Sabtu, 11 April 2015

Manfaat Macam Sayuran

5 Manfaat menakjubkan selada bagi kesehatan
Merdeka.com - Selada yang berdaun hijau renyah ini begitu kaya nutrisi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Umumnya Anda mengonsumsi sayuran hijau ini sebagai salad atau dimakan langsung secara mentah. 


Berikut adalah manfaat super daun selada untuk kesehatan seperti dilansir dari magforwomen.com.



Sumber vitamin A

Selada merupakan sayuran yang kaya akan vitamin. Selada segar mengandung banyak vitamin A dan beta karoten. Vitamin A membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit dan juga penglihatan Anda.


Mencegah penuaan dini

Selada mengandung zeaxanthin yang memiliki sifat antioksidan. Zat ini selain mampu mencegah penuaan dini juga mampu mencegah penyakit katarak. Selain itu, kandungan flavonid di dalamnya mampu menghindarkan Anda dari serangan kanker paru-paru dan kanker mulut.


Menguatkan tulang

Kandungan vitamin K di dalamnya mampu memperkuat tulang karena vitamin K akan meningkatkan produktivitas hormon osteotrophic dalam tulang yang mampu mencegah osteoporosis. Vitamin K juga mampu mencegah kerusakan otak neuronal dan mencegah penyakit alzheimer.


Meningkatkan kesuburan

Selada segar kaya akan folat dan vitamin C. Folat membantu meningkatkan kesehatan janin selama masa kehamilan dan juga meningkatkan kesehatan reproduksi baik pria maupun wanita. Sedangkan vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu menghalau serangan penyakit.


Kaya akan mineral

Selada merupakan sumber berbagai jenis mineral seperti besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, dan potasioum. Kalium bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Kalsium bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Sedangkan tembaga dan zat besi membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.


Ternyata selada menyimpan banyak manfaat menarik untuk kesehatan. Namun sebelum mengonsumsinya terutama mengonsumsi dalam keadaan mentah, jangan lupa untuk mencucinya sebab selada adalah sayuran yang rentan terhadap paparan pestisida.

[feb]


10 Manfaat mengonsumsi daun bawang untuk kesehatan tubuh

Merdeka.com - Daun bawang banyak ditemukan sebagai bahan pelengkap dari sebuah masakan. Bahkan banyak yang menggunakan daun bawang sebagai penghias suatu masakan.


Namun tahukah Anda bahwa daun bawang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? Seperti dilansir dari magforwomen.com, daun bawang bermanfaat untuk peningkatan kesehatan kulit, rambut, pencernaan, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.



Selain manfaat tersebut, berikut adalah manfaat lain dari daun bawang untuk kesehatan.



Sumber zat besi

Kandungan zat besi yang ada di dalam daun bawang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel darah merah, meningkatkan kesehatan hemoglobin, dan mampu memperkuat sel jaringan di tubuh.



Memiliki kandungan serat yang baik

Tingginya kandungan serat yang ada di dalam daun bawang baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Serat juga baik untuk mencegah Anda dari resiko sembelit.



Tinggi akan kalium

Siapa yang menyangka bahwa daun bawang juga tinggi akan kalium? Kalium bermanfaat untuk mengatur kadar cairan tubuh, mengurangi masalah jantung, dan mencegah kram otot.



Baik untuk kesehatan jantung

Suatu senyawa bernama cycloaliin yang ditemukan di dalam daun bawang bermanfaat untuk melindungi jantung Anda dari berbagai macam penyakit. Senyawa ini juga berfungsi untuk mengencerkan darah dan mengurangi resiko penyakit aterosklerosis.



Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun bawang yang sering ditambahkan dalam sup bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh Anda dari pilek, demam, dan flu.



Rendah kalori

Daun bawang merupakan termasuk jenis sayur-sayuran, sehingga daun bawang rendah akan kalori.



Tinggi akan anti oksidan

Daun bawang memiliki zat anti oksidan yang bernama quercetin dan kemferfol yang baik baik untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.



Memiliki sifat anti diabetes

Daun bawang mengandung phyto-kimia yaitu allium dan alil disulfida yang memiliki sifat anti diabetes. Zat ini membantu mencegah degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa.



Baik digunakan untuk mengobati cacingan

Apabila buah hati Anda menderita cacingan, jangan ragu untuk memberikan daun bawang sebab daun bawang mampu digunakan untuk mengobati cacingan.



Mampu mengobati infeksi

Daun bawang memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus sehingga baik untuk mengobati infeksi dan luka yang ada di dalam tubuh.



Ternyata di balik bentuknya yang kecil, daun bawang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Jadi jangan buang daun bawang yang ada di dalam suatu masakan!






Ini alasan sayuran hijau baik untuk kesehatan jantung!
Merdeka.com - Jangan malas makan sayur-sayuran, terutama sayuran hijau. Barangkali ini adalah salah satu nasihat yang diberikan oleh para orang tua. Faktanya, sayur-sayuran memang salah satu makanan yang menyehatkan tubuh. Bahkan sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa sayuran hijau baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal ini diungkap oleh peneliti dari Universities of Cambridge dan Southampton. Peneliti menunjukkan bahwa kadar nitrat dalam sayuran berdaun hijau baik untuk kesehatan jantung. Nitrat dalam sayuran berfungsi untuk mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan darah, serta penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah karena penggumpalan darah adalah salah satu faktor yang memicu berbagai komplikasi seperti serangan jantung, stroke, dan lainnya.

"Nitrat yang didapatkan dari sayuran akan mengontrol pengiriman oksigen pada sel dan jaringan serta penggunaannya. Nitrat akan menyeimbangkan antara kebutuhan dan suplai oksigen. Ini akan membantu memastikan tubuh mendapatkan asupan oksigen yang cukup tanpa kekurangan atau berlebihan," ungkap Dr Andrew Murray, peneliti dari Cambridge, seperti dilansir oleh Daily Health Post (01/01).

Sebagai tambahan, ketua peneliti Dr Tom Ashmore menjelaskan bahwa bagian terbaik dari nitrat pada sayuran hijau adalah harganya yang terjangkau. Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang murah dan mudah namun mendapatkan hasil yang signifikan. Anda bisa mendapatkan lebih banyak nitrat dengan mengonsumsi sayuran hijau atau buah bit.

Beberapa makanan yang mengandung banyak nitrat antara lain bayam, selada, buah bit, wortel, peterseli, kubis, lobak, seledri, dan lainnya. Meski begitu, peneliti mengingatkan agar tak terlalu banyak mengonsumsi nitrat. Ini karena kadar nitrat yang terlalu tinggi akan menyebabkan keracunan.



Tangkal radikal bebas dengan makan mentimun!
Merdeka.com - Siapa yang tak kenal dengan mentimun? Buah ini sering digunakan dalam berbagai masakan. Meski sudah familiar dengan buah yang satu ini, namun banyak orang yang tak mengetahui bahwa mentimun bisa mencegah radikal bebas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Mentimun diketahui mengandung 95 persen air yang bisa membantu memenuhi cairan dalam tubuh serta menghilangkan racun. Selain itu, mentimun juga mengandung banyak antioksidan dan vitamin seperti vitamin B, A, C, zea-xanthin, dan lutein. Zat-zat ini diketahui mampu mencegah radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini serta penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti dilansir oleh
 Health Me Up (25/02).

Mentimun juga mengandung banyak mineral seperti magnesium, potasium, dan silikon yang baik untuk rambut dan kulit. Ingin lebih berenergi setiap hari? Mentimun juga bisa membantu Anda terus berenergi karena adanya vitamin B di dalamnya. Tak cuma itu, mentimun juga cocok sebagai camilan bagi Anda yang sedang berdiet, karena mentimun memiliki sedikit kalori.

Mengonsumsi jus mentimun yang dicampur dengan wortel akan memberikan Anda sumber vitamin A, B, dan C yang sangat banyak, serta vitamin D dan folat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mentimun juga bisa digunakan oleh pasien diabetes karena mengandung hormon yang diperlukan oleh pankreas untuk memproduksi insulin.

Untuk kecantikan, mentimun juga memiliki banyak manfaat. Vitamin C yang meningkatkan produksi kolagen akan membantu mencegah munculnya keriput dan membuat kulit terlihat lebih sehat dan muda. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk mengonsumsi mentimun setiap hari dan dapatkan manfaat hebatnya!
[kun]


Doyan makan kangkung? Ini 7 manfaat kesehatan di dalamnya

Merdeka.com - Kangkung adalah salah satu jenis sayuran yang dengan mudah ditemukan di Indonesia. Sayuran ini dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang tentu saja mempunyai banyak penggemar. 

Apakah Anda termasuk orang yang suka mengonsumsi kangkung? Berikut adalah manfaat kesehatan di balik kangkung seperti dilansir dari magforwomen.com.

Meningkatkan kesehatan tubuh
Kangkung kaya akan zat antioksidan bernama phyuto yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu kangkung juga mengandung sejumlah besar vitamin A, C, B kompleks, asam folat, piridoksin, niasin, dan riboflavin.

Kaya akan mineral
Kangkung mengandung mineral yang sangat tinggi seperti kalsium, mangan, besi, magnesium, tembaga, kalium, dan seng. Semua mineral ini bermanfaat untuk respirasi sel dan meningkatkan produksi sel dalam darah.

Menyingkirkan bau mulut
Kangkung mengandung minyak esensial seperti estragole, cineol, icomene, dan phellandrene. Minyak tersebut mampu membantu Anda untuk mengurangi bau mulut yang diakibatkan karena mikroba di dalam mulut.

Mengontrol jumlah trombosit
Sebuah penelitian membuktikan bahwa kangkung mengandung zat kimia tertentu yang baik untuk mengontrol jumlah trombosit di dalam darah. Zat ini juga berfungsi untuk mencegah pembekuan darah di pembuluh darah jantung dan otak.

Mengurangi stres dan gula darah
Kandungan senyawa poli-fenolik di dalam kangkung bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Oleh karena itu apabila Anda menderita diabetes, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang alami daripada mengonsumsi obat-obatan kimia.

Mengobati sakit gigi
Sedang mengalami sakit gigi? Cobalah untuk mengunyah beberapa daun kangkung, sebab minyak esensial di dalamnya yaitu eugenol bermanfaat sebagai zat antiseptik dan anestesi gigi.

Meningkatkan nafsu makan
Kangkung mampu meningkatkan nafsu makan seseorang. Oleh karena itu sayuran ini baik dikonsumsi mereka yang tidak doyan makan. Kangkung juga dikenal sebagai obat dispepsia (mengobati gangguan pencernaan), perut kembung, dan insomnia.

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, ternyata kangkung juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Jadi, jangan ragu untuk memperbanyak konsumsi kangkung. 



Perbanyak makan brokoli untuk cegah asma
Merdeka.com - Sudah banyak saran kesehatan yang menyarankan Anda untuk memperbanyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau. Selain dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, makan sayuran hijau juga mampu membantu menurunkan berat badan Anda dengan cepat.

Baru-baru ini penelitian yang dilakukan di University of Melbourne mengatakan bahwa banyak makan brokoli dapat membantu menyehatkan paru-paru penderita asma. Hal ini disebabkan karena brokoli mengandung sulforaphane alami di dalamnya. Zat alami ini bermanfaat untuk menyehatkan paru-paru penderita asma bahkan juga mampu mencegah penyakit asma pada anak-anak.

"Tak hanya mengandung sulforaphane, brokoli juga tinggi akan vitamin A, C, B6 dan zat besi. Semua nutrisi alami ini mampu meningkatkan kesehatan paru-paru," kata Dr Tom Karagiannis, pemimpin penelitian ini.

Dia juga menambahkan bahwa sayuran yang termasuk dalam keluarga cruciferous termasuk kubis, kembang kol, kale, dan pok choy banyak mengandung zat antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.




6 Keutamaan mengonsumsi asparagus untuk kesehatan
Merdeka.com - Asparagus, si hijau berbentuk kurus ini banyak ditemui di beberapa jenis makanan barat. Di Indonesia sendiri, asparagus juga sudah mulai familiar untuk dijadikan sebagai bagian dari menu diet. 

Dilansir dari indiatimes.com, ternyata ini alasan kenapa asparagus banyak dikonsumsi sebagai menu sehat.
·         Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asparagus memiliki kandungan anti-inflamasi yang baik untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.
·         Asparagus mengandung vitamin C, E, beta-karoten, seng, selenium, mangan, serta zat antioksidan yang disebut dengan glutathione. Semua nutrisi di atas sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.
·         Asam amino dalam asparagus yang disebut dengan asparagine bermanfaat sebagai diuretik alami. Zat ini juga mampu menghilangkan kelebihan garam dalam tubuh yang bermanfaat untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
·         Mengonsumsi asparagus setidaknya dua kali dalam seminggu bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang serta mencegah pembekuan darah.
·         Kandungan zat antioksidan di dalam asparagus mampu membantu menetralkan radikal bebas yang merusak sel dan menyebabkan penuaan dini.
·         Asparagus juga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan otak sehingga mencegah Anda dari penurunan kognitif karena kandungan folat di dalamnya.

Sebenarnya ada banyak makanan sehat dan alami di sekitar Anda yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah asparagus. Tertarik untuk mencobanya?

4 Manfaat hebat yang tersembunyi dalam asparagus
Merdeka.com - Meski belum terlalu mudah ditemukan dan umum dikonsumsi, namun sudah banyak masyarakat Indonesia yang menikmati enaknya asparagus. Asparagus dinilai sebagai salah satu sayuran tersehat yang kaya akan nutrisi penting. Asparagus mengandung banyak nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit.

Berikut adalah beberapa manfaat dan nutrisi hebat yang terkandung dalam asparagus, seperti dilansir oleh Boldsky (14/10).

1. Mengontrol gula darah
Asparagus adalah salah satu sayuran yang ampuh untuk mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh. Sayuran ini juga kaya vitamin B yang penting untuk menjaga tingkat gula darah agar tetap stabil. Penelitian telah mengungkap bahwa asparagus hijau lebih bermanfaat dibanding asparagus putih. Asparagus hijau mengandung lebih banyak potasium dan mineral yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta vitamin A.

2. Sistem pencernaan
Asparagus adalah makanan yang sempurna untuk pencernaan karena kandungan serat dan vitamin C di dalamnya. Selain itu, asparagus juga mengandung banyak protein yang baik dikonsumsi oleh para atlet.

3. Anti kanker
Asparagus mengandung zat yang penting bernama inulin yang bisa mencegah kanker. Inulin tidak dicerna tubuh hingga sampai di usus besar. Ketika dicerna dalam usus besar, inulin bisa mencegah kanker usus besar.

4. Membuat kulit bercahaya
Asparagus adalah salah satu makanan yang kaya vitamin A yang tak hanya menyehatkan mata tetapi juga menyehatkan kulit. Vitamin A sangat efektif untuk mengatasi kulit yang rusak dan mencegah penuaan dini pada kulit.

Itulah beberapa manfaat hebat yang terkandung dalam asparagus. Asparagus bisa diolah menjadi banyak masakan. Jadi jangan ragu lagi untuk lebih sering mengonsumsi asparagus dan mendapatkan manfaat di atas.



7 Alasan untuk lebih banyak makan buncis
Merdeka.com - Buncis adalah sayuran yang berasal dari keluarga kacang-kacangan. Warna hijaunya seringkali menyemarakkan penampilan sup yang Anda buat. Tak hanya itu, buncis ternyata juga menyimpan banyak manfaat kesehatan karena mengandung serat dan protein yang tinggi di dalamnya.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari buncis seperti dilansir dari healthmeup.com.

Menyehatkan jantung
Karena buncis mampu menurunkan LDL atau kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda, maka kesehatan jantung Anda dapat terjaga. Buncis juga mengandung serat, asam folat, dan potasium yang mencegah adanya komplikasi jantung.

Melancarkan sirkulasi darah
zat besi yang ada di dalam buncis baik untuk meningkatkan produksi hemoglobin yang memungkinkan darah mengangkut lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh sehingga sirkulasi darah akan lebih lancar.

Menguatkan tulang
Buncis mengandung kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk menguatkan tulang Anda.

Membersihkan pencernaan
Tingginya serat di dalam buncis dapat membersihkan sistem pencernaan Anda dari racun serta mencegah iritasi usus besar.

Baik untuk penderita diabetes
Rendahnya indeks glikemik dari buncis membuat sayuran ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buncis juga mengandung glyconutrients yang membantu mengontrol kadar gula darah Anda.

Menenangkan pikiran
Sifat hipoglikemik dalam buncis mampu menenangkan saraf, mengurangi tingkat stres, serta mampu meningkatkan kesehatan mental Anda. Hasilnya pikiran Anda akan lebih tenang dan terkendali.

Direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil
Kandungan asam folat yang ada di dalam buncis bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat. sementara vitamin K mampu meningkatkan perkembangan janin.

Selain manfaat tersebut, buncis mengandung vitamin A, B, K serta mineral seperti potasium yang bermanfaat tinggi untuk kesehatan secara keseluruhan. Jadi, jangan pernah membuang buncis di dalam sup Anda.



4 Manfaat utama paprika untuk kesehatan
Merdeka.com - Paprika merupakan sayuran yang mampu memberi variasi rasa dalam masakan Anda. Rasanya yang manis dan segar akan membuat masakan Anda bertambah lezat.

Selain itu, di balik warna-warni paprika ternyata tersimpan banyak manfaat kesehatan di dalamnya. Inilah manfaat mengonsumsi paprika seperti dilansir dari indiatimes.com.
·         Paprika mengandung senyawa kimia yang disebut dengan capsaicin. Zat ini mampu membantu dalam mengontrol diabetes dan kolesterol.
·         Karena paprika kaya akan vitamin C, maka mengonsumsi paprika baik untuk meringankan peradangan dan mampu bekerja sebagai zat antioksidan yang kuat. Mengonsumsi paprika juga dapat membantu dalam penyerapan zat besi.
·         Paprika adalah sayuran yang rendah akan kalori. Sebab satu buah paprika hanya mengandung 30-40 kalori sehingga dapat Anda jadikan sebagai menu diet Anda.
·         Paprika merupakan sumber lycopene yang baik. Zat ini membantu dalam menurunkan risiko kandung kemih, pankreas, dan kanker serviks.
Itulah keutamaan mengonsumsi paprika untuk kesehatan tubuh Anda. Anda dapat mengolah paprika menjadi berbagai macam hidangan seperti diolah menjadi salad, sebagai topping pizza, atau bahkan mengisi paprika dengan daging cincang dan kemudian dipanggang. Selamat mencoba!

5 Manfaat daun serai untuk kesehatan
Merdeka.com - Daun serai adalah salah satu tanaman yang populer digunakan di negara Asia, termasuk Indonesia. Serai memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga sering digunakan dalam berbagai masakan. Meski hanya diketahui sebagai tambahan perasa dalam makanan, sebenarnya serai mengandung banyak manfaat kesehatan.

Serai memiliki zat anti mikroba, antioksidan, anti-kanker, dan anti peradangan. Selain itu, serai juga salah satu sumber terbaik untuk vitamin A, C, folat, zat besi, magnesium, tembaga, potasium, kalsium, dan mangan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi serai, seperti dilansir olehHealth Me Up (16/09).

1. Membantu sistem pencernaan
Karena zat anti mikroba yang ada di dalamnya, serai membantu fungsi usus dan pencernaan. Mengonsumsi serai secara teratur bisa melawan bakteri buruk dan parasit yang menyebabkan masalah pencernaan seperti konstipasi, diare, kelebihan gas dalam lambung, dan lainnya.

2. Menurunkan tingkat gula darah
Minum teh yang dicampur serai akan membantu mengeluarkan racun dari pankreas dan meningkatkan fungsinya. Ini juga akan membantu Anda mengontrol dan menurunkan tingkat gula dalam darah.

3. Mengalahkan insomnia
Terlepas dari proses pembersihan, serai juga memiliki efek menenangkan yang membantu Anda tidur lebih nyenyak dan mengatasi insomnia. Serai akan menyeimbangkan zat kimia dalam tubuh yang memicu insomnia atau masalah saraf.

4. Menurunkan berat badan
Selain mengeluarkan racun dari tubuh, menambahkan serai pada teh juga bisa membantu mengurangi lemak. Mengonsumsi serai juga memberikan efek diuretik yang membuat racun dan zat sampah keluar dari tubuh dengan cepat. Ini nantinya akan membantu proses penurunan berat badan.

5. Kesehatan kulit
Serai bisa memurnikan darah dan melancarkan sirkulasi darah. Ini bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat atau eczema. Selain itu, serai juga membuat kulit bercahaya secara alami.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi serai. Tambahkan serai pada masakan Anda atau pada minuman hangat seperti teh secara teratur untuk merasakan khasiatnya.



Mulai cegah batu ginjal hingga kanker, ini 8 khasiat seledri!
Merdeka.com - Masyarakat Indonesia tentunya sudah tak asing dengan seledri. Seledri adalah salah satu sayuran hijau yang biasa digunakan sebagai bahan dalam masakan. Seledri berada dalam family yang sama dengan peterseli, namun mengandung lebih sedikit klorofil.

Selama ini seledri diketahui bahwa seledri bisa menurunkan tekanan darah. Namun ternyata manfaat seledri tak hanya itu saja. Masih banyak lagi manfaat seledri yang belum diketahui. Daun seledri mengandung banyak vitamin A, B1, B2, B6, dan vitamin C yang kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, sodium, dan asam amino.

Berikut adalah beberapa manfaat seledri, mulai dari menangkal batu ginjal hingga kanker, seperti dilansir oleh Juicing for Health.

1. Kanker
Seledri diketahui mengandung setidaknya delapan zat anti kanker di dalamnya. Di antaranya adalah acetylenics yang diketahui bisa menghentikan pertumbuhan sel tumor. Phenolic acids yang ada di dalamnya juga diketahui bisa menghambat prostahlandins yang memicu pertumbuhan sel tumor. Seledri juga diketahui bisa mencegah radikal bebas yang akan merusak sel.

2. Kolesterol
Jus seledri diketahui bisa menurunkan tingkat kolesterol buruk dalam tubuh, serta menurunkan tingkat kolesterol secara keseluruhan.

3. Kanker perut dan usus besar
Phytocemical yang ada di dalam seledri mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus besar serta kanker perut.

4. Konstipasi
Seledri juga mengandung efek laksatif alami yang membantu meredakan konstipasi. Seledri juga membantu menenangkan saraf yang bekerja terlalu keras akibat zat laksatif yang dibuat manusia.

5. Fungsi ginjal
Seledri memperbaiki fungsi ginjal akan bisa bekerja lebih baik. Seledri juga membantu ginjal mengeluarkan racun dari tubuh. Sementara mengeluarkan racun, seledri juga mencegah pembentukan batu ginjal.

6. Menurunkan tekanan darah
Minum jus seledri selama satu sampai tiga minggu diketahui bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini karena zat bernama pthalides dalam seledri membantu arteri menjadi lebih tenang dan santai. Ini akan membantu darah mengalir lebih lancar.

7. Sistem saraf
MIneral dalam jus seledri juga diketahui bisa menenangkan sistem saraf. Ini membuat jus seledri cocok untuk mengatasi Anda yang sedang mengalami insomnia.

8. Mencegah kencing batu
Efek diuretik yang diberikan jus seledri akan membantu melancarkan pengeluaran zat sisa dalam tubuh. Dengan begitu, seledri juga bisa mencegah terbentuknya batu dalam kandung kemih yang bisa menyebabkan penyakit kencing batu.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi jus seledri atau makan seledri. Jika ingin mendapatkan manfaat di atas, Anda bisa mencoba mengonsumsinya setiap hari.



10 Manfaat mengejutkan mengonsumsi seledri untuk kesehatan

Merdeka.com - Sayuran berdaun hijau selalu baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah seledri. Baik daun, batang, maupun akar seledri menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. 

Selain dikenal sebagai sayuran penambah aroma masakan, daun seledri juga dikenal sebagai tanaman obat. Berikut adalah manfaat kesehatan dari daun seledri seperti dilansir dari magforwomen.com.
·         Seledri merupakan sumber vitamin A dan juga zat besi lainnya seperti zat besi, kalium, dan mineral.
·         Banyak sayuran yang akan kehilangan vitaminnya setelah dimasak. Namun seledri berbeda. Kandungan vitamin seledri akan tetap utuh sebesar 80% walaupun telah dimasak.
·         Seledri bermanfaat untuk para atlet, karena nutrisi seledri dapat mengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang.
·         Apabila Anda merasa gerah karena sinar matahari, Anda dapat mendinginkan tubuh dengan jus seledri.
·         Seledri dapat mengurangi keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan manis dan makanan yang dapat membuat berat badan tubuh Anda bertambah.
·         Seledri dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga agar ginjal Anda tetap berfungsi dengan baik.
·         Seledri mencegah pembentukan batu di kantung empedu dan juga dapat menghindarkan Anda dari sembelit.
·         Seledri juga baik untuk menghindarkan Anda dari kanker perut.
·         Seledri akan menenangkan sistem saraf Anda dan juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi.
·         Akar seledri efektif untuk mengembalikan nafsu makan Anda yang hilang.
Walaupun kecil, ternyata seledri mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Jangan ragu untuk mengonsumsi seledri untuk kesehatan Anda.




7 Manfaat Mengagumkan Kubis Bagi Kesehatan Tubuh Anda


Kubis merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang sering menghiasi setiap menu masakan harian setiap orang. Sebagian orang menggunakan kubis sebagai bahan lalapan (pelengkap dari berbagai makanan yang dikonsumsi). Karena termasuk kedalam jenis sayur mayur, maka tak mengherankan kubis juga mengandnng berbagai zat atau kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehata tubuh manusia. Banyak Sekali manfaat luar biasa kubis bagi kesehatan anda. Lalu, apa saja manfaat mengagumkan kubis bagi kesehatan tubuh tersebut...???

    Sahabat, tips kesehatan. Kubis atau kol merupakan jenis sayuran yang sebagian besar daunnya bewarna hijau pucat dengan bentuk bulat serta lonjong. Sayuran ini lebih nikmat disantap saat mentah sebagai lalapan. Meskipun begitu, tidak sedikit dari kita yang mengolahnya menjadi satu masakan yang tak kalah lezatnya. Memulai menghidangkan kubis ke dalam menu makanan harian merupakan langkah besar untuk gaya hidup sehat di zaman modern. Ini dikarenakan, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari kubis tersebut. Tips kesehatan, berikut ini 7 manfaat mengagumkan kubis bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Memperkuat Sistem Imun Tubuh. Faktanya, kubis merupakan sumber vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Kandungan vitamin C dari kubis lebih besar dari buah jeruk. Jadi, mengkonsumsi kubis dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang anda miliki.
  2. Menyehatkan Organ Pencernaan. Faktanya, kubis merupakan jenis sayuran yang merupakan sumber serat yang tinggi. Oleh karena itulah, kubis dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan serta menghindarkan dari gejala susah buang air besar atau sembelit.
  3. Penangkal Kanker Yang Efektif. Faktanya, kubis mengadung sumber antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan dalam kubis inilah yang mampu menjaga tubuh dari berbagai radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit kanker. Fakta lainnya, wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi kubis untuk meminimalisir kanker payudara yang bisa membahayakan para wanita tersebut.
  4. Nutrisi Untuk Mata Anda. Faktanya, kubis mengandung sumber nutrisi yang bernama beta karoten. Beta karoten ini dapat membantu mempertajam daya lihat mata sekaligus menangkal katarak dan mencegah penurunan daya lihat orang yang sudah tua.
  5. Penurun Berat Badan Yang Alami. Faktanya, kubis mengandung berbagai vitamin, mineral dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh serta rendah kalori. Jadi, Sayuran kubis akan lebih efektif bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badannya secara alami.
  6. Salah Satu Makanan Bagi Otak. Faktanya, kubis khususnya kubis merah mengandung vitamin K serta antosianin yang akan menutrisi organ otak. Kedua zat tersebut dapat membantu meningkatkan konsentrasi di otak lebih baik. Selain itu, vitamin K dapat menghindarkan seseorang dari penyakit Alzheimer dan demensia.
  7. Sayuran Terbaik Untuk Tulang Anda. Faktanya, kubis mengandung sumber mineral antara lain kalsium, magnesium serta potasium. Aneka mineral dalam kubis inilah yang membuatnya sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

          Demikianlah tips kesehatan yang membahas khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 


7 Manfaat Daun Kemangi Yang Menakjubkan

Daun kemangi lebih dikenal orang sebagai penghilang bau mulut. Tetapi pada dasarnya manfaat daun kemangi tidak hanya itu saja. Selain rasanya yang enak dan segar, ada banyak sekali manfaat yang diberikan setelah mengkonsumsi daun kemangi.

7 Manfaat Daun Kemangi

Berikut adalah manfaat yang diberikan daun kemangi untuk kesehatan tubuh anda. 
1. Meningkatkan kekebalan
Kekebalan tubuh dapat ditingkatkan hanya dengan mengkonsumsi daun kemangi. Hal ini dikarenakan daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang bertugas sebagai peningkat respon antibodi. Kandungan tersebut juga dapat menjaga ataupun memperbaiki sel-sel yang rusak. Bahkan mampu meningkatkan fungsi mata manusia.
2. Mencegah kemandulan
Daun kemangi memiliki kandungan zat arginin yang dapat membuat daya hidup sperma semakin kuat dan juga mencegah kemandulan.
3. Mengobati panu
Daun kemangi ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati panu. Cukup dengan menghaluskan daun kemangi yang sudah dicuci bersih, beri sedikit kapur sirih dan kemudian oleskan ke bagian panu.
4. Mengobati sariawan
Sariawan juga bisa disembuhkan dengan daun kemangi. Caranya hanya dengan mengunyah dun kemangi dan memakannya, kemudian minum airhangat. Lakukanlah 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.
5. Membantu perkembangan tulang
Manfaat daun kemangi lainnya yaitu dapat membantu perkembangan tulang. Daun kemangi ternyata memiliki kandungan kalium dan juga fosfor yang sangat baik untuk pembentukan dan perkembangan tulang anda. Daun kemangi juga dapat mencegah adanya pengeroposan tulang.
6. Melancarkan aliran darah
Kandungan magnesium yang terdapat didalam daun kemangi membantu membuat jantung dan pembuluh darah menjadi rileks. Hal ini mengakibatkan aliran darah dalam tubuh tetap lancar.
7. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan beta karoten dan juga magnesium yang ada dalam daun kemangi dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Keduanya adalahmineral penting yang dibutuhkan oleh jantung. Masih ada banyak lagi manfaat daun kemangi yang dapat anda manfaatkan sebaik mungkin. Selain rasanya yang enak dan baunya yang segar, kemangi juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.



Inilah Khasiat Mengejutkan Bayam Bagi Tubuh Anda

Bayam menjadi salah satu sayuran berdaun hijau yang sudah tidak asing di telinga dan lidah semua orang. Ini dikarenakan, bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang relatif murah dan mudah di dapatkan oleh semua ibu rumah tangga di pasar tradisional maupun di pasar modern. Segenap anggota keluarga tentu tidak akan menolak, jika bayam menjadi menu harian dalam daftar makanannya. Karena faktanya, bayam memang memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh seseorang. Lalu, apa saja khasiat mengejutkan bayam bagi kesehatan tubuh tersebut...???

    Sahabat, tips kesehatan. Bayam memiliki berbagai kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh seseorang. Berbagai nutrisi yang di maksud yaitu sumber vitamin A dan K, mangan, folat, magnesium, serat,, kalsium dan proteinserta rendah kalori. Berbagai kandungan nutrisi  tersebut menjadikan bayam menjadi salah satu makanan bernutrisi lengkap yang pernah ada di bumi ini. Namun, tak lengkap rasanya tanpa mengetahui berbagai khasiat berbagai nutrisi dalam bayam untuk kesehatan tubuh anda. Tips kesehatan, berikut ini khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda :
  1. Pencegah Kanker Yang Efektif. Bagi sebagian orang, kanker menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan. Untuk itulah, mengkonsumsi bayam mampu mencegah penyakit kanker pada tubuh. Ini dikarenakan, bayam mengandung flavanoid, yaitu jenis antioksidan pencegah kanker seperti kanker payudara.
  2. Jantung Yang Lebih Sehat. Berbagai gaya hidup yang tidak sehat dapat memunculkan penyakit jantung dan berpotensi besar terkena serangan jantung. Untuk itulah, mulailah dengan mengkonsumsi sayuran bayam tersebut. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam bayam mampu membuat jantung terjaga kesehatannya sepanjang waktu.
  3. Meningkatkan Memori dan Kesehatan Otak. Seiring bertambahnya usia seseorang, maka kemampuan mengingat sesuatu apapun pasti berkurang. Untuk itulah, untuk menyehatkan dan meningkatkan daya ingat otak, mengkonsumsi bayam dapat menjadi salah satu solusinya.
  4. Penglihatan Yang Lebih Baik. Faktanya, bayam merupakan sumber vitamin A. Dan seperti yang sudah kita ketahui bersama, vitamin A Sangat baik untuk menutrisi organ mata atau penglihatan yang anda miliki.
  5. Menyehatkan Organ Pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam bayam sangat efektif menyehatkan organ pencernaan yang anda miliki.
  6. Menutrisi Tulang daan Sendi. Kandungan kalsium dalam bayam mampu menguatkan semua tulang di tubuh anda. Sehingga pengeroposan tulang atau osteoporosis dapat di cegah sedini mungkin dengan rutin mengkonsumsi sayuran bayam tersebut.
     Demikianlah tips kesehatan yang membahas khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


Luar biasa! Ini 6 khasiat kangkung bagi kesehatan

Merdeka.com - Kangkung merupakan salah satu sayuran berdaun hijau yang populer di Indonesia. Tanaman ini biasanya ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Di India, kangkung dikenal sebagai paani palak. Nah, berikut kami sajikan enam manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir stylecraze.com.

1. Mengurangi kolesterol

Kangkung adalah pilihan yang tepat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus membuktikan bahwa konsumsi kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol serta Trigliserida - salah satu jenis lemak. 

2. Penyakit kuning dan hati

Kangkung telah lama digunakan dalam pengobatan penyakit kuning dan masalah hati. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak tanaman ini dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati karena memiliki sifat antioksidan.

3. Mengobati anemia

Kangkung kaya akan zat besi dan itu sangat bermanfaat bagi orang yang terkena anemia serta wanita hamil yang membutuhkan zat besi. Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh sel-sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin. 

4. Mengobati gangguan pencernaan dan sembelit

Kangkung kaya akan serat yang dapat mencegah gangguan pencernaan. Sayur ini bisa menjadi semacam pencahar bagi orang yang menderita gangguan pencernaan dan sembelit. 

5. Anti-diabetes

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin kangkung dapat menurunkan risiko diabetes. Sayur ini juga bisa digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil.

6. Mencegah kanker

Mengandung 13 jenis senyawa antioksidan, kangkung adalah makanan yang tepat untuk pencegahan kanker. Sayur ini juga dikatakan dapat mencegah kanker perut serta kanker kulit dan payudara.

Inilah enam manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

1 komentar: