Kamis, 29 Mei 2014

Manfaat Sayuran Yang Tersembunyi Bagi Kesehatan

Inilah Khasiat Mengejutkan Bayam Bagi Tubuh Anda

Bayam menjadi salah satu sayuran berdaun hijau yang sudah tidak asing di telinga dan lidah semua orang. Ini dikarenakan, bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang relatif murah dan mudah di dapatkan oleh semua ibu rumah tangga di pasar tradisional maupun di pasar modern. Segenap anggota keluarga tentu tidak akan menolak, jika bayam menjadi menu harian dalam daftar makanannya. Karena faktanya, bayam memang memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh seseorang. Lalu, apa saja khasiat mengejutkan bayam bagi kesehatan tubuh tersebut...???

    Sahabat, tips kesehatan. Bayam memiliki berbagai kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh seseorang. Berbagai nutrisi yang di maksud yaitu sumber vitamin A dan K, mangan, folat, magnesium, serat,, kalsium dan proteinserta rendah kalori. Berbagai kandungan nutrisi  tersebut menjadikan bayam menjadi salah satu makanan bernutrisi lengkap yang pernah ada di bumi ini. Namun, tak lengkap rasanya tanpa mengetahui berbagai khasiat berbagai nutrisi dalam bayam untuk kesehatan tubuh anda. Tips kesehatan, berikut ini khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda :
  1. Pencegah Kanker Yang Efektif. Bagi sebagian orang, kanker menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan. Untuk itulah, mengkonsumsi bayam mampu mencegah penyakit kanker pada tubuh. Ini dikarenakan, bayam mengandung flavanoid, yaitu jenis antioksidan pencegah kanker seperti kanker payudara.
  2. Jantung Yang Lebih Sehat. Berbagai gaya hidup yang tidak sehat dapat memunculkan penyakit jantung dan berpotensi besar terkena serangan jantung. Untuk itulah, mulailah dengan mengkonsumsi sayuran bayam tersebut. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam bayam mampu membuat jantung terjaga kesehatannya sepanjang waktu.
  3. Meningkatkan Memori dan Kesehatan Otak. Seiring bertambahnya usia seseorang, maka kemampuan mengingat sesuatu apapun pasti berkurang. Untuk itulah, untuk menyehatkan dan meningkatkan daya ingat otak, mengkonsumsi bayam dapat menjadi salah satu solusinya.
  4. Penglihatan Yang Lebih Baik. Faktanya, bayam merupakan sumber vitamin A. Dan seperti yang sudah kita ketahui bersama, vitamin A Sangat baik untuk menutrisi organ mata atau penglihatan yang anda miliki.
  5. Menyehatkan Organ Pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam bayam sangat efektif menyehatkan organ pencernaan yang anda miliki.
  6. Menutrisi Tulang daan Sendi. Kandungan kalsium dalam bayam mampu menguatkan semua tulang di tubuh anda. Sehingga pengeroposan tulang atau osteoporosis dapat di cegah sedini mungkin dengan rutin mengkonsumsi sayuran bayam tersebut.
     Demikianlah tips kesehatan yang membahas khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


7 Manfaat Dahsyat Timun Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Timun atau mentimun merupakan salah satu buah yang sudah tidak asing bagi semua lapisan masyarakat. Hal ini mungkin disebabkan, timun mudah didapatkan dengan harga yang relatif murah sekaligus dapat dibudidayakan dipekarangan kita sendiri. Hampir sebagian besar jenis timun memiliki bentuk fisik bulat memanjang dengan kulit buah hijau tua, daging yang bewarna hijau muda serta memiliki biji didalamnya. Dengan kandungan air yang melimpah, timun sangat cocok dikonsumsi pada siang hari saat suhu sangat panas. Tapi ternyata timun juga memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat dahsyat timun bagi kesehatan tubuh tersebut....???

     Sahabat, tips kesehatan. Timun atau mentimun sangat akrab dengan berbagai jenis makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari. Hampir sebagian besar rumah makan besar, pedagang makanan di pinggir jalan maupun dirumah sendiri selalu ada yang namanya timun. Namun tak perlu memiliki rasa bosan terhadap timun itu sendiri. Ini dikarenakan, timun mengandung berbagai nutrisi yang mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh anda. Berikut ini 7 manfaat dahsyat timun bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Penghilang Racun Di Tubuh Secara Efektif. Kandungan air dalam timun yang hampir 95 persen akan memiliki efek menghilangkan racun didalam tubuh melalui urine maupun keringan yang kita keluarkan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.
  2. Penangkal Kanker Yang Sangat Baik. Ini dikarenakan, timun mengandung lignin yang memiliki fungsi mencegah dari berbagai jenis kanker yang mengancam jiwa seperti kanker payudara, ovarium, rahim serta prostat.
  3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh Anda. Kandungan vitamin C dalam timun berperan nyata untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tidak mudah sakit maupun terserang berbagai penyakit seperti perubahan cuaca dan lain-lain.
  4. Pencegah Sembelit Yang Sangat Ampuh. Kandungan air yang melimpah serta serat dalam mentimun akan membantu menyehatkan organ pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar atau menghilangkan sembelit yang mungkin anda alami.
  5. Pengontrol Tekanan Darah Yang Lebih Baik. Kandungan kalium, magnesium serta serat dalam timun ternyata sangat efektif mengobati tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah yang sering dialami oleh sebagian orang.
  6. Mengurangai Kadar Kolesterol Jahat Dalam Darah. Ini dikarenakan, timun mengandung sebuah senyawa yang bernama sterol yang mana sangat ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat yang bisa membahayakan kesehatan tubuh anda.
  7. Obat Alami Bagi Penderita Diabetes. Ini dikarenakan, timun atau mentimun mengandung sebuah hormon yang berperan nyata memproduksi insulin pada sel-sel organ pankreas yang anda miliki.
                 Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 sarang kuman yang sering di sentuh tangan anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


7 Manfaat Luar Biasa Buah Kelapa Bagi Tubuh Anda

Buah kelapa merupakan buah yang sangat berguna untuk menunjang kehidupan seluruh umat manusia. Ini tidak mengherankan, karena semua bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk kehidupan kita sehari-hari. Daun buah kelapa dapat digunakan untuk membuat ketupat, Lidi dan seratnya kelapa dapat dibuat sapu, pelepah dan batangnya untuk kayu bakar serta buah dan kandunganair dalam buah kelapa sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh anda. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari buah kelapa untuk kesehatan tubuh seseorang. Lalu, apa saja manfaat luar biasa buah kelapa bagi kesehatan tubuh anda....???
     Sahabat, tips kesehatan. Pohon kelapa yang sudah kita kenal memiliki bentuk pohon yang menjulang tinggi ke angkasa dengan ketinggian tiga hingga lima meter. Pohon kelapa dapat tumbuh subur di sekitar pesisir pantai serta daerah yang beriklim tropis. Oleh karena itulah, pohon kelapa dapat mudah ditemukan di tanah air tercinta indonesia. Buah kelapa ternyata memiliki berbagai manfaat tak terduga bagi kesehatan tubuh seseorang. Oleh karena itulah, tips kesehatan tidak ketinggalan untuk mengulas berbagai manfaat buah kelapa tersebut. Berikut ini manfaat luar biasa buah kelapa bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Meningkatkan Sistem Imun Pada Tubuh. Dengan mengkonsumsi buah kelapa akan berdampak besar pada meningkatnya sistem imun atau kekebalan tubuh yang anda miliki. Sehingga tubuh tidak mudah terjangkit oleh berbagai jenis penyakit. Ini dikarenakan, buah kelapa bersifat antivirus, anti bakteri serta anti jamur.
  2. Tulang Yang Lebih Kuat. Buah kelapa mengandung sumber kalsium dan magnesium untuk kesehatan tulang anda. Maka dari itulah, untuk mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) yang menyerang kalangan dewasa dan remaja, mulailah mengkonsumsi buah kelapa tersebut.
  3. Jantung Yang Lebih Sehat. Kandungan lemak jenuh dalam minyak kelapa dapat mengurangi potensi penumpukan lemak dibagian arteri pada organ jantung anda.
  4. Terlihat Lebih Awet Muda Sepanjang Waktu. Minyak yang berasal dari buah kelapa bersifat antioksidan yang memiliki fungsi memperlambat proses penuaan dengan cara melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas yang sangat berbahaya yang tersebar di udara bebas.
  5. Sistem Pencernaan Tetap Sehat. Kandugan serat yang cukup tinggi dalam buah kelapa, menjadikan buah ini sangat baik untuk menjaga sistem dan organ pencernaan lebih sehat. Sehingga gangguan pencernaan serta gangguan buang air besar tidak akan anda temui lagi.
  6. Rambut Yang Lebih Sehat Dan Bersinar Alami. Rutin membasahi rambut dimalam hari dengnn minyak kelapa dan mencuci atau membilasnya pada keesokan harinya, akan mampu meningkatkan kesehatan rambut di kulit kepala anda.
  7. Gigi Yang Lebih Kuat. Ini dikarenakan, buah kelapa memiliki kandungan kalsim serta magnesium yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh gigi agar lebih kuat dan sehat setiap waktu.
      Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 manfaat luar biasa buah kelapa bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


7 Manfaat Mengagumkan Kubis Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Kubis merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang sering menghiasi setiap menu masakan harian setiap orang. Sebagian orang menggunakan kubis sebagai bahan lalapan (pelengkap dari berbagai makanan yang dikonsumsi). Karena termasuk kedalam jenis sayur mayur, maka tak mengherankan kubis juga mengandnng berbagai zat atau kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehata tubuh manusia. Banyak Sekali manfaat luar biasa kubis bagi kesehatan anda. Lalu, apa saja manfaat mengagumkan kubis bagi kesehatan tubuh tersebut...???

    Sahabat, tips kesehatan. Kubis atau kol merupakan jenis sayuran yang sebagian besar daunnya bewarna hijau pucat dengan bentuk bulat serta lonjong. Sayuran ini lebih nikmat disantap saat mentah sebagai lalapan. Meskipun begitu, tidak sedikit dari kita yang mengolahnya menjadi satu masakan yang tak kalah lezatnya. Memulai menghidangkan kubis ke dalam menu makanan harian merupakan langkah besar untuk gaya hidup sehat di zaman modern. Ini dikarenakan, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari kubis tersebut. Tips kesehatan, berikut ini 7 manfaat mengagumkan kubis bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Memperkuat Sistem Imun Tubuh. Faktanya, kubis merupakan sumber vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Kandungan vitamin C dari kubis lebih besar dari buah jeruk. Jadi, mengkonsumsi kubis dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang anda miliki.
  2. Menyehatkan Organ Pencernaan. Faktanya, kubis merupakan jenis sayuran yang merupakan sumber serat yang tinggi. Oleh karena itulah, kubis dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan serta menghindarkan dari gejala susah buang air besar atau sembelit.
  3. Penangkal Kanker Yang Efektif. Faktanya, kubis mengadung sumber antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan dalam kubis inilah yang mampu menjaga tubuh dari berbagai radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit kanker. Fakta lainnya, wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi kubis untuk meminimalisir kanker payudara yang bisa membahayakan para wanita tersebut.
  4. Nutrisi Untuk Mata Anda. Faktanya, kubis mengandung sumber nutrisi yang bernama beta karoten. Beta karoten ini dapat membantu mempertajam daya lihat mata sekaligus menangkal katarak dan mencegah penurunan daya lihat orang yang sudah tua.
  5. Penurun Berat Badan Yang Alami. Faktanya, kubis mengandung berbagai vitamin, mineral dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh serta rendah kalori. Jadi, Sayuran kubis akan lebih efektif bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badannya secara alami.
  6. Salah Satu Makanan Bagi Otak. Faktanya, kubis khususnya kubis merah mengandung vitamin K serta antosianin yang akan menutrisi organ otak. Kedua zat tersebut dapat membantu meningkatkan konsentrasi di otak lebih baik. Selain itu, vitamin K dapat menghindarkan seseorang dari penyakit Alzheimer dan demensia.
  7. Sayuran Terbaik Untuk Tulang Anda. Faktanya, kubis mengandung sumber mineral antara lain kalsium, magnesium serta potasium. Aneka mineral dalam kubis inilah yang membuatnya sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.
          Demikianlah tips kesehatan yang membahas khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


7 Manfaat Ajaib Kentang Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Kentang merupakan salah satu jenis makanan yang tak asing bagi semua orang. Dengan bentuk fisik yang bulat atau lonjong diserta warna kulit dan buahnya yang kuning membuat kentang menjadi salah satu makanan yang mudah dikenali. Kentang dapat dikonsumsi dengan cara merebusnya langsung atau dibuat berbagai sayuran yang dapat menggoyang lidah kita. Namun, selain untuk dimakan, kentang ternyata mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan anda. Lalu, apa saja manfaat ajaib kentang bagi kesehatan tubuh tersebut....???

    Sahabat, tips kesehatan. Rutin mengkonsumsi kentang memililki manfaaat yang begitu besar untuk kesehatan tubuh dan organ tubuh itu sendiri. Harganya yang relatif murah dipasaran menjadikan kentang seharusnya menjadi makanan yang bisa dinikmati oleh semua orang. Dengan mengetahui berbagai khasiat kentang yang akan dipaparkan di bawah ini, diharapkan agar seluruh masyarakat mulai melirik kentang tersebut. Berikut ini manfaat ajaib kentang bagi kesehatan tubuh anda :   
  1. Kentang Efektif Menurunkan Berat Badan Anda. Ini dikarenakan, kentang mengandung jumlah kalori yang relatif kecil atau sekirtar 26 kalori per satu kentang. Kentang juga akan membuat seseorang merasa kenyang lebihlama. Sehingga mampu mengontrol nafsu makan plus menurunkan berat badan anda.
  2. Kentang Berperan Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh. Ini dikarenakan, kentang ternyata mengandung sumber vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga mampu menghindarkan seseorang dari berbagai serangan penyakit.
  3. Kentang Ternyat Mampu Menurunkan Tekanan Darah. Ini dikarenakan, kentang mengandung kukoamin yang memiliki fungsi menurunkan tekanan pada darah.
  4. Kentang Dapat Melindungi Dari Penyakit Kardiovaskular. Ini dikarenakan, kentang mengandung sejumlah besar flavonoid yang berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah serta melindungi arteri tetap sehat dan jauh dari lemak yang menempel.
  5. Kentang Mampu Melindungi Organ Pencernaan Tetap Sehat. Ini dikarenakan, kentang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain membuat pencernaan lebih sehat, kentang juga berperan besar untuk mencegah kanker usus besar. 
  6. Kentang Dapat Mengoptimalkan Fungsi Otak. Ini dikarenakan, kentang memiliki kandungan kadar glukosa yang seimbang, vitamin B kompleks, asam amino serta omega 3. Berbagai nutrisi tersebut dapat membuat kinerja otak lebih cepat dalam hal berpikir dan berkonsentrasi.
  7. Kentang Mengandung Nutrisi Lengkap Untuk Kulit Anda. Ini dikarenakan, kentang memiliki kandungan vitamin C, B-kompleks, kalium, magnesium, zinc serta fosfor. Berbagai nutrisi tersebut dapat membuat kulit selalu sehat.

         Demikianlah tips kesehatan yang membahas khasiat mengejutkan bayam bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. 

Sumber : healthdiscovery.net, http://intips-kesehatan.blogspot.com & Image courtesy of -Marcus- at FreeDigitalPhotos.net


7 Manfaat Daun Kemangi Yang Menakjubkan

Daun kemangi lebih dikenal orang sebagai penghilang bau mulut. Tetapi pada dasarnya manfaat daun kemangi tidak hanya itu saja. Selain rasanya yang enak dan segar, ada banyak sekali manfaat yang diberikan setelah mengkonsumsi daun kemangi.

7 Manfaat Daun Kemangi

Berikut adalah manfaat yang diberikan daun kemangi untuk kesehatan tubuh anda. 
1. Meningkatkan kekebalan
Kekebalan tubuh dapat ditingkatkan hanya dengan mengkonsumsi daun kemangi. Hal ini dikarenakan daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang bertugas sebagai peningkat respon antibodi. Kandungan tersebut juga dapat menjaga ataupun memperbaiki sel-sel yang rusak. Bahkan mampu meningkatkan fungsi mata manusia.
2. Mencegah kemandulan
Daun kemangi memiliki kandungan zat arginin yang dapat membuat daya hidup sperma semakin kuat dan juga mencegah kemandulan.
3. Mengobati panu
Daun kemangi ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati panu. Cukup dengan menghaluskan daun kemangi yang sudah dicuci bersih, beri sedikit kapur sirih dan kemudian oleskan ke bagian panu.
4. Mengobati sariawan
Sariawan juga bisa disembuhkan dengan daun kemangi. Caranya hanya dengan mengunyah dun kemangi dan memakannya, kemudian minum airhangat. Lakukanlah 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.
5. Membantu perkembangan tulang
Manfaat daun kemangi lainnya yaitu dapat membantu perkembangan tulang. Daun kemangi ternyata memiliki kandungan kalium dan juga fosfor yang sangat baik untuk pembentukan dan perkembangan tulang anda. Daun kemangi juga dapat mencegah adanya pengeroposan tulang.
6. Melancarkan aliran darah
Kandungan magnesium yang terdapat didalam daun kemangi membantu membuat jantung dan pembuluh darah menjadi rileks. Hal ini mengakibatkan aliran darah dalam tubuh tetap lancar.
7. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan beta karoten dan juga magnesium yang ada dalam daun kemangi dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Keduanya adalahmineral penting yang dibutuhkan oleh jantung. Masih ada banyak lagi manfaat daun kemangi yang dapat anda manfaatkan sebaik mungkin. Selain rasanya yang enak dan baunya yang segar, kemangi juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.


Daun Pegagan meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan

Dalam pengobatan Ayurveda, meminum ekstrak daun Gotu kola/ Pegagan (Centella Asiatica) dianggap sebagai tonik otak sehingga digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi gangguan saraf, epilepsi, kepikunan, dan penuaan dini.

Di India, pegagan dianggap sebagai herba yang paling spiritual. Tumbuh di beberapa daerah pegunungan Himalaya, pegagan digunakan oleh para yogi untuk meningkatkan meditasi. Mereka menggunakan pegagan untuk mengembangkan cakra mahkota – pusat energi yang letaknya di ubun-ubun kepala – untuk menyeimbangkan kinerja otak kanan dan kiri.
Umumnya pegagan dimanfaatkan dalam bentuk kering. Ada yang dalam bentuk kapsul atau teh celup. Minumlah secangkir teh daun pegagan setiap hari sebelum tidur untuk membantu menenangkan saraf dan  menghilangkan sakit kepala.

Khasiat daun Pegagan:

- membantu melancarkan peredaran darah, terutama ke otak
- membantu mengobati sakit kepala, migrain, vertigo
- meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kecerdasan.

Daun Pegagan dapat membantu Meningkatkan Kecerdasan

Berbagai penelitian membuktikan khasiat pegagan sebagai panasea. Salah satu khasiat yang paling banyak diteliti adalah menyangkut kecerdasan. Maklum saja, sudah sejak lama ia dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan otak. Penelitian terbaru di India bahkan membuktikan, keluarga Umbelliferae itu juga berguna bagi anak yang mengalami keterbelakangan mental.
Penelitian yang dilakukan oleh Prof Veena Kalra, Hilna Zamir, Pandey RM, dan Kala Suhas Kulkarni, dari Research and Development Center, The Himalaya Drug Company, Makali, Bangalore, India itu bahkan sudah memasuki tahap uji klinis pada 2002 dilakukan pada 60 anak usia sekolah–umur 6–12 tahun–yang menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). ADHD adalah kelainan otak yang umum terjadi pada anak-anak, yang dicirikan dengan ketidakmampuan melakukan tugas sederhana, hiperaktif, dan impulsif.
Peserta uji klinis memliki kisaran intelligent quotient (IQ) 90–110. Seluruh peserta dibagi dalam dua kelompok, masing-masing terdiri dari 30 anak. Kelompok pertama diberi plasebo dan digunakan sebagai kontrol. Kelompok kedua diberi ramuan herbal mentat yang sudah dibentuk tablet. Mentat terdiri dari 70 gr Centella asiatica, 136 mg  Bacopa monnieri, 52 mg Withania simnifera, 52 Evovulus alsinodes, 52 mg Nardostachys jatamansi50 mgValeriana wallichii, 50 mg Embelia ribes, 50 mg Prunus amiygdalus, 36 mg Tinospora cordifolia, 36 mgTerminalia chebula, 36 mg Emblica officinalis, 32 mg Oroxylum indicum, dan 32 mg Celastrus paniculatus.
Baik plasebo maupun mentat diberikan dengan dosis 2 tablet per hari. Penelitian dilakukan selama 6 bulan. Setiap 2 bulan sekali kemajuan peserta uji klinis dipantau. Pada 4 bulan pertama, kelompok II menunjukkan peningkatan konsentrasi, dibandingkan kelompok I. Gerak motorik kelompok II juga lebih terkontrol dibandingkan kelompok I. Hasil akhir setelah 6 bulan menunjukkan kelompok yang diberi mentat mengalami kemajuan pesat.
Penelitian serupa juga dilakukan oleh B. Sathya dan R. Uthaya Ganga, dari Govt. Siddha Medical CollegePalayamkottai, India. Mereka menguji khasiat serbuk pegagan terhadap IQ anak. Hasilnya, serbuk tanaman merambat itu terbukti dapat meningkatkan intelegensia. Limabelas anak yang mengalami hambatan mental diberi 500 mg serbuk pegagan selama 1 bulan. Hasilnya, IQ meningkat sampai 4,6%. Semua anak yang mengikuti uji klinis juga lebih berkonsentrasi.
Selain itu, anak yang berperilaku pasif, pemalu, dan gelisah, berubah menjadi periang, komunikatif, dan kooperatif. Itulah khasiat dari zat asiaticosida yang terdapat dalam pegagan. Senyawa golongan triterpenoid itu mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan. Cara kerjanya dengan melancarkan sirkulasi pasokan oksigen dan nutrisi sel ke otak. Selain itu, daun pegagan juga mengandung senyawa alkaloid yang dapat memberikan energi bagi otak.
Semoga bermanfaat!
(diintisarikan dari majalah Nirmala)



5 Manfaat Daun Kelor Yang Menakjubkan

Daun kelor adalah daun yang terkenal dengan ukurannya yang kecil. Tapi dibalik ukurannya yang kecil, daun kelor ternyata memiliki manfaat yangluar biasa. Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh ini sudah banyak dibuktikan. Ternyata, kandungan vitamin C yang ada di daun kelor 7 kali lipat dari kandungan yang dimiliki buah jeruk. Selain itu, kandungan vitamin A, 4 kali lipat dari kandungan yang dimiliki wortel. Kandungan kalsium yang ada pada daun kelor juga setara dengan kalsium pada 4 gelas susu.

5 Manfaat Daun Kelor Yang Menakjubkan
Untuk itu, berikut adalah manfaat yang diberikan daun kelor.
1. Menyembuhkan penyakit kulit
Daun kelor dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti herpesatau luka bernanah. Caranya cukup mudah, tumbuk daun kelor dan campurkan kapur sirih secukupnya, balurkan ke bagian yang terluka.
2. Mengobati sakit kuning
Caranya cukup mudah, tumbuk halus daun kelor. Kemudian campur dengan air kelapa hijau muda dan beri madu secukupnya. Minum secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
3. Mengobati rematik atau pegal linu
Manfaat daun kelor untuk mengobati rematik sudah banyak dibuktikan. Caranya hanya dengan menggosok bagian yang linu dengan menggunakan tumbukan daun kelor yang telah dicampuri kapur sirih.
4. Mengobati alergi
Untuk mengobati alergi, dapat menggunakan air rebusan daun kelor yang telah dicampur bawang merah dan adas pulasari. Saat merebus, usahakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Minum air rebusan secara rutin setiap pagi dan sore.
5. Mengobati sakit mata
Sakit mata juga bisa diobati dengan tetesan air dari ramuan daun kelor. Daun kelor ditumbuk sampai halus kemudian diberi air dan aduk sampai rata. Diamkan sampai mengendap dan gunakan air tersebut sebagai tetes mata.
Masih banyak lagi manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh anda. Kandungan yang ada di dalamnya tidak boleh disia-siakan begitu saja. Mengkonsumsi daun kelor sehari-hari juga baik untuk kesehatan anda. Semoga sedikit ulasan mengenai daun kelor ini bermanfaat untuk anda dan terimakasih telah membacanya.

0 komentar:

Posting Komentar