Selasa, 14 April 2015

Herbal

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan dan Untuk Diabetes


Manfaat kayu manis ternyata tidak hanya sebagai bumbu dapur saja, kayu manis juga memiliki banyak manfaat yang dapat Anda manfaatkan. Selama ini kayu manis banyak digunakan sebagai bumbu dapur yang dapat menambah cita rasa masakan.
Sesuai dengan namanya, bumbu dapur ini memiliki rasa yang manis dan baunya yang wangi. Selain digunakan sebagai bumbu masak, kayu manis juga banyak dimanfaatkan untuk bahan pelengkap untuk membuat kue ataupun minuman. Bahkan, saat ini minuman kayu manis banyak diminati karena rasanya yang enak dan khas.

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan dan Untuk Diabetes

Tetapi yang terpenting, kayu manis tidak hanya bermanfaat untuk bumbu masak saja. Kayu manis sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan bahkan penampilan Anda. Kayu manis memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan dan wajah Anda.
Kayu manis ini banyak diolah menjadi minyak, minyak yang dihasilkan kayu manis inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk menjaga penampilan serta kesehatan Anda. Berikut ini akan dibahas mengenai manfaat kayu manis bagi kesehatan yang penting untuk Anda ketahui:
1. Mencegah penggumpalan darah
Minyak yang dihasilkan oleh kayu manis dapat dimanfaatkan untuk mencegah adanya penggumpalan darah.
2. Anti bakteri
Kayu manis juga dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur. Hal ini berarti kayu manis dapat digunakan sebagai bahan pengawet alami.
3. Menurunkan resiko terkena penyakit jantung
Selain mengontrol kadar gula, kayu manis juga bermanfaat untuk menurunkan tingkat resiko terkena penyakit jantung dengan mengkonsumsi kayu manis setiap hari.
4. Meningkatkan fungsi otak
Kayu manis memiliki bau khas yang wangi dan cukup tajam, bau kayu manis ini ternyata baik untuk meningkatkan fungsi otak.
5. Menurunkan kolesterol
Kayu manis sangat baik untuk melancarkan pencernaan Anda. Pasalnya, kayu manis mengandung serat, mineral, mangan dan kalsium. Kandungan ini juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol Anda yang berlebih.
6. Menghangatkan tubuh
Kayu manis selama ini memang terkenal sebagai rempah-rempah yang dapat menghangatkan tubuh, sehingga hal ini sangat baik untuk mengatasi penyakit demam ataupun flu.
7. Mencegah dan mengobati diabetes
Manfaat kayu manis untuk diabetes dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsinya secara rutin. Mengkonsumsi kayu manis secara rutin ternyata dapat mengontrol kadar gula dalam darah dan meningkatkan respon insulin.
Selain itu, manfaat lainnya dari kayu manis yaitu kayu manis dapat meringankan rasa sakit saat haid, menghambat pertumbuhan bakteri, mencegah penyakit alzheimer dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Kayu manis memiliki rasa yang khas yaitu manis, pedas, hangat dan juga wangi.

Bumbu dapur ini memang memiliki banyak manfaat, dapatkan tubuh yang sehat dengan memanfaatkan kayu manis. Sekian yang dapat disampaikan, semoga sedikit ulasan mengenai manfaat kayu manis dapat bermanfaat bagi Anda semua yang membaca artikel ini.


Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat daun sirsak sebenarnya sudah diketahui sejak ratusan tahun yang lalu. Pada saat itu, orang-orang di zaman dulu menanam tumbuhan sirsak yang tak hanya dimanfaatkan buahnya saja, tetapi juga memanfaatkan daunnya untuk kebutuhan tubuh.


Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Daun sirsak yang hanya bisa tumbuh di negara tropis ini memiliki banyak khasiat. Ada banyak sekalimanfaat daun sirsak untuk kesehatan yang bisa kita ketahui seperti pengobatan asma atau sesak napas, bisul dan lain sebagainya. Sehingga daun sirsak ini dijadikan tanaman obat yang paling populer dari zaman dulu hingga sekarang.
Semakin berkembangnya teknologi di era globalisasi ini, semakin berkembang pula pemikiran setiap orang untuk mengolah daun sirsak. Maka, ada beberapa perusahaan yang memanfaatkan bahan baku daun sirsak untuk diekstrak menjadi sebuah obat herbal.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat, Kista dan Diabetes

Ya, bagi Anda yang penasaran apa saja manfaat dari daun sirsak, berikut ini ulasannya:
- Mengobati asam urat
Yang pertama adalah manfaat daun sirsak untuk asam urat. Salah satu khasiat daun sirsak yang bermanfaat bagi kita adalah untuk mengobati asam urat. Dengan memanfaatkan ekstrak daun sirsak ini, Anda tidak perlu mahal-mahal membeli obat asam urat. Cara membuat ramuan daun sirsak untuk asam urat, yang pertama adalah ambil dan bersihkan daun sirsak sebanyak 6-10 lembar.

Kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian, lalu rebus dengan 2 gelas air bersih. Rebus hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah matang, minum ramuan daun sirsak yang sudah dibuat. Minum secara teratur dua kali sehari di pagi dan malam hari untuk hasil maksimal.
- Mengobati kista
Selanjutnya adalah manfaat daun sirsak untuk kista. Ya, daun sirsak memang tanaman obat ajaib yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit berbahaya, seperti kista. Adapun cara membuat ramuan daun sirsak untuk mengobati kista, yaitu siapkan 10 lembar daun sirsak lalu cuci bersih dengan air yang mengalir. Kemudian rebus dengan air sebanyak 3 gelas, dan didihkan hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan daun sirsak tadi sebanyak 2 kali sehari selama 1 minggu.
- Mengobati diabetes
Berikutnya adalah manfaat daun sirsak untuk diabetes. Saat ini penyakit diabetes sudah familiar di masyarakat kita. Namun, tak sedikit orang yang mengetahui manfaat daun sirsak untuk mengobati penyakit yang satu ini. Ya, untuk mengobati diabetes cara meramu daun sirsak hampir sama dengan cara meramu daun sirsak untuk asam urat. Namun, waktu yang paling tepat mengkonsumsi daun sirsak bagi penderita diabetes adalah di malam hari sebelum tidur.

Ya, itulah beberapa manfaat daun sirsak yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain kita bisa memanfaatkan buahnya yang segar, kita juga bisa memanfaatkan daunnya yang kaya manfaat bagi tubuh.
  

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Hipertensi, Asam Urat, Kolesterol

Daun salam merupakan salah satu daun yang biasa digunakan oleh para Ibu rumah tangga untuk penyedap dan pengharum masakan. Manfaat daun salam tidak hanya digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan saja, namun juga dapat dijadikan obat tradisional mencegah sekaligus menyembuhkan beberapa penyakit yang ada di tubuh.

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada daun salam sangat baik untuk kesehatan tubuh. Daun salam untuk obat herbal ini sudah dikenal sejak dulu, namun sayangnya belum terkenal seperti obat herbal lainnya. Dalam tulisan kali ini, kami akan memberikan beberapa informasi seputar manfaat yang ada dalam daun salam.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Hipertensi, Asam Urat, Kolesterol

Manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak, diantaranya dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Berikut penjelasan lebih jelasnya.
1. Daun salam untuk kesehatan pencernaan
Manfaat pertama daun salam selain untuk memasak yaitu dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh. Kandungan vitamin dan juga mineral yang ada pada daun salam dapat memperlancar pencernaan dan dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan lainnya. Untuk mengatasi diare menggunakan daun salam caranya mudah, yaitu meminum air rebusan daun salam yang dicampur dengan sedikit garam, minum air ini ketika Anda mengalami diare.
2. Daun salam untuk hipertensi
Manfaat lain dari daun salam yaitu dapat menurunkan hipertensi. Manfaat daun salam untuk hipertensi bisa dirasakan jika Anda meminum air rebusan daun salam rutin setiap hari. Kandungan mineral yang ada pada daun salam membuat peredaran darah semakin lancar dan juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Anda bisa mencampur daun salam dengan daun sambiloto agar khasiatnya lebih manjur.

3. Daun salam untuk asam urat
Asam urat merupakan penyakit persendian yang dapat menyerang siapa saja, terutama orang yang sudah lanjut usia. Untuk mengatasi asam urat, Anda bisa menggunakan daun salam. Manfaat daun salam untuk asam urat dapat menurunkan kadar asam urat pada sendi dan juga meringankan rasa sakit.

4. Daun salam untuk mata
Air rebusan daun salam dapat juga dimanfaatkan untuk mengobati sakit mata dan menjaga kesehatan mata. Cara mengobati sakit mata dengan daun salam sangat mudah, yakni air rebusan daun salam diusapkan pada mata yang sakit secara rutin setiap hari sampai sembuh.
5. Daun salam untuk Kolesterol
Kolesterol memang sangat baik untuk tubuh, namun jika terlalu banyak tentunya menjadi tidak baik. Untuk mengatasi kolesterol jahat pada tubuh, Anda bisa menggunakan cara alami dengan daun salam. Manfaat daun salam untuk kolesterol yaitu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, cara penggunaannya sangat mudah, minum air rebusan daun salam rutin setiap hari minimal dua kali sehari.

Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari daun salam ini. Membuat air rebusan daun salam setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun perlu diingat air rebusan daun salam hanya bisa digunakan sekali saja, jangan rebus daun salam beberapa kali karena dapat mengurangi mineral yang ada pada daun salam. Manfaat daun salam bisa Anda rasakan jika meminumnya setiap hari dan merebus daun salam segar sekali saja.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Manfaat sirih merah, mungkin baru kita dengar dibandingkan daun sirih hijau. Ya, daun sirih merupakan tumbuhan yang seringkali dijadikan sebagai tanaman hias oleh masyarakat. Namun, ada sebagian masyarakat yang percaya bahwa daun sirih merah juga ternyata bisa dijadikan sebagai tanaman obat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bahkan, daun sirih merah yang memiliki nama ilmiah Piper Crocatum ini sudah dijadikan sebagai obat tradisional sejak dulu kala. Bagi Anda yang belum familiar dengan tanaman ini, sirih merah memiliki ciri-ciri memiliki batang hijau keunguan, dengan daun berwarna merah keunguan dan tidak berbunga. Permukaan daunnya sendiri begitu mengkilap dan tidak merata.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih merah ini juga memiliki kandungan betiephenol, pati, seskuiterpen, pati, zat samak, gula, diastasa, zat anti jamur, dan antioksidan. Dengan kandungannya inilah, daun sirih merah memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Adapun manfaat daun sirih merah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional, bisa Anda simak di bawah ini.

Mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan
Sama halnya dengan daun sirih hijau, daun sirih merah memiliki sifat antiseptic yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan. Caranya adalah dengan merebus sebanyak 7 lembar daun sirih merah dengan air secukupnya. Setelah itu, gunakan air rebusan tersebut untuk membilas organ kewanitaan secara teratur.
Mengatasi luka bakar
Untuk mengatasi luka bakar, caranya ambil sejumput daun sirih merah lalu cuci hingga bersih. Peras air daun sirih merah. Setelah itu, beri madu secukupnya dan tempelkan daun sirih yang sudah diperas tadi pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.
Mengatasi penyakit maag
Manfaat sirih merah untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengatasi penyakit maag. Adapun cara mengobatinya, ambil beberapa lembar daun sirih merah lalu cuci bersih. Kemudian haluskan sirih merah tadi dengan ditumbuk atau digiling. Lalu, lumurkan dengan air panas secukupnya dan tempelkan pada perut. Ganti ramuan sebanyak 2 kali sehari hingga maag mereda.
Mencegah gusi berdarah
Adapun cara untuk mencegah gusi berdarah dengan sirih merah adalah ambil 4 lembar daun sirih merah, tambahkan dengan 2 gelas air panas. Dinginkan sebentar dan gunakan untuk kumur-kumur.
Mencegah bau mulut
Caranya adalah dengan menyiapkan 3-4 lembar daun sirih merah, cuci dan peras airnya. Lalu, seduh dengan air panas dan minum ramuan tersebut secara teratur. Sirih merah juga bisa dijadikan obat kumur alami pencegah bau mulut.
Mengobati batuk
Daun sirih merah juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk-batuk. Adapun caranya yaitu, siapkan 15 lembar daun sirih merah dan 3 gelas air. Sebelumnya, cuci daun sirih tersebut hingga bersih lalu didihkan dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Kemudian minum dengan tambahan madu murni. Anda bisa meminum ramuan ini sebanyak 2-3 kali sehari untuk mengobati batuk-batuk.
Itulah beberapa manfaat sirih merah bagi kesehatan beserta cara pengolahannya untuk Anda. Semoga bermanfaat.


Menjadikan Bunga Matahari Sebagai Obat Alami
Vemale.com - Bunga berwarna kuning dengan bagian tengah berwarna cokelat ini sering dijumpai di toko bunga sebagai tanaman hias, namun bukan hanya bentuknya yang cantik dan menarik yang menjadikan bunga ini dikagumi. Bunga matahari juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati masalah kesehatan Anda.
Kebanyakan orang akan berpikir hanya bijinya atau sering disebut dengan kwaci, yang bisa dikonsumsi. Tapi jangan salah Ladies, ternyata semua bagian dari tanaman bunga matahari bisa digunakan, lho.
Seperti dikutip dari www.iptek.net.id, bunga matahari dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa nyeri. Anda hanya perlu merebus bunganya dengan segelas air dan menyisakan separuh air rebusannya, kemudian diminum dua kali sehari setelah makan.
Sedangkan untuk daunnya, dapat menjadi obat antiradang, mengurangi rasa nyeri, dan anti malaria. Cara mengobatinya juga sama, dengan merebus daun dan meminum air hasil rebusannya.
Biji bunga matahari, menurut Dr. James E. Duke, penulis buku Anti-ageing Prescription di permathic.blogspot.com, mengandung triptofan. Selain itu juga banyak mengandung vitamin B kompleks dan B6 yang berguna untuk menjaga kulit tetap cantik dan sehat.
Untuk akar, selain bisa meredakan batuk dan mengatasi keputihan, juga mengobati infeksi saluran kemih. Anda bisa membelinya di toko-toko herbal, merebus dan meminumnya selagi hangat.
Yang terakhir adalah penggunaan sumsum batangnya yang dapat dimanfaatkan untuk erangsang energi vital, menenangkan liver, merangsang pengeluaran air kemih, menghilangkan rasa nyeri pada waktu buang air kemih.
Oleh : Anindya Febi
(vem/rsk)

