Sabtu, 11 April 2015

Memelihara Kecantikan

4 Manfaat mengejutkan kubis untuk kecantikan

Merdeka.com - Kubis atau kol adalah sayuran yang masih satu keluarga dengan brokoli dan kembang kol. Sayuran yang ditengarai berasal dari Asia dan Timur Tengah ini dikenal baik untuk pencernaan karena mengandung serat pangan yang mudah larut. Kubis biasa dimanfaatkan untuk bahan makanan. Biasanya dijadikan campuran sup, lalap, atau salad.


Ternyata selain untuk sayuran, kubis juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, lho. Kubis mengandung berbagai vitamin penting seperti vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu kubis juga mengandung mineral yang bermanfaat untuk kecantikan, antara lain kalsium, yodium, sulfur, magnesium, dan zat besi.



Ingin tahu apa saja manfaat kubis untuk kecantikan Anda? Berikut ini kami tampilkan 4 manfaat kubis untuk rambut dan kulit yang dikutip dari Style Craze.



1. Menghaluskan kulit
Kandungan nutrisi dalam kubis dapat mempercantik dan menyehatkan kulit. Pakailah masker dari kubis untuk merawat wajah Anda. Kukus beberapa lembar kubis hingga lunak, kemudian peras dengan handuk kering dan bersih hingga semua cairan dalam kubis berpindah ke handuk. Setelah itu gunakan untuk kompres wajah. Diamkan semalaman, kemudian bilas wajah hingga bersih. 



2. Mencegah jerawat
Sulfur merupakan bahan yang dikenal ampuh untuk mengatasi dan mencegah jerawat. Kandungan sulfur juga bisa ditemukan dalam kubis. Gunakan masker dari jus kubis untuk mencegah jerawat. Anda tinggal mencampurkan sedikit jus kubis dalam masker alami yang biasa Anda pakai, misalnya masker lemon, masker apel, atau masker wortel.



3. Merangsang pertumbuhan rambut
Kubis mengandung banyak vitamin A. Vitamin A ini berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut Anda. Buatlah masker rambut dari setengah buah kubis yang sudah dihaluskan. Campurkan dengan air perasan jeruk lemon. Kemudian gunakan untuk masker rambut. Lakukan pijatan ringan di kulit kepala agar nutrisi masker kubis terserap sempurna. Setelah itu bilas rambut dan kulit kepala dengan air bersih.



4. Mencegah kerontokan rambut
Kubis dapat mencegah kerontokan rambut. Padukan dengan timun yang kaya akan silikon dan sulfur, dan Anda mendapatkan creambath essence yang ampuh untuk memperkuat rambut. Campurkan 30 ml jus kubis dan 30 ml jus timun. Kemudian gunakan untuk masker rambut. Lakukan pijatan ringan di kulit kepala agar nutrisi masker kubis terserap sempurna. Setelah itu bilas rambut dan kulit kepala dengan air bersih.



Itulah 4 manfaat kubis untuk kecantikan rambut dan kulit.


5 Khasiat mengejutkan kentang untuk kecantikan

Merdeka.com - Kentang adalah tumbuhan akar yang dikenal sebagai sumber karbohidrat tinggi. Bahan makanan ini termasuk makanan pokok warga Eropa dan Amerika selain gandum. Selain tinggi karbohidrat, ternyata kentang juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, zat besi, potasium, serat, dan protein.


Karena kandungan nutrisinya yang sangat beragam tersebut kentang bisa digunakan untuk merawat kecantikan. Salah satu khasiat kecantikan kentang yang paling umum diketahui adalah menyamarkan kantung mata. Selain itu kentang masih memiliki manfaat cantik yang lain. Mau tahu apa saja? Berikut ini kami tampilkan 6 khasiat kentang yang dirangkum dari Style Craze.



1. Mengatasi penuaan dini
Nutrisi dalam kentang membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai perawatan anti kerut. Masker dari jus kentang, jika digunakan secara rutin akan menyamarkan garis halus yang muncul di wajah. Selain itu dapat memberikan kilau sehat dan kelembutan pada kulit Anda.



2. Mengatasi jerawat
Selain mengatasi penuaan dini, jus kentang juga dapat mengatasi jerawat yang membandel di wajah. Dinginkan kentang yang sudah diblender hingga halus di dalam lemari es. Setelah itu gunakan untuk facial.



3. Mencerahkan kulit
Siapa sangka kalau kentang juga bisa menjadikan kulit lebih cerah? Anda bisa memanfaatkan masker yang dibuat dari parutan kentang segar sebagai masker untuk menjadikan kulit lebih cerah. Diamkan masker selama 30 menit kemudian bilas wajah hingga bersih.



4. Mengangkat sel kulit mati
Parutan kentang bisa difungsikan sebagai scrub alami yang lembut bagi kulit. Gosokkan parutan kentang segar di wajah dan tubuh. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih. Kulit Anda akan tampak lebih segar dan bercahaya.



5. Menyehatkan rambut
Kentang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan rambut, antara lain mengatasi uban, melembapkan rambut, dan mengatasi kerontokan rambut. Buatlah jus kentang dari parutan kentang yang diperas, campurkan dengan satu butir telur, dan tiga tetes perasan lemon. Oleskan campuran ini di rambut dan kulit kepala. Pijat kulit kepala. Lalu biarkan selama 20 atau 30 menit, baru kemudian bilas hingga bersih.



Itulah 5 khasiat kecantikan yang bisa Anda temukan dalam buah kentang. Selamat mencoba.



5 Khasiat bayam untuk kecantikan kulit dan rambut


Merdeka.com - Bayam merupakan sayuran daun dengan warna hijau tua yang terklasifikasi dalam keluarga Amaranthaceae. Sayuran ini dianggap sebagai salah satu makanan dengan nilai kesehatan tinggi karena mengandung berbagai nutrisi seperti antioksidan, vitamin, dan mineral. Bayam terkenal sebagai sumber zat besi yang sangat baik untuk dikonsumsi para penderita anemia. Selain itu bayam juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K dan berbagai mineral penting. 

Selain bermanfaat untuk kesehatan, sayuran ini juga memainkan peran penting dalam perawatan kulit dan rambut. Mau tahu apa saja khasiat bayam untuk kecantikan Anda? Berikut ini 5 manfaat kecantikan dari bayam yang dirangkum dari Style Craze. 

1. Menyembuhkan Jerawat
Bayam efektif membersihkan jerawat dan menjaga kesehatan kulit. Vitamin A dan vitamin C di dalamnya akan berfungsi sebagai antioksidan yang melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Cara terbaik untuk mendapatkan khasiat anti jerawat dari bayam adalah dengan mengonsumsi bayam dalam keadaan segar. Anda bisa memakannya dalam bentuk salad sayuran atau menjadikannya jus dan green smoothies.

Anda juga bisa membuat masker bayam untuk menyingkirkan jerawat. Padukan bayam yang sudah dihaluskan dengan sedikit air dan oleskan pada wajah Anda selama 20 menit. Masker ini akan menghilangkan kotoran, minyak dan peradangan sekaligus mendinginkan kulit.

2. Sebagai tabir surya
Bayam kaya akan kandungan vitamin B yang melindungi kulit dari sinar ultra violet. Dengan begitu kulit terhindar dari kerusakan akibat pengaruh buruk sinar matahari dan kanker kulit.

3. Manfaat Anti-penuaan
Bayam yang sarat dengan antioksidan akan menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Dengan mengonsumsi bayam secara teratur penuaan kulit akan terhambat dan Anda jadi senantiasa terlihat muda.

4. Memperbaiki kondisi kulit 
Bayam merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin A berfungsi untuk mencerahkan warna kulit dan vitamin C berperan penting dalam memperbaiki sel-sel kulit. Rutin mengonsumsi bayam akan menjadikan kulit Anda tampak berseri-seri.

5. Merangsang Pertumbuhan Rambut
Bayam mengandung paduan vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalium, kalsium, zat besi, magnesium dan asam lemak omega-3 yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Zat besi dalam bayam membantu pengikatan oksigen dalam sel darah merah yang selanjutnya akan didistribusikan ke folikel rambut. Hal ini penting untuk menutrisi batang rambut dari dalam dan menjadikannya kuat.

Itulah lima manfaat bayam untuk kecantikan kulit dan rambut Anda.

0 komentar:

Posting Komentar