Sabtu, 18 April 2015

Kesehatan Bayi dan Anak

7 Nutrisi penting yang dibutuhkan anak-anak

Merdeka.com - Kesehatan seorang anak secara langsung terkait dengan pola makan mereka. Penerapan pola makan yang baik sejak usia dini sangat penting untuk perkembangan anak di masa depan. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang enam nutrisi penting dan sumber makanan terbaik untuk kesehatan anak-anak, seperti dilansir Health Me Up.

Protein

Protein diperlukan untuk untuk membangun sel, melawan infeksi, menghasilkan energi, dan mengangkut oksigen. Makanan kaya protein meliputi:
Daging tanpa lemak
Susu
Ikan
Telur
Kacang-kacangan
Buncis
Kedelai

Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber penting energi. Anak Anda harus makan lebih banyak pati dan serat selama masa pertumbuhan. Makanan kaya karbohidrat meliputi:
Beras merah
Sereal gandum dan roti
Kentang
Pasta

Lemak
Lemak merupakan sumber energi yang baik bagi anak-anak dan mudah disimpan dalam tubuh mereka. Makanan yang mengandung lemak sehat meliputi:
Produk olahan susu 
Minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak kedelai, dan minyak bunga matahari
Daging
Lemak ikan
Kacang-kacangan

Kalsium
Untuk membangun tulang dan gigi yang sehat, anak-anak butuh asupan kalsium selama masa pertumbuhan. Kalsium juga penting untuk saraf, otot, dan fungsi jantung. Makanan kaya kalsium meliputi:
Susu
Yogurt
Keju
Es krim
Kuning telur
Brokoli
Sayuran hijau
 
Tahu

Besi
Besi sangat penting untuk kesehatan anak Anda. Besi dibutuhkan dalam produksi hemoglobin, pigmen pembawa oksigen dalam darah, dan mioglobin, pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot. Makanan yang mengandung banyak zat besi antara lain:
Daging merah
Hati
Unggas
Bayam
Oats
Polong-polongan
Kacang-kacangan

Serat
Asupan serat yang cukup mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker di masa dewasa. Makanan yang mengandung banyak serat meliputi:
Sereal gandum
Buah-buahan dan sayuran
Jagung
Kacang-kacangan

Folat
Folat juga penting bagi anak-anak. Folat adalah vitamin B yang sangat penting untuk perkembangan tubuh yang sehat dan fungsi sel anak. Makanan kaya folat antara lain:
Sereal gandum
Sayuran berwarna hijau seperti brokoli dan bayam
Polong-polongan

Selama masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan banyak nutrisi untuk tubuh mereka. Dengan begitu, tubuh mereka bisa tumbuh dengan sempurna dan sehat di masa dewasa.

Manfaat Jagung Untuk Bayi

Manfaat lain dari jagung yang perlu Anda ketahui yaitu untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungannya.Manfaat jagung untuk bayi yang ada dalam kandungan yaitu dapat menurunkan resiko bayi lahir cacat, ini karena jagung memiliki kandungan asam folat.

Asam folat adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil agar bayi dapat lahir dengan sehat. Asam folat ini juga bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Sekian yang dapat disampaikan mengenai beberapa manfaat jagung yang penting untuk Anda ketahui, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih telah membacanya.

0 komentar:

Posting Komentar