Daun Pegagan meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan

Dalam pengobatan Ayurveda, meminum ekstrak daun Gotu kola/ Pegagan (Centella Asiatica) dianggap sebagai tonik otak sehingga digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi gangguan saraf, epilepsi, kepikunan, dan penuaan dini.

Di India, pegagan dianggap sebagai herba yang paling spiritual. Tumbuh di beberapa daerah pegunungan Himalaya, pegagan digunakan oleh para yogi untuk meningkatkan meditasi. Mereka menggunakan pegagan untuk mengembangkan cakra mahkota – pusat energi yang letaknya di ubun-ubun kepala – untuk menyeimbangkan kinerja otak kanan dan kiri.
Umumnya pegagan dimanfaatkan dalam bentuk kering. Ada yang dalam bentuk kapsul atau teh celup. Minumlah secangkir teh daun pegagan setiap hari sebelum tidur untuk membantu menenangkan saraf dan  menghilangkan sakit kepala.

Khasiat daun Pegagan:

- membantu melancarkan peredaran darah, terutama ke otak
- membantu mengobati sakit kepala, migrain, vertigo
- meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kecerdasan.

Daun Pegagan dapat membantu Meningkatkan Kecerdasan

Berbagai penelitian membuktikan khasiat pegagan sebagai panasea. Salah satu khasiat yang paling banyak diteliti adalah menyangkut kecerdasan. Maklum saja, sudah sejak lama ia dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan otak. Penelitian terbaru di India bahkan membuktikan, keluarga Umbelliferae itu juga berguna bagi anak yang mengalami keterbelakangan mental.
Penelitian yang dilakukan oleh Prof Veena Kalra, Hilna Zamir, Pandey RM, dan Kala Suhas Kulkarni, dari Research and Development Center, The Himalaya Drug Company, Makali, Bangalore, India itu bahkan sudah memasuki tahap uji klinis pada 2002 dilakukan pada 60 anak usia sekolah–umur 6–12 tahun–yang menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). ADHD adalah kelainan otak yang umum terjadi pada anak-anak, yang dicirikan dengan ketidakmampuan melakukan tugas sederhana, hiperaktif, dan impulsif.
Peserta uji klinis memliki kisaran intelligent quotient (IQ) 90–110. Seluruh peserta dibagi dalam dua kelompok, masing-masing terdiri dari 30 anak. Kelompok pertama diberi plasebo dan digunakan sebagai kontrol. Kelompok kedua diberi ramuan herbal mentat yang sudah dibentuk tablet. Mentat terdiri dari 70 gr Centella asiatica, 136 mg  Bacopa monnieri, 52 mg Withania simnifera, 52 Evovulus alsinodes, 52 mg Nardostachys jatamansi, 50 mgValeriana wallichii, 50 mg Embelia ribes, 50 mg Prunus amiygdalus, 36 mg Tinospora cordifolia, 36 mgTerminalia chebula, 36 mg Emblica officinalis, 32 mg Oroxylum indicum, dan 32 mg Celastrus paniculatus.
Baik plasebo maupun mentat diberikan dengan dosis 2 tablet per hari. Penelitian dilakukan selama 6 bulan. Setiap 2 bulan sekali kemajuan peserta uji klinis dipantau. Pada 4 bulan pertama, kelompok II menunjukkan peningkatan konsentrasi, dibandingkan kelompok I. Gerak motorik kelompok II juga lebih terkontrol dibandingkan kelompok I. Hasil akhir setelah 6 bulan menunjukkan kelompok yang diberi mentat mengalami kemajuan pesat.
Penelitian serupa juga dilakukan oleh B. Sathya dan R. Uthaya Ganga, dari Govt. Siddha Medical College, Palayamkottai, India. Mereka menguji khasiat serbuk pegagan terhadap IQ anak. Hasilnya, serbuk tanaman merambat itu terbukti dapat meningkatkan intelegensia. Limabelas anak yang mengalami hambatan mental diberi 500 mg serbuk pegagan selama 1 bulan. Hasilnya, IQ meningkat sampai 4,6%. Semua anak yang mengikuti uji klinis juga lebih berkonsentrasi.
Selain itu, anak yang berperilaku pasif, pemalu, dan gelisah, berubah menjadi periang, komunikatif, dan kooperatif. Itulah khasiat dari zat asiaticosida yang terdapat dalam pegagan. Senyawa golongan triterpenoid itu mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan. Cara kerjanya dengan melancarkan sirkulasi pasokan oksigen dan nutrisi sel ke otak. Selain itu, daun pegagan juga mengandung senyawa alkaloid yang dapat memberikan energi bagi otak.
Semoga bermanfaat!
(diintisarikan dari majalah Nirmala)



5 Manfaat Daun Kelor Yang Menakjubkan

Daun kelor adalah daun yang terkenal dengan ukurannya yang kecil. Tapi dibalik ukurannya yang kecil, daun kelor ternyata memiliki manfaat yangluar biasa. Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh ini sudah banyak dibuktikan. Ternyata, kandungan vitamin C yang ada di daun kelor 7 kali lipat dari kandungan yang dimiliki buah jeruk. Selain itu, kandungan vitamin A, 4 kali lipat dari kandungan yang dimiliki wortel. Kandungan kalsium yang ada pada daun kelor juga setara dengan kalsium pada 4 gelas susu.

5 Manfaat Daun Kelor Yang Menakjubkan
Untuk itu, berikut adalah manfaat yang diberikan daun kelor.
1. Menyembuhkan penyakit kulit
Daun kelor dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti herpesatau luka bernanah. Caranya cukup mudah, tumbuk daun kelor dan campurkan kapur sirih secukupnya, balurkan ke bagian yang terluka.
2. Mengobati sakit kuning
Caranya cukup mudah, tumbuk halus daun kelor. Kemudian campur dengan air kelapa hijau muda dan beri madu secukupnya. Minum secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
3. Mengobati rematik atau pegal linu
Manfaat daun kelor untuk mengobati rematik sudah banyak dibuktikan. Caranya hanya dengan menggosok bagian yang linu dengan menggunakan tumbukan daun kelor yang telah dicampuri kapur sirih.
4. Mengobati alergi
Untuk mengobati alergi, dapat menggunakan air rebusan daun kelor yang telah dicampur bawang merah dan adas pulasari. Saat merebus, usahakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Minum air rebusan secara rutin setiap pagi dan sore.
5. Mengobati sakit mata
Sakit mata juga bisa diobati dengan tetesan air dari ramuan daun kelor. Daun kelor ditumbuk sampai halus kemudian diberi air dan aduk sampai rata. Diamkan sampai mengendap dan gunakan air tersebut sebagai tetes mata.

Masih banyak lagi manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh anda. Kandungan yang ada di dalamnya tidak boleh disia-siakan begitu saja. Mengkonsumsi daun kelor sehari-hari juga baik untuk kesehatan anda. Semoga sedikit ulasan mengenai daun kelor ini bermanfaat untuk anda dan terimakasih telah membacanya.



Dahsyatnya Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan


Minyak zaitun, tidak hanya memberikan manfaatnya pada perawatan kecantikan saja, melainkan pula padamanfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Dimana, ragam manfaatnya dapat anda peroleh dengan cara yang mudah, tanpa adanya efek samping. Apalagi, kini banyak penyakit yang dengan mudahnya menyerang seseorang, tetapi pengobatannya begitu sulit. Dengan hadirnya minyak zaitun, membantu anda dalam memenuhi kesehatan yang seimbang. Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan layaknya alternatif herbal yang dapat menjaga kesehatan anda. Terbukti secara herbal nan berkhasiat bagi kesehatan seluruh tubuh.

Minyak Zaitun Sebagai Payung Bagi Kesehatan Jantung

Hal tersebut dikarenakan kandungan alaminya, mampu mengontrol kadar kolestrol pada tubuh. Sehingga mampu meminimalisir terjadinya penyakit jantung. Karena penyakit jantung merupakan pembunuh palinga tercepat. Olehsebab itu, hadirnya minyak zaitun menjadi sebuah payung yang dapat memberikan perlindungannya bagi kesehatan jantung anda

Manfaat Bagi Pencegah Kanker

Kandungan nutrisi minyak zaitun, mampu meminimalisir terjadinya kanker, bahkan mampu mencegah terjadinya kanker dalam tubuh. Terutama kandungan antioksidannya yang bekrja secara ampuh nan menyeluruh.

Sebagai Aktioksidan Bagi Kesehatan Kulit

Selain memberikan kesehatan pada organ dalam, minyak zaitun dikenal kaya manfaat bagi kesehatan kulit. Diman nutrisi dari minyak zaitun dapat menghaluskan sekaligus merawat kulit. Apalgi di Indonesia dengan musim tropis, akan menjadikan kulit lebih mudah terasa kering. Antioksidannya mampu memberikan perlindungan terhadap kelembaban kulit.
Dari manfaat minyak zaitun untuk kesehatan di atas, telah ditemukannya ragam khasiat yang begitu dahsyat bagi kehidupan sehari-hari. Menjadikan protect terbaik dalam kehidupan anda, dalam jangka waktu dekat maupun panjang. Yang pastinya, perlindungan tersebut khususnya untuk memacu kesehatan tubuh, baik itu dari luar maupun dari dalam.
Dahsyatnya manfaat minyak zaitun pada kesehatan dapat anda pilih sebagai bentuk perlindungan guna mencegah terjadinya suatu resiko, yang memungkinkan terjadi, dalam waktu tertentu. Terutama pada kesipan kesehatan anda, dalam menghadapi kesemuanya. Pastikan sistem imun anda tercover pada pertahan yang maksimal, yang hadir bersama minyak zaitun.
Sisi manfaat minyak zaitun bagi kesehatan, telah memberikan bukti yang nyata. Bahkan anda pun dapat menerapkan penggunaanya secara teratur dan pada dosis yang dianjurkan. Memastikan diri anda terlindungi secara maksimal, untuk mencegah ragam problem kesehatan yang bisa datang di kapanpun itu.

Berbagai Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Memjadikan Nilai Jualnya Yang Mahal

Dahsyatnya bahkan mampu menjadikan nilai jual pada setiap tetes minyak zaitun begitu mahal. Hal tersebut tidak menjadikan para pemburu minyak zaitun merasa terganggu. Bahkan ragam perlindungan kesehatan lainnya pun, mencampurkan minyak zaitun sebagai formula khusus, entah itu bahan utama ataupun bahan tambahan. Formula yang dapat menyajikan ragam kebutuhan kesehatan tubuh ataupun yang bukan. Dan hanya bersama manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, anda akan mengetahui betapa dahsyatnya kesemuanya itu.


Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Ingin tahu manfaat buah semangka untuk kesehatan dan bagi ibu hamil? Jika melihat rujukan berbagai macam buah, semangka merupakan salah satu buah yang sangat baik jika dikonsumsi bagi ibu hamil.
Tetapi kita hidup di Indonesia, yang mempunyai kultur budaya warisan nenek moyang. Bagi yang masih mempercayai mitos, kadang ibu hamil dilarang mengkonsumsi sesuatu yang masuk dalam pantangan.
Termasuk pada beberapa jenis buah. Padahal buah yang menjadi pantangan tersebut mempunyai kandungan yang baik dan penting bagi ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Lalu apakah itu termasuk pada buah semangka? Padahal buah semangka mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik, seperti vitamin, mineral, zat besi dan sebagainya.

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Semangka merupakan buah yang sehat dan bergizi. Manfaat buah semangka untuk ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan energi serta mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sebab selama proses kehamilan, dibutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dari biasanya.
Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin A, vitamin C, magnesium dan kalium yang bisa didapatkan dari buah semangka. Selain itu, semangka juga mempunyai kandungan serat yang baik jika dikonsumsi selama hamil. Anda ingin tahu manfaat lainnya dari buah semangka, terutama bagi ibu hamil. Simak ulasannya di bawah ini.
- Membantu proses pencernaan pada ibu hamil
Bagi ibu hamil sering mengalami keluhan pada sistem pencernaan dan panas dalam. Kadar cairan yang ada pada buah semangka sangat membantu mengatasi masalah pencernaan tersebut.
- Mencegah terjadinya pembengkakan pada kaki
Sering kita lihat ibu hamil mengalami kaki bengkak. Kadar cairan yang tinggi pada semangka dapat membantu melancarkan pembuluh darah penyebab kaki dan tangan bengkak pada ibu hamil.
- Pada usia 1 sampai 4 bulan usia kandungan, ibu hamil sering mengalami morning sickness
Hal ini bisa dialami oleh beberapa ibu hamil. Misalnya mual ketika pagi hari, perut merasa melilit dan sebagainya. Cara mengkonsumsi buah ini juga mudah, bisa dimakan segar atau diolah menjadi jus.
- Selain manfaat bagi ibu hamil tersebut, manfaat buah semangka untuk anak yang dikandung juga bisa dirasakan. Kebutuhan nutrisi bagi janin atau anak yang dikandung semakin lengkap dengan nutrisi yang terdapat pada buah semangka.
Selain manfaat yang ada, ibu hamil juga harus memperhatikan efek yang mungkin dirasakan. Misalnya kadar gula menjadi tinggi ketika terlalu sering mengkonsumsi buah semangka. Bagi ibu hamil yang menderita diabetes, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini.
Konsumsi semangka dalam keadaan segar, sebab jika sudah lama terkena udara terbuka akan menyebabkan kadar asam, ini menyebabkan rasa mual jika dikonsumsi pada ibu hamil. Jika selama mengkonsumsi tetap memperhatikan aspek keseimbangan, maka buah manfaat buah semangka lebih besar dari pada efek sampingnya. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk Anda sekalian.


Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Diet

Buah kiwi memang tidak sepopuler buah-buahan lainnya, namun manfaat buah kiwi sangat lah besar bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit wajah. Buah berwarna hijau kecil ini berasal dari Selandia Baru dan merupakan buah khas negara tersebut.
Sebagai buah impor, harga buah kiwi cukup mahal sehingga jarang sekali orang mau membelinya kecuali mereka sudah mengetahui manfaat buah berukuran kecil tersebut. Buah kiwi mengandung banyak sekali vitamin C.
Kandungan vitamin C dalam buah kiwi jauh lebih banyak daripada buah jeruk. Buah kiwi juga kaya akan zat anti oksidan sehingga dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat polusi, perubahan iklim dan radikal bebas.
Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil secara khusus dikarenakan buah kiwi mengandung asam folat yang sangat baik untuk perkembangan otak janin. Seperti kita ketahui, ibu hamil, khususnya di bulan-bulan pertama kehamilan sangat membutuhkan banyak asupan asam folat agar otak janin dapat berkembang dengan baik dan terhindar dari kerusakan sistim syaraf. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah kiwi secara teratur sebagai tambahan asupan asam folat bagi janin yang ada dalam kandungannya.


Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh


Jambu biji atau yang memiliki nama latin Psidium Guajava merupakan buah asli dari tanah tropis seperti Indonesia. Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari tanaman buah yang satu ini tidak hanya terbatas pada buahnya saja, tetapi juga pada daun dan batang tanaman.
Sejak zaman dahulu, nenek moyang bahkan menggunakan manfaat daun jambu biji untuk meredakan gangguan pencernaan seperti diare, maag, sariawan, dan masuk angin. Hal ini dikarenakan kandungan dalam daun jambu biji seperti asam psidoklat, asam oleanolat, asam guajaverin, minyak lemak, minyak atsiri, vitamin dan tanin yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Ramuan tradisional untuk kesehatan, kebugaran dan kecantikan tubuh yang menggunakan daun jambu biji ternyata banyak sekali. Tidak hanya itu, ternyata daun jambu biji ini bisa digunakan sebagai deodorant alami untuk mengatasi masalah bau badan hanya dengan menumbuk beberapa helai daun jambu biji yang kemudian di usapkan pada bagian yang berbau.

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Sebagian penelitian mengungkapkan pula manfaat dalam daun jambu biji ini seperti salah satunya yang dilakukan oleh Yakult Central Institute pada tahun 2010. Penelitian ini menemukan bahwa kandungan dalam daun jambu biji dapat menstabilkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes melitus.
Penelitian yang lainnya mengungkapkan manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yakni untuk mengatasi luka memar. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Federal Technology Nigeria membuktikan bahwa kandungan steroid dalam daun buah jambu biji dapat digunakan untuk meringankan luka sayat, memar, benturan, hingga lebam.
Aplikasi sederhana dengan menumbuk setengah halus daun jambu biji yang kemudian diletakkan pada luka terbukti akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi resiko peradangan serta infeksi.
Manfaat lain yang juga mungkin hanya sedikit orang awam tahu adalah demam berdarah dan sakit gigi. Hal ini dikarenakan kandungan minyak atsiri di dalam daun jambu biji sehingga akan layak dijadikan obat alami. Anda juga bisa menggunakannya sebagai obat alami penurun tingkat kolesterol dalam tubuh.
Kandungan gizi dalam daun jambu biji akan secara efektif mengikat dan membersihkan kolesterol dalam pembuluh darah sehingga memperlancar pula peredaran darah. Kandungan anti-oksidan dalam daun buah ini juga sangat efektif mencegah penuaan dini, penghilang jerawat dan komedo. Sehingga daun yang mudah ditemukan ini bisa menjadi bentuk masker perawatan khusus alami untuk wajah mulus berseri.
Kandungan dalam daun buah yang berupa flavanoid, polifenol, saponin, alkaloid, karoten, kuinon, anti-oksidan, dan senyawa anti-mutagenic juga akan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Anda bisa mendapatkan manfaat lengkap ini hanya dengan beberapa helai daun yang bisa Anda dapatkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.
Anda bisa mengambilnya langsung dari kebun yang Anda tanam sendiri atau bahkan meminta pada tetangga. Keberadaan tanaman jambu biji tergolong mudah tumbuh tanpa diperlukan sejumlah perawatan khusus. Bahkan, Anda dapat memperbanyak dengan cara cangkok sehingga mempermudah pula untuk mendapatkan manfaat daun jambu biji yang tersimpan didalamnya.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Setelah itu, rebuslah air sebanyak 1 liter yang dicampurkan dengan daun kumis kucing. Rebuslah hingga air berkurang dan menguap 250cc dari jumlah air semula. Dengan begitu, hanya tersisa rebusan 750cc untuk dikonsumsi penderita. Minumlah air rebusan ini sebanyak 3 kali sehari.
Kumis Kucing memang sangat baik untuk kesehatan saluran kemih. Tak hanya untuk mengobati kencing batu, manfaat tanaman obat kumis kucing inipun biasa digunakan untuk meluruhkan kencing.
Infeksi kandung kemih memang dapat menjadi penyakit yang menyiksa, oleh karena itu, pengobatan dengan kumis kucing ini pun cukup banyak dilakukan. Caranya, bersihkan kurang lebih 10 helai daun kumis kucing, dan rebus dengan air kurang lebih setengah gelas. Minumlah dua kali sehari, dengan dosis air rebusan sebanyak setengah gelas saja.
Berbagai penyakit pun sesungguhnya dapat diobati dengan khasiat tanaman herbal yang satu ini. Manfaat tanaman kumis kucing untuk penyakit dikenal dapat menyembuhkan masuk angin, sakit pinggang, diabetes, hingga batu ginjal. Air rebusan daun kumis kucing senantiasa dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit ini.
Pada penyakit batu ginjal misalnya, dibutuhkan racikan khusus yang dicampur dengan daun kumis kucing. Racikan tersebut membutuhkan antara lain daun keji beling, daun ngokilo, serta daun kumis kucing dalam takaran 25 gr yang direbus bersama-sama. Air rebusan ini sebaiknya direbus dalam takaran 4 gelas, dan dosis konsumsinya adalah dengan menghabiskannya dalam sehari (pagi, siang, sore, dan malam).
Apabila ingin meracik ramuan herbal dengan tanaman kumis kucing, gunakan tanaman kumis kucing sesuai dengan anjuran. Biasanya, ada racikan-racikan tertentu yang membutuhkan tanaman kumis kucing yang kering, maupun yang masih segar. Begitu pula dengan dosis untuk mengonsumsi obat dari tanaman ini, karena tidak dianjurkan mengkonsumsinya terlalu banyak maupun terlalu sedikit.
Manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan ini dapat dirasakan khususnya untuk penyakit-penyakit dalam. Tak hanya penyakit yang telah disebutkan sebelumnya, ia pun sanggup menjaga tekanan darah, membersihkan ginjal, rematik, dan asam urat

Manfaat Daun dan Buah Mengkudu Untuk Kesehatan


Siapa yang tak kenal mengkudu? Buah yang jarang disukai orang karena rasanya yang sangat pahit ini ternyata menyimpan sejuta manfaat. Ya, manfaat mengkudu yang sangat membantu dunia kesehatan sudah dipercaya oleh masyarakat di Indonesia. Buah mengkudu yang masih muda biasanya berwarna hijau dengan benjolan atau totol yang berwarna coklat kehitaman.
Nah, adapun jika buah ini sudah tua maka warnanya akan berubah menjadi keputihan. Buah dan daun mengkudu sendiri, sebenarnya sudah digunakan sebagai obat herbal tradisional sejak 2000 tahun lamanya. Awalnya mengkudu dipercaya dapat mengobati nyeri sendi dan sebagai obat pembersih internal.

Manfaat Daun Mengkudu

Selain pada buahnya, mengkudu juga memiliki khasiat yang terdapat di dalam daunnya. Daun mengkudu ini ternyata bisa digunakan baik untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh. Daun mengkudu ini bisa Anda olah sebagai pengganti sayuran untuk dikonsumsi.
Adapun manfaat daun mengkudu sendiri adalah menyembuhkan ambeien secara alami, mengobati perut kembung pada anak. Sedangkan bagi kecantikan, daun mengkudu berfungsi sebagai obat penghilang jerawat dan obat pelangsing tubuh alami.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Beberapa manfaat yang Anda dapatkan jika mengkonsumsi buah mengkudu ini, antara lain:
- Meredakan nyeri haid atau gejala PMS
Kandungan yang terdapat dalam buah mengkudu, ternyata sangat efektif untuk meredakan sakit saat PMS atau ketika menstruasi. Selain itu, buah mengkudu dipercaya dapat meminimalisir perubahan hormon ketika masa PMS dan menstruasi sehingga sindrom menstruasi bisa diatasi, seperti mengurangi rasa sensitif, dan mood yang berubah-ubah saat menstruasi.
- Mencegah kanker
Keuntungan lainnya jika mengkonsumsi buah mengkudu ini adalah melawan kanker. Ya, buah mengkudu merupakan buah anti kanker yang dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Adapun kanker yang bisa dicegah oleh buah mengkudu ini adalah kanker payudara dan kanker serviks.
- Mengatasi kulit bersisik
Kulit kering dan bersisik membuat Anda tidak nyaman? Kini saatnya Anda memanfaatkan tanaman alami untuk kecantikan dan kesehatan kulit, yaitu buah mengkudu. Untuk menghaluskan kulit, caranya gosok bagian kulit bersisik menggunakan buah mengkudu secara merata, lalu biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan menggunakan kain yang sudah dibasahi oleh air hangat.
- Menyehatkan tulang
Tak hanya berfungsi untuk mencegah penyakit saja, tetapi buah mengkudu yang memiliki kandungan metil asetil, morindone, dan asam kapril ini dapat meningkatkan kekuatan tulang-tulang dalam tubuh. Minumlah jus mengkudu secara teratur untuk mencegah pengeroposan pada tulang.
Ya, itulah sejuta manfaat mengkudu yang terkandung dalam buah dan daunnya untuk Anda semua. Semoga bermanfaat!

Manfaaat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Jerawat Bagi Wanita

Manfaat daun sirih untuk kesehatan memang banyak sekali. Sebagai sumber bahan herbal alami, daun sirih sudah dipercaya sejak lama khasiatnya. Jika kita mengkonsumsi jamu dari daun sirih, maka Anda akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus.
Sebagai contoh mudah adalah manfaat untuk merawat kebersihan organ kewanitaan. Selain itu, daun sirih juga sering digunakan sebagai campuran dalam membuat jamu tradisional. Banyak yang percaya bahwa daun sirih merupakan daun yang multi khasiat. Tapi sebelum membahas beberapa manfaat yang ada, ada baiknya jika kita mempelajari daun sirih secara detail.

Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita

Daun sirih memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi tersebut menjadi faktor pendorong organ tubuh bekerja lebih baik. Daun sirih memiliki sifat sebagai antiseptik, sehingga daun tersebut bisa digunakan sebagai obat luar. Manfaat daun sirih bagi wanita bisa digunakan sebagai antiseptik adalah sebagai pembersih bagian kewanitaan.
Cara memanfaatkannya bisa dijadikan antiseptik untuk membersihkan area tersebut dengan air rebusan daun sirih. Cara lain untuk mendapatkan khasiatnya adalah dengan minum air rebusan daun sirih. Hasilnya akan membuat bagian organ wanita tersebut menjadi wangi alami dan keset. Ini tentu menjadi obat alami yang selalu dicari oleh wanita.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Berbicara manfaat, ada beberapa khasiat lain yang bisa didapat dari kebiasaan minum jamu rebusan daun sirih, contohnya adalah minum jamu air rebusan daun sirih bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga, cara ini sangat baik untuk digunakan oleh penderita penyakit diabetes melitus.
Manfaat daun sirih untuk kesehatan ini juga dipercaya mampu menambah nafsu makan. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih maksimal, kita bisa mengkonsumsi jamu herbal ini setiap hari. Obat herbal ini lebih aman dan bisa dijadikan untuk menambah kinerja obat dokter selama proses Anda menyembuhkan penyakit.
Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari daun sirih kali ini berhubungan dengan perawatan wajah. Kita tentu sering mengalami kendala wajah berjerawat. Jika selama ini Anda sudah melakukan berbagai metode pengobatan, tetapi metode tersebut belum mampu mengatasi jerawatan yang membandel pada wajah, maka Anda bisa menggunakan daun sirih.

Manfaat Daun Sirih Untuk Jerawat

Manfaat daun sirih untuk jerawat ini mampu mengeringkan jerawat dengan cepat dan tanpa bekas lubang. Cara memanfaatkannya adalah dengan membuat ramuan herbal daun sirih sebagai krim jerawat. Lembutkan beberapa lembar daun sirih, kemudian poleskan krim alami tersebut pada bagian wajah yang berjerawat.
Terakhir, Anda bisa membilas wajah dengan air hangat untuk membersihkan krim jerawat dari daun sirih tersebut. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih dengan hasil yang maksimal, Anda harus menggunakan obat jerawat itu secara rutin dengan hasil yang bertahap. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Manfaat Buah Pinang Muda Bagi Kesehatan Gigi dan Wanita

Banyak manfaat buah pinang bagi kesehatan jika mengkonsumsinya. Buah pinang memang sudah dikenal sejak lama untuk dikonsumsi dan di ambil manfaatnya. Kita bisa sering melihat pada zaman dulu banyak orang yang nginang (Jawa) menggunakan campuran pinang. Jika Anda belum tahu istilah nginang, kami akan memberikan definisinya secara singkat.
Nginang adalah aktifitas mengunyah pinang yang dicampur dengan daun sirih serta tembakau. Nginang di percaya bisa membantu menjaga kesehatan dan membuat gigi tetap kuat, sehingga kita jangan heran kalau orang yang terbiasa nginang giginya lebih kuat dan tidak rusak.
Anda bisa mempunyai gigi yang kuat dengan rutin nginang. Jika Anda tidak tau cara membuat ramuan kinang, Anda bisa mempersiapkan bahan yang dibutuhkan baru kemudian belajar mempraktekkannya. Bahan yang dibutuhkan antara lain kapur sirih, daun sirih, tembakau, gambir dan pinang.

Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan Gigi dan Wanita

Setelah semua lengkap, Anda tinggal mencampurkan semua bahan tersebut sesuai kebutuhan. Gunakan daun sirih untuk membungkus ramuan tersebut dan dikunyah. Manfaat buah pinang bagi kesehatan gigi akan Anda rasakan manfaatnya sendiri. Apalagi jika Anda rutin melakukannya, maka gigi akan terhindar dari penyakit, tidak berlubang dan tidak keropos.
Ternyata manfaat dari nginang ini bukan hanya untuk kekuatan gigi saja. Kita juga bisa mengetahui bahwa ada manfaat buah pinang bagi kesehatan wanita selama mereka mau memanfaatkannya, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan bagian miss V wanita. Menjaga kebersihan miss V wanita penting agar sehat, bersih dan keset.
Terlebih pada seorang wanita yang sudah mempunyai suami dan anak, tentu mereka ingin memiliki Miss V yang bersih, tidak kering dan tidak becek. Anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi Pinang seperti dengan cara nginang.

Manfaat Buah Pinang Muda Bagi Kesehatan

Dengan demikian, manfaat pinang untuk kesehatan bagian kewanitaan bisa membuat pasangan tetap mesra meskipun sudah mempunyai anak. Tetap bisa menjaga keharmonisan keluarga Anda.
Manfaat selanjutnya dari buah pinang adalah mampu mengusir cacing dalam tubuh. Anda bisa membuang cacing yang terdapat dalam tubuh secara alami menggunakan pinang muda. Untuk mendapat manfaat buah pinang muda bagi kesehatan seperti membasmi cacing, bisa dilakukan dengan cara minum rebusan sirih muda.
Cara membuat ramuan ini cukup mudah, siapkan 3 butir pinang muda, belah menjadi 2 bagian. Pisahkan bijinya dan rebus kulit pinang muda dengan 250 ml air. Biarkan sampai mendidih menyisakan 150ml air. Setelah itu, dinginkan dan ramuan siap di minum. Minumlah ramuan tersebut rutin setiap hari agar penyakit Anda segera sembuh.
Sekian ulasan kami seputar manfaat buah pinang bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang pengobatan dan perawatan tubuh secara alami dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba!

Tips Bagi Ibu Hamil Muda

Tips menjaga kehamilan usia muda :

o    Yang pertama adalah jangan lakukan aktifitas yang berat, karena pada awal hamil, pada umumnya wanita sangat mudah lelah bahkan ada pula yang sampai pingsan, hal ini terjadi karena tekanan darah pada wanita hamil sangat rendah. Selain itu jangan melakukan aktivitas yang duduknya lama ataupun berdirinya lama. Pada usia kehamilan yang masih muda diharapkan para wanita mempunyai istirahat yang cukup.
o    Tips Bagi Ibu Hamil Muda Yang selanjutnya para wanita yang sedang mengandung janin dilarang untuk mengonsumsi obat-obatan, rokok, kafein, minuman beralkohol serta zat lainnya yang dapat membahayakan kesehatan janin. Bahkan jika sang wanita tersebut merokok pada saat mengandung kemungkinan calon bayi akan terlahir cacat. Selain itu kafein juga tidak baik untuk ibu hamil karena kafein dapat mempengarui zat besi di dalam darah.
o    Menjaga asupan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh, hal ini dikarenakan wanita yang hamil muda biasanya nafsu makannya berkurang dan seringkali merasa mual. Hal ini masih tergolong wajar dan normal karena hormon pada sang ibu menjadi tinggi.
o    Menjaga emosi atau mood, karena pada saat hamil muda emosi wanita menjadi naik turun, hal ini dikarenakan hormon yang naik saat mengandung. Para ibu tidak boleh terlalut dalam emosi karena ini dapat mempengaruhi pertumbuhan janin, sehingga para ibu diharuskan untuk mendekatkan diri pada Tuhan, bersendagurau dengan suami, dan masih banyak cara yang lainnya.
o    Aktifitas seksual dengan suami harus dikurangi jika usia kandungan masih muda, karena dapat mengakibatkan keguguran pada janin yang masih muda. Namun apabila usia kandungan udah sedikit tua sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter apabila ingin berhubungan suami istri.
Cukup mudah bukan untuk melakukan Tips Bagi Ibu Hamil Muda, semoga dengan melakukan dan menjalankan tips tersebut bisa membantu Anda dalam proses kehamilan sang calon jabang bayinya.

Makanan yang bisa meningkatkan ASI :

Daun som jawa segar, daun murbei yang muda, akar jombang, kubis yang segar, tumbuhan serta daun katuk. Semua tumbuhan tersebut mudah sekali untuk di dapatkan, jadi bagi Anda para ibu yang ingin meningkatkan jumlah ASI-nya silahkan mencari tanaman tersebut. Terima kasih. Baca juga manfaat jahe bagi ibu hamil.


Manfaat Pare Untuk Diet, Diabetes, Ibu Hamil dan Kecantikan

Pare merupakan salah satu sayuran yang banyak manfaat. Manfaat pare untuk tubuh sangatlah banyak. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit. Rasa pahit yang ada dalam pare inilah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
Jika dirasakan, rasa pahit dari pare tidaklah terlalu pahit tapi ada rasa pahit yang khas. Rasa pahit pare ini bisa dihilangkan tergantung bagaimana mengolahnya.

Manfaat Pare Untuk Diet Diabetes Ibu Hamil dan Kecantikan

Dalam pembahasan kali ini tidak akan membahas mengenai bagaimana menghilangkan rasa pahit dalam pare, tapi kita akan membahas apa manfaat dari pare untuk kesehatan tubuh.
1. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat sayuran pare yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi pare. Pare bisa mengurangi kolesterol jahat dalam darah yang bisa menghambat arteri di jantung.
2. Obat diabetes
Manfaat kedua dari pare yaitu sebagai obat diabetes. Manfaat pare untuk diabetes yaitu bisa menurunkan kadar gula yang ada dalam darah dan menormalkannya kembali. Rasa pahit yang ada di pare menjadi insulin atau obat diabetes. Selain itu kandungan anti-diabetes dalam pare dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Penderita diabetes bisa mengkonsumsi jus pare untuk menyembuhkan diabetesnya.
3. Mengatasi Asma
Rasa pahit yang ada pada pare dan dirasakan oleh indera pengecap ternyata bisa memperlebar saluran pernafasan. Hal ini sangat baik untuk perkembangan kesehatan pada penderita asma. Untuk Anda yang menderita asma perbanyaklah mengkonsumsi sayuran pare ini.
4. Melancarkan pencernaan
Manfaat pare untuk ibu hamil yaitu dapat memperlancar pencernaan. Ketika hamil pencernaan seringkali mengalami gangguan. Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi pare rutin setiap harinya. Para mengandung serat yang tinggi sehingga dapat melancarkan pencernaan.
5. Menurunkan berat badan
Pare juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Manfaat pare untuk diet yaitu dapat membuat cepat kenyang dan juga menurunkan nafsu makan. Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, masukkanlah pare pada daftar konsumsi yang harus dikonsumsi. Untuk yang sedang menjalani program diet disarankan untuk meminum jus pare setiap harinya. Agar tidak terlalu pahit, Anda bisa mencampur dengan madu alami.
6. Memelihara kecantikan kulit
Tidak hanya untuk kesehatan saja, pare juga bisa menjaga kesehatan kulit. Manfaat pare untuk kecantikanyaitu dapat mengembalikan kecerahan kulit akibat terbakar oleh sinar matahari. Pare mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat membuat kulit lebih cantik dan juga bersinar.
7. Anti kanker
Kandungan antioksidan dalam pare sangat banyak. Antioksidan yang banyak ini dapat mencegah timbulnya kanker dalam tubuh Anda.
Banyak sekali manfaat dari buah pare ini. Untuk Anda yang masih ragu menanam, tidak perlu ragu lagi tanamlah pare yang banyak mengandung manfaatnya. Manfaat pare sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Tidak perlu takut lagi dengan rasa pahit yang ada di dalamnya, yang terpenting yaitu manfaat yang bisa diambil dari sayuran pare.



Intip 6 manfaat selada air untuk kesehatan!

Merdeka.com - Selada air adalah tanaman yang kaya mineral. Selada air juga diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan yang diperoleh dari tingginya kandungan vitamin dan mineral serta sifat antioksidannya. Berikut adalah enam manfaat selada air untuk kesehatan. 


1. Kanker Payudara
Selada air memiliki phytonutrisi yang dapat mencegah kanker, khususnya kanker payudara. Menurut penelitian, makan setidaknya 80 gram selada air setiap hari dapat menurunkan risiko kanker payudara. Studi lain juga menunjukkan bahwa makan selada air bisa mencegah kanker payudara kambuh lagi.

2. Kesehatan jantung
Selada air terbukti bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat yang bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti arteriosklerosis. Selada air juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu dalam mengurangi kerusakan jaringan jantung yang disebabkan oleh stres.

3. Kesehatan tulang
Studi menunjukkan bahwa kalsium dalam mengurangi risiko osteoporosis. Selada air juga merupakan sumber folat yang berperan langsung sebagai nutrisi interaktif dalam menjaga kekuatan tulang.

4. Baik untuk ibu hamil
Folat sangat penting untuk pengembangan embrio yang sehat. Kandungan nutrisi dalam selada air juga dapat membantu dalam mengurangi risiko penyakit seperti kekurangan tabung saraf selama kehamilan.

5. Mencegah stroke
Sebuah studi yang dilakukan pada 662 orang dewasa menunjukkan bahwa makanan yang kaya folat dapat mencegah stroke. Selada air adalah sumber folat yang baik untuk tubuh, dan Anda bisa mengonsumsinya setiap hari.

6. Pilek
Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya vitamin C dapat mengurangi risiko pilek hingga 66 persen. Selada air adalah sumber vitamin C yang baik untuk meredakan atau mencegah pilek.

Inilah enam manfaat menakjubkan dari selada air. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari untuk menyehatkan tubuh Anda.


Ungkap 6 khasiat asam Jawa bagi kesehatan!

Merdeka.com - Asam Jawa adalah buah yang memiliki berbagai kegunaan, baik untuk pengobatan atau pun kuliner. Nama ilmiah dari buah ini adalah Tamarindus indica. Tanaman ini diperkirakan sampai ke Asia sekitar 5.000 tahun yang lalu. Nah, berikut adalah enam khasiat asam Jawa bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir organicfacts.net.


1. Jantung
Asam Jawa efektif dalam mengurangi tekanan darah dan kolesterol darah. Kandungan vitamin C yang melimpah pada asam Jawa menjadi antioksidan yang dapat mengurangi dampak dari radikal bebas, yang dapat memicu penyakit jantung dan kanker. 

2. Fungsi saraf
Salah satu unsur vitamin yang paling signifikan dari asam Jawa adalah B kompleks. Tiamin, salah satu bagian yang paling penting dari vitamin B, banyak ditemukan dalam asam Jawa. Tiamin bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi saraf, serta pengembangan otot, yang dapat membantu Anda tetap aktif.

3. Mengontrol berat badan
Salah satu senyawa unik yang dapat diekstraksi dari asam Jawa adalah asam hidroksisitrat. Senyawa itu dapat membantu menurunkan berat badan karena telah terbukti dapat menghambat enzim dalam tubuh yang secara khusus membantu menyimpan lemak. Selain itu, asam Jawa juga diketahui dapat menekan nafsu makan dengan meningkatkan neurotransmitter serotonin. 

4. Sistem kekebalan tubuh
Tingginya kadar vitamin C, serta efek antioksidan lain dalam asam Jawa asem, membuat buah ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan mencegah infeksi mikroba dan jamur. Buah ini juga bisa mengurangi terjadinya parasit dalam tubuh karena efek antiseptik dan antimikroba. 

5. Memperlancar sirkulasi 
Asam Jawa adalah sumber yang sangat baik dari besi. Pasokan zat besi yang tepat dalam tubuh dapat menjaga jumlah sel darah merah dan memperlancar sirkulasi oksigen dalam tubuh. 

6. Anti-peradangan
Asam Jawa memiliki sifat anti-inflamasi, termasuk pengurangan nyeri sendi dan peradangan, arthritis, kondisi rematik, dan asam urat. Buah ini juga dapat mengurangi iritasi mata. 

Inilah enam khasiat asam Jawa bagi kesehatan. Jika Anda mengonsumsi aspirin atau obat pengencer darah lainnya, sebaiknya hindari mengonsumsi asam Jawa.

0 komentar:

Posting Komentar