium yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.
·         Satu buah pir mengandung 212 miligram kalium yang dapat menyehatkan hati, meningkatkan fungsi otot, mencegah pembekuan darah, dan menyehatkan mata.
·         Dengan kandungan glikemik yang rendah, maka makan buah pir dapat mengendalikan lonjakan kadar gula darah.
Selain dikonsumsi secara langsung, Anda juga bisa mengolahnya sebagai makanan yang lezat. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi buah pir bukan?

Ini khasiat menakjubkan dari buah jamblang!

Merdeka.com - Syzygium cumini adalah nama ilmiah dari buah duwet atau jamblang. Jamblang adalah buah asli dari Bangladesh, India, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Kira-kira apa ya khasiatnya bagi kesehatan? Berikut adalah hasil rangkuman kami dari WebMD tentang khasiat buah jamblang bagi tubuh. Yuk simak bersama!

1. Obat diabetes
Jamblang juga sering digunakan untuk mengobati diabetes. Buah ini memiliki indeks glikemik rendah, yang membuatnya jadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Complement Ther Med tentang efek anti-diabetes dari buah jamblang, menunjukkan bahwa buah ini memiliki potensi yang signifikan untuk pengobatan diabetes.
Studi lain menunjukkan bahwa benih jamblang bisa menurunkan kadar gula darah sebesar 30 persen. Buah ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko komplikasi sekunder diabetes.
2. Meningkatkan kekebalan tubuh dan menguatkan tulang
Buah ini juga memiliki banyak nutrisi seperti kalsium, zat besi, kalium dan vitamin C, yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang.
3. Membantu meningkatkan hemoglobin
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Annamalai, buah yang kaya akan vitamin C dan zat besi ini dapat membantu meningkatkan hemoglobin dan mengobati anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi dan kekurangan vitamin C.
4. Mencegah penyakit jantung
Jamblang sarat akan nutrisi seperti asam ellagic/ellagitannins, anthocyanin dan anthocyanidins yang membuatnya memiliki sifat anti-inflamasi. Buah ini juga mengandung antioksidan yang kuat, yang dapat mencegah oksidasi kolesterol dan plak formasi yang berkontribusi terhadap peningkatkan risiko penyakit jantung.
Selain itu, buah ini juga merupakan sumber kalium (100 gram buah jamblang mengandung 55 mg kalium) yang dapat membantu mencegah hipertensi, faktor risiko untuk penyakit jantung.
5. Mencegah kanker
Beberapa studi telah menyelidiki sifat chemoprotective dari jamblang. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Jagetia GC dan rekannya, ekstrak dari buah jamblang memiliki sifat radioprotective, yang menunjukkan bahwa ekstrak jamblang mampu menghambat radiasi yang disebabkan generasi radikal bebas yang dapat memicu kanker.
Inilah khasiat menakjubkan dari buah jamblang yang belum banyak diketahui.

1 komentar